Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

Ekspor Lidi Pelepah Sawit ke India, Milenial Asal Aceh Ini Raih Omset Miliaran

×

Ekspor Lidi Pelepah Sawit ke India, Milenial Asal Aceh Ini Raih Omset Miliaran

Sebarkan artikel ini
Lidi pelepah sawit. (Poto:istimewa)

LANGSA – Kreatifitas dan jiwa inovatif jadi hal yang dibutuhkan generasi millenial untuk menghadapi masa pandemi kali ini, khususnya bagi mereka yang terjun sebagai pelaku usaha di daerahnya masing-masing.

Seperti yang dilakukan Zulfikar (27), pemuda asal Kota Langsa, Aceh ini, memanfaatkan limbah pelepah sawit untuk dijadikan lidi dan di ekspor keluar negeri.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Sebelumnya, Zulfikar yang juga berprofesi sebagai pengusaha kelapa sawit ini menemukan ide pemanfaatan limbah pelepah sawit ketika menonton tayangan di medsos.

“Saat saya melihat tayangan di medsos, seketika itu juga saya lantas melihat peluang besar terhadap limbah pelepah sawit yang terbengkalai untuk dibuat menjadi lidi. Karena, lidi merupakan bahan pokok yang kemudian banyak dibutuhkan dan diproduksi di India,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (12/9/2021).

Alhasil, usaha yang telah dirintis selama kurang dari tiga tahun tersebut, kini telah berhasil memberikan omset sekitar miliaran rupiah tiap bulannya.

“Saya tidak menyangka akan mendapatkan keuntungan hingga sebesar ini, karena mengingat kendala yang dihadapi saat memulai usaha. Padahal, awalnya hanya ingin memanfaatkan limbah pelepah sawit yang terbengkalai agar mendatangkan pundi-pundi rupiah saja,” terang Zulfikar.

Lebih jauh, Zulfikar menuturkan, adapun kendala awal saat memulai usaha adalah kesulitan untuk meyakinkan masyarakat, bahwa lidi memiliki nilai jual.

“Namun pada akhirnya, masyarakat kini kian sadar dan yakin bahwa apa yang saya cetuskan ternyata dapat menambah penghasilan mereka,” sambungnya.

Diakuinya, usaha pemanfaatan limbah daun pelepah sawit inj secara tidak langsung berhasil membantu perekonomian ibu-ibu serta remaja yang rumahnya berdekatan dengan wilayah perkebunan.

“Setiap bulan omset yang saya hasilkan bisa mencapai ratusan juta rupiah, dengan mengandalkan dua orang karyawan tetap dan puluhan karyawan tidak tetap,” tambahnya.

Selanjutnya, saat disinggung terkait pemerintah daerah setempat yang berupaya mempersulit kegiatan ekspor lidi pelepah sawit tersebut, dengan tersenyum dan mengelengkan kepalanya, Zulfikar mengakui tidak ada upaya seperti itu.

“Gak pernah dipersulit, kok. Apalagi usaha ini kan bermanfaat untuk menambah penghasilan belanja sehari-hari masyarakat, khususnya kaum ibu ibu di desa setempat,” tegasnya.

Ditambahkan pria bergelar magister ekonomi tersebut, ia kini menerima masyarakat yang hendak menjual lidi dalam skala besar maupun sedang di wilayah Aceh.

Pasalnya, ia kini telah menyewa sebuah gudang di Pulau 3 Aceh Taming, yang berlokasi tidak jauh dari SPBU yang bakal dimanfaatkan sebagai gudang tempat penyimpanan penjualan lidi yang diterima dari masyarakat sekitar. (rez)

Example 120x600
Ekbis

”PLN berkomitmen penuh mendukung kesuksesan pelaksanaan KTT WWF ke-10 tahun 2024. Dengan kerja sama yang solid dan kolaborasi semua lini, kami pastikan suplai kelistrikan berlangsung aman dan tanpa kedip, kami juga telah menerjunkan ratusan personil siaga yang dilengkapi peralatan lengkap guna menyukseskan penyelenggaraan ini demi kebanggaan dan nama baik Indonesia,” ujar Darmawan dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com pada Sabtu 25 Mei 2024.

Ekbis

“Pada awalnya, kita ketahui bahwa produksi dilakukan secara terpisah dan bertahap, yaitu mulai dari pembuatan Sol dasar sepatu yang diproduksi setiap harinya mencapai 4000 buah kemudian disimpan di gudang stock untuk diproses lebih lanjut sampai dengan jadi sepatu,” ujar Manager UP3 Bekasi, Donna Sinatra di Bekasi, Kamis 23 Mei 2024.

Ekbis

“Pelanggan bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih banner ‘PLN Mobile Proliga’ di halaman terdepan. Berikutnya simak informasi dan jadwal pertandingan, lalu klik ‘Beli Tiket Proliga’; kemudian pilih tanggal pertandingan, lalu pilih kategori tiket yang anda inginkan,” papar Donna dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Kamis 23 mei 2024.

Ekbis

”Kami ingin benar-benar memastikan pasokan listrik yang andal dan tanpa kedip untuk menyukseskan gelaran ini. Ajang ini menjadi kesempatan kami untuk turut menjaga nama baik Indonesia di mata dunia. Tentunya seluruh kesiapan layanan dari sisi infrastruktur kelistrikan dan kesiapan personel menjadi fokus kami,” kata Darmawan dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Rabu 22 Mei 2024.

Ekbis

“Kami berharap dengan pelaksanaan upacara ini dapat memperkuat rasa cinta kepada tanah air dan dapat memberikan tambahan motivasi untuk terus berkontribusi lebih baik dalam pembangunan bangsa, dalam hal ini sebagai pegawai PLN tentu dengan memberikan layanan kelistrikan terbaik kepada seluruh masyarakat,” kata Didi dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com pada Rabu 22 Mei 2024.