Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

Siaga Idul Fitri 1445 H, PLN Bekasi Amankan 30 Titik Penting Konsentrasi Kelistrikan

×

Siaga Idul Fitri 1445 H, PLN Bekasi Amankan 30 Titik Penting Konsentrasi Kelistrikan

Sebarkan artikel ini
Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra. (kanan).

BEKASI- PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi terus meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan untuk penanggulangan keamanan kelistrikan pada periode siaga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Manager PLN UP3 Bekasi, Donna Sinatra mengatakan, Siaga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, khususnya di wilayah kerjanya akan dilakukan sejumlah upaya antisipasi. Ada 30 titik lokasi penting yang harus diamankan kelistrikannya.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Selain itu, sebelumnya kami juga akan melakukan assesment terhadap jaringan dan peralatan distribusi hingga ke unit backup serta ditindaklanjuti dengan kegiatan preventive untuk menjamin kesiapan sistem jaringan dan peralatan,” ujar Donna pada Rabu 27 Maret 2024.

Tiga puluh titik lokasi yang menjadi konsentrasi PLN Bekasi untuk kehandalan kelistrikan diantaranya; Masjid Agung Al Barkah Alun-alun Bekasi, Islamic Centre Bekasi, Mesjid At Taqwa Komplek, Perguruan Tinggi At Taqwa, Gedung Asrama Haji, Gedung DPRD Kota Bekasi, Bumi Pramuka Bina Bangsa, Stadion Bekasi, Telkom Otomat Bekasi, TMP Bulak Kapal Bekasi, Prasarana Kereta Api Bekasi, Stasiun KA Bekasi, Terminal Bus Bekasi, Kawasan Grand Mall Bekasi, Kawasan Mega Mall Bekasi, Lapangan Multiguna Bekasi, Pendopo Kabupaten Bekasi, Gedung Wibawa Mukti Pemda, Gedung Bulak Kapal, Masjid AT Taqwa, Masjid Al Azhar Kemang Pratama, Gedung Depsos, Masjid Darul Muksinin, Asrama Haji, Islamic Center, Lapangan Stadion, Lapangan Grand Mall, Lapangan Hero, Masjid Pusdiklat DDII, Lapangan Kemang dan Kantor Wali Kota Bekasi.

Donna menuturkan, untuk masa siaga pasokan tenaga listrik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ditetapkan mulai tanggal 3 April sampai dengan 18 April 2024 nanti. Selanjutnya, kata dia, selama masa siaga PLN tidak akan melaksanakan pekerjaan terencana yang memerlukan pemadaman kecuali dalam kondisi mendesak atau emergency dengan izin dari General Manager PLN UID Jawa Barat.

“Kita akan menyiapkan SOP (Standing Operation Procedure) Operasi Sistem selama masa siaga dan melaksanakan Piket Siaga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” imbuh Donna.

PLN Bekasi juga menyiagakan Mobil Deteksi Gangguan, Unit UGB, Unit UKB, Mobil Crane dan Genset mobile, serta mengatur dan menyiapkan jadwal piket siaga Pelayanan Teknik.

Dikatakan Donna, siaga material cadang gangguan juga akan dilakukan. PLN Bekasi terus meningkatkan kewaspadaan dan memastikan kegiatan patroli pada aset jaringan dan Gardu distribusi, khususnya di daerah-daerah yang berpotensi rawan.

“Selanjut kita akan sosialisasi imbauan tentang bahaya listrik. Pemasangan posko darurat dan spanduk mudik lebaran pada lintasan jalur mudik,” paparnya.

Pada momen ini, PLN Bekasi juga berkomitmen menjaga kehandalan listrik layanan project PT Jasa Marga agar para pemudik tidak mengalami gangguan saat masuk atau keluar di Gerbang Tol (GT).

“Kami menjamin keamanan kelistrikan di Gerbang Tol Bekasi Barat 1, Gerbang Tol Bekasi Barat 2, Gerbang Tol Bekasi Timur 2, Gerbang Tol Bekasi Timur 2, dan Gerbang Tol Tambun / GrandWisata. Disisi lain juga penjagaan pasokan listrik di Terminal Bekasi, Stasiun Bekasi Barat, Stasiun Bekasi Timur, dan Rest Area KM 19B,” ungkap Donna.

Donna menyampaikan, pihaknya akan meningkatkan koordinasi dengan pihak kemananan dan tokoh masyarakat setempat. Pemantauan laporan kondisi sistem jaringan listrik, beban penyulang tenaga listrik dan Trafo Gardu Induk secara kontinyu juga akan dilakukan.

“Jadi, seperti yang sudah saya uraikan di atas, PLN Bekasi memprioritaskan 30 lokasi penting yang disiagakan pasokan tenaga listrik. Dan, ada 10 jalur mudik juga salah satunya di Masjid Agung Al-Barkah dan Alun-alun Kota Bekasi. Kita juga akan turunkan sekitar 200 personil pelayanan teknik dilengkapi dengan 35 Unit kendaraan operasionalnya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Donna mengatakan, pihaknya juga bakal siagakan peralatan UGB (Unit Gardu Bergerak), UKB (Unit Kabel Bergerak), Unit dan Genset untuk memaksimalkan pengamanan pasokan listrik jelang dan sesudah Hari Raya idul Fitri 1445 Hijriah.

“Detailnya yakni Anhang: 9 unit, UGB: 5 unit, UKB TM: 1 Unit, UKB TR: 4 Unit, UPS: 1 Unit, Genset: 6 Unit. Selanjutnya kendaraan operasional siaga seperti Mobil operasional Yantek: 19 Unit, Motor Operasional Yantek: 13 unit, kendaraan deteksi: 2 Unit, dan Kendaraan crane: 1 Unit. Jumlah total 35 Unit kendaraan operasional siaga kelistrikan Hari Raya idul Fitri 1445 Hijriah/ 2024 ini,” tandasnya.

Ini merupakan kewajiban kami untuk menjaga pasokan listrik demi mendukung kenyamanan umat muslim dalam beribadah di Bulan Suci Ramadhan” Ungkap Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jabar.

Susiana juga menyampaikan Jumlah lokasi Siaga Hari Raya Idul Fitri 1443 H di UID Jabar sebanyak 536 lokasi Prioritas yang terdiri dari 97 lokasi Masjid, 57 Zona Transportasi, 59 Zona Pertahanan, 39 Zona Pemerintahan, 136 Rumah Sakit, 42 Lokasi Wisata dan 106 Pusat Perbelanjaan yang tersebar di 17 UP3.

Example 120x600
Ekbis

“Kami berharap dengan semakin banyaknya infrastruktur kendaraan listrik baik SPKLU maupun SPBKLU, akan memudahkan para pengguna kendaraan listrik dan juga semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan kendaraan listrik.” ujar Zamzami dalam keterangan resminya pada Sabtu 20 April 2024.

Ekbis

OPPO dan OnePlus secara bersama-sama mengumumkan komitmennya untuk memperkenalkan serangkaian fitur inovatif yang memanfaatkan kemampuan canggih Google Gemini sepanjang tahun 2024. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman AI mobile yang paling tangguh, merangkul basis pengguna yang lebih luas dengan daya tarik yang baru dari Smartphone AI.

Ekbis

“Di bulan Ramadan ini kami fokus untuk memberikan bantuan sosial dengan memberikan bantuan kepada mitra pengemudi dan anak-anak di panti asuhan, selain bantuan sosial, kami juga memberikan persyaratan kerja sama yang paling menguntungkan dengan potongan komisi terendah dan juga banyaknya pesanan yang didapat mitra,” ujar Head of Subdivision Maxim Bekasi Susanto dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu 06 April 2024.