Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Peristiwa

Panglima TNI: Pemicu Ledakan Gudang Munisi Kena Gesekan

×

Panglima TNI: Pemicu Ledakan Gudang Munisi Kena Gesekan

Sebarkan artikel ini
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Poto: Istimewa)

Pemicu ledakan selain proyektil kadaluwarsa diduga terjadi akibat gesekan di gudang munisi daerah (gudmurah) Kodam Jaya, Ciangsana, Kabupaten Bogor.

“Ya memang kalau sudah ekpayet itu relatif sensitif labil, kena gesekan, gerakan, kena panas, Dia akan mudah meledak,” terang Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto di Kodam Jaya Ciangsana, Bogor, Minggu 31 Maret 2024.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Penyimpanan amunisi yang tersimpan didalam gudang Kodam Jaya berjenis Munisi Kaliber Kecil (MKK), hingga Munisi Kaliber Besar (MKB).

“(Penyebab ledakan) bisa dari situ. (Gesekan, gerakan). Itu salah satunya ya,” katanya.

Jenderal Agus Subiyanto menambahkan, penyimpanan munisi dilakukan dengan Standar Operasional (SOP) yang berlaku.

Selain munisi disimpan didalam tanah, juga memperhatikan jarak gudang dengan pemukiman warga.

“Itu SOP kita. Pnyimpanannya di bawah tanah, kemudian ada tanggul dan jauh dari pemukiman masyarakat,” beber Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Example 120x600
Peristiwa

“Kardus yang di atas itu kardus AC, kan di atas ada kardus itu, itu yang dipakai. Kalo kata ponakan saya posisi rapih dilakban, kardusnya sudah rapih dilakban full plastik penuh dibuangnya kan juga di Kali Bekasi,” kata dia saat diwawancarai media di TKP, Rabu 24 April 2024 sore.

Peristiwa

“Jadi gini semalam kejadiannya itu pas saya mau makan soto udah janjian sama temen saya, saya parkir di luar kan kayak biasa terus saya kunci pintu mobil, emang ga ada feeling apa-apa,” kata Neneng pada Selasa 23 April 2024.

Peristiwa

“Identitas tersangka yang kami amankan satu orang inisial MF, kemudian ada dua DPO tersangka lagi yang masih dalam pengejaran yaitu inisial A dan inisial R,” kata Firdaus saat konferensi pers, Selasa23 April 2024 sore.