Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

PLN Bekasi Perkenalkan Profil dan Tugas Tim P2TL

×

PLN Bekasi Perkenalkan Profil dan Tugas Tim P2TL

Sebarkan artikel ini
Petugas P2TL PLN Bekasi.

BEKASI- PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi memiliki tim khusus yang bertugas melakukan pemeriksaan penggunaan listrik pelanggan.

“Petugas yang diberi nama Tim Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) ini merupakan regu yang terdiri dari pejabat atau petugas PLN yang melaksanakan pemeriksaan terkait penertiban pemakaian listrik di lapangan,” kata Manager PLN UP3 Bekasi, Rahmi Handayani, Rabu (08/06/2022).

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

P2TL merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan, pemeriksaan, tindakan dan penyelesaian yang dilakukan PLN terhadap instalasi serta pemakaian tenaga listrik.

“Tim P2TL ini memiliki prosedur kerja yang baku di mana dalam menjalankan tugasnya, mereka selalu dilengkapi dengan identitas petugas yang jelas, membawa surat tugas resmi dari pejabat PLN yang berwenang, dan membawa peralatan kerja,” kata Rahmi.

Tim P2TL ini memiliki sejumlah tugas di antaranya melakukan pemeriksaan terhadap jaringan tenaga listrik, sambungan tenaga listrik, alat pembatas dan pengukur serta instalasi pemakai tenaga listrik dalam rangka menertibkan pemakaian tenaga listrik.

Rahmi mengimbau warga tidak perlu khawatir ketika didatangi petugas P2TL. Warga berhak meminta identitas resmi petugas serta surat tugas untuk memastikan kebenaran petugas resmi yang datang.

“Kewaspadaan pelanggan sangat Kami maklumi, namun PLN mempunyai hak untuk melakukan pemeriksaan Aset PLN. Terimalah dengan baik dan tanyakan identitas resmi petugas yang datang, berikut dengan surat tugasnya. Jika anda ragu dengan identitas yang ditunjukkan, segera hubungi Contact Center PLN 123 atau datangi kantor PLN terdekat,” ucap dia.

Untuk memastikan tidak ada kekeliruan, warga dapat minta penjelasan kepada petugas yang datang tentang maksud dan tujuan kedatangannya. Lalu dampingi selama pemeriksaan.

“Baca kembali dengan teliti berkas berita acara pemeriksaan. Mintalah penjelasan apabila ada hal yang masih belum dipahami. Tandatangani berita acara pemeriksaan dan mintalah satu lembar berita acara hasil pemeriksaan,” ucap Rahmi.

PLN mengajak pelanggan apabila terjadi indikasi permintaan dana di tempat atau tidak menggunakan nomor register pembayaran resmi yang dilakukan oleh oknum yang mengatas namakan PLN. Pelanggan dapat melaporkan pengaduan tersebut melalui aplikasi PLN Mobile, call center PLN 123, atau datang langsung ke Unit Pelayanan Pelanggan dimana Pelanggan terdaftar.

“Semua bentuk pembayaran dari pelanggan ke PLN dalam bentuk register dan dilakukan secara online melalui payment point, atm, mobile banking, atau melalui gerai minimarket. Sehingga tidak ada pembayaran cash yang dilakukan di tempat,” tukas Rahmi.

Sementara Manager Bagian Transaksi Energi PLN UP3 Bekasi, Maman Suherman mengatakan, Sampai dengan semester 1 tahun 2022 telah dilakukan sosialisasi dan edukasi sebanyak 524 titik lokasi di wilayah kerja unit layanan PLN kepada stakeholder dan tokoh masyarakat yang melibatkan kerjasama dengan pemerintah daerah , unsur kepolisian serta kejaksaan di kota Bekasi tentang pentingnya pemakaian tenaga listrik yang tertib , legal dan aman kepada warga di wilayah Bekasi.

BACA JUGA : Cuaca Ekstrim, PLN Bekasi Ajak Warga Manfaatkan PLN Mobile

Maman mengatakan, terdapat empat golongan pelanggaran pemakaian tenaga listrik. Golongan I, pelanggaran yang mempengaruhi batas daya; golongan II, pelanggaran yang mempengaruhi pengukuran energi; golongan III, pelanggaran yang mempengaruhi batas daya dan mempengaruhi pengukuran energi; golongan IV, merupakan pelanggaran yang dilakukan oleh bukan pelanggan.

“Sanksi atas pelanggaran pemakaian tenaga listrik ini dapat dikenakan biaya tagihan susulan, pemutusan sementara, pembongkaran rampung bahkan dapat masuk ke ranah hukum perdata dan pidana,” pungkasnya. (bams)

Example 120x600
Ekbis

”PLN berkomitmen penuh mendukung kesuksesan pelaksanaan KTT WWF ke-10 tahun 2024. Dengan kerja sama yang solid dan kolaborasi semua lini, kami pastikan suplai kelistrikan berlangsung aman dan tanpa kedip, kami juga telah menerjunkan ratusan personil siaga yang dilengkapi peralatan lengkap guna menyukseskan penyelenggaraan ini demi kebanggaan dan nama baik Indonesia,” ujar Darmawan dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com pada Sabtu 25 Mei 2024.

Ekbis

“Pada awalnya, kita ketahui bahwa produksi dilakukan secara terpisah dan bertahap, yaitu mulai dari pembuatan Sol dasar sepatu yang diproduksi setiap harinya mencapai 4000 buah kemudian disimpan di gudang stock untuk diproses lebih lanjut sampai dengan jadi sepatu,” ujar Manager UP3 Bekasi, Donna Sinatra di Bekasi, Kamis 23 Mei 2024.

Ekbis

“Pelanggan bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih banner ‘PLN Mobile Proliga’ di halaman terdepan. Berikutnya simak informasi dan jadwal pertandingan, lalu klik ‘Beli Tiket Proliga’; kemudian pilih tanggal pertandingan, lalu pilih kategori tiket yang anda inginkan,” papar Donna dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Kamis 23 mei 2024.

Ekbis

”Kami ingin benar-benar memastikan pasokan listrik yang andal dan tanpa kedip untuk menyukseskan gelaran ini. Ajang ini menjadi kesempatan kami untuk turut menjaga nama baik Indonesia di mata dunia. Tentunya seluruh kesiapan layanan dari sisi infrastruktur kelistrikan dan kesiapan personel menjadi fokus kami,” kata Darmawan dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Rabu 22 Mei 2024.

Ekbis

“Kami berharap dengan pelaksanaan upacara ini dapat memperkuat rasa cinta kepada tanah air dan dapat memberikan tambahan motivasi untuk terus berkontribusi lebih baik dalam pembangunan bangsa, dalam hal ini sebagai pegawai PLN tentu dengan memberikan layanan kelistrikan terbaik kepada seluruh masyarakat,” kata Didi dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com pada Rabu 22 Mei 2024.