Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

Perkuat Keandalan Sistem Cibatu, PLN Energize GITET 500kV dan SUTET 500kV Deltamas

×

Perkuat Keandalan Sistem Cibatu, PLN Energize GITET 500kV dan SUTET 500kV Deltamas

Sebarkan artikel ini

BEKASI- PT PLN (Persero) kembali memperkuat keandalan sistem kelistrikan di Jawa Barat dengan berhasilnya pemberian tegangan (Energize) pada Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Cibatu Baru (Deltamas). Secara simbolik, Energize dilakukan di lokasi GITET 500 kV Deltamas di Kawasan kawasan PT Puradelta Lestari Tbk. di desa Sukamukti, kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi pada Kamis (02/05).

Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Jaringan Jawa Bagian Tengah (UPP JJBT) 4 yang menangani pekerjaan pembangunan GITET 500 kV Deltamas, Zaky Adikta, menjelaskan betapa pentingnya GITET 500kV Deltamas untuk memenuhi pasokan daya listrik di kawasan Cikarang, Karawang dan Bekasi khususnya kawasan industri Deltamas.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Sementara itu, Eko Priyantono Aviantoro selaku General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II (PLN UIP JBT II) yang menjadi unit induk dari UPP JJBT 4, menjelaskan bahwa, GITET 500kV Deltamas disiapkan untuk memperkuat dan menjaga keandalan subsistem Cibatu dengan pasokan listrik dari PLTU Indramayu yang saat ini sedang dalam tahap konstruksi.

Ia juga mengatakan, ketersediaan listrik bakal bertambah dengan adanya pembangunan empat pembangkit listrik. Di antaranya di Jepara, Batang (Jawa Tengah), Cirebon dan Indramayu (Jawa Barat).

“Kami (PLN) akan membeli listrik dari mereka yang membangun pembangkit,” katanya di Cikarang, Kamis (02/05).

Menurut dia, listrik itu dievakuasi ke berbagai gardu induk bertegangan ekstra tinggi (GITET) melalui saluran Saluran udara tegangan ekstra tinggi 550 kV. Salah satu GITET yang baru saja selesai dibangun di Kawasan Industri Deltamas, Kabupaten Bekasi dengan kapasitas 500 kV.

“Gardu ini untuk mencukupi kebutuhan listrik industri di wilayah Cikarang, Bekasi, dan Karawang,” kata dia.

Karena itu, PLN meminta investor tak ragu menanamkan investasi di wilayahnya. Perusahaan pelat merah ini menjamin ketersediaan listrik untuk menyokong produksi perusahaan. Adapun ketersediaan listrik di wilayahnya mencakup Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Jika melihat infrastruktur kelistrikan di wilayahnya dapat memberikan keyakinan kepada investor untuk membangun pabrik. “Pelanggan tidak usah lagi membangun pembangkit, cukup bangun pabrik saja atau pengembangan pabrik,” ujar dia.

Dia mengakui beberapa perusahaan dulu pernah membangun pembangkit sendiri, karena khawatir ketersediaan listrik milik PLN tidak mencukupi. Sekarang, kata dia, banyak pembangkit sedang dibangun. (bams)

GITET 500 kV Deltamas

GITET 500 kV Deltamas berada di di dalam kawasan PT Puradelta Lestari Tbk. di Desa Sukamukti, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi dengan status pinjam pakai antara PT Puradelta Lestari Tbk. dan PT PLN (Persero). Secara teknis, GITET 500 kV Deltamas meliputi:

  • Sisi 500 kV

– 2 X IBT 500/150/66 kV (3 X 167 MVA)

  • Sisi 150 kV

– 8 X 150 kV T/L bays

– 2 X 150 kV T/R bays Transformer 150/20 kV – 60 MVA

– 2 X 150 kV Couple bays

– 2 X 150 kV Bus Section

  • Sisi 20 kV

– 14 PHB Penyulang keluar 20 kV

– 2 PHB Busbar VT 20 kV

– 1 PHB Kopel 20 kV

Example 120x600
Ekbis

Komitmen OPPO yang selalu mendengarkan kebutuhan konsumennya, memastikan bahwa perangkat ini akan dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti pengisian daya super cepat SUPERVOOC, baterai berkapasitas besar, teknologi kecerdasan buatan (AI) terdepan OPPO, performa mumpuni, hingga ketahanan tingkat tinggi untuk penggunaan dalam waktu yang lama.

Ekbis

“Ini merupakan tanggung jawab sosial bagi kami, karena satu kantong darah dapat menyelamatkan satu nyawa yang membutuhkan. Selain itu, kami juga ikut memfasilitasi rekan-rekan pengemudi kami khususnya di kota Bekasi untuk ikut mendonorkan darah mereka.” ujar Susanto dalam keterangan tertulisnya dikutip bekasiguide.com, Kamis 20 Juni 2024.

Ekbis

“Selama enam tahun perjalanan Maxim di Indonesia ini, kami mencoba untuk memberikan dampak positif untuk semua kalangan masyarakat salah satunya adalah sahabat-sahabat tunanetra di Pertuni, dan kedepannya saya harap layanan Maxim bisa turut membantu kalangan masyarakat lainnya termasuk para kaum disabilitas dan kebutuhan khusus” ujar Dirhamsyah dalam keterangan resminya pada Jumat 14 Juni 2024.