Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Perumda Bhagasasi Cabang Cikpus Targetkan Kebocoran Air 27 persen pada 2024

×

Perumda Bhagasasi Cabang Cikpus Targetkan Kebocoran Air 27 persen pada 2024

Sebarkan artikel ini
Petugas Perumda Tirta Bhagasasi sedang melakukan pengecekan rutin mesin pompa bahan kimia. (poto: Istimewa)

Perumda Tirta Bhagasasi Cabang Cikarang Pusat (Cikpus) pada 2024 ini menargetkan efisiensi penagihan minimal 87 persen per bulan, serta target penambahan Sambungan Langganan (SL).

Selain itu, tingkat serapan pemakaian air rata-rata kepada pelanggan telah melampaui target perusahaan, yakni di atas 19 meter kubik per pelanggan dalam satu bulannya menjadi 25 meter kubik.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Capaian kinerja ini, menjadikan Cabang Cikarang Pusat sebagai cabang terbaik kategori III pada 2023.

Kepala Cabang Cikarang Pusat Perumda Tirta Bhagasasi, M. Syaiful Bahri, mengatakan, pihaknya juga telah berhasil menekan angka kebocoran air atau “Non Revenue Water” (NRW) secara bertahap.

Dia menjelaskan, target angka kebocoran air hingga minimal 27 persen tahun 2024 dengan berbagai upaya. Diantaranya ‏mengendalikan tekanan (“Pressure”) dan debit (“Flow”) air dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jababeka maupun IPA Tegal Gede.

“Salah satu teori kebocoran air adalah, debit dan pressure yang over (berlebihan). Ukurannya, terlalu tinggi sehingga berpotensi terjadi kehilangan air,” Ungkap Syaiful pada Selasa 19 Maret 2024.

Terbukti, dalam satu bulan, yakni Desember 2023, terjadi penurunan angka kebocoran air sekitar 1,5 persen. Ini berarti, upaya Cabang Cikarang Pusat menekan angka kebocoran mengalami kemajuan dan diharapkan, tahun ini mencapai angka 27 persen dari sebelumnya, 30 persen.

Strategi lainnya, lanjut pria yang pernah memimpin KCP Setia Mekar ini, dengan mengganti “Water Meter” (WM) yang sudah tak layak pakai dan melakukan uji tera WM per periodik. Kemudian, memperbarui jaringan pipa dinas yakni pipa ke rumah pelanggan.

“Saat ini, Cabang Cikarang Pusat memiliki IPA Jababeka dengan kapasitas air yang digunakan sekitar 20 lps namun bisa ditingkatkan hingga mencapai 50 lps. Lalu, IPA Tegal Gede sekitar 150 lps, namun bisa ditingkatkan mencapai 160- 170 lps, dengan total jumlah pelanggan mencapai 13.400 SL,” tandasnya.

Example 120x600
Metropolitan

“Kami bersyukur malam takbiran hingga saat hari raya Idul Fitri secara nasional seluruh sistem kelistrikan dalam kondisi aman, sehingga hari raya bisa dilalui dengan penuh kehangatan bersama keluarga,” ucap Darmawan dalam keterangan resminya yang diterima redaksi pada Sabtu 20 April 2024.

Metropolitan

“Kegiatan tersebut berlangsung Minggu depan, diharapkan masyarakat Sukatani untuk menghadiri kegiatan MTQ, termasuk gelaran pawai ta’aruf,” ungkapnya usai kegiatan Halal Bihalal di Aula Kantor Kecamatan Sukatani pada Kamis 18 April 2024.

Metropolitan

“Setelah merayakan lebaran bersama keluarga, dan memanfaatkan libur lebaran cukup panjang, ayo kembali semangat bekerja melayani masyarakat. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, selesaikan segala pekerjaan dengan baik dan tetap sesuai dengan ketentuan,” harap Gani Muhamad dikutip bekasiguide.com pada Kamis 18 April 2024.

Metropolitan

“Kebetulan orang terlantar tanpa identitas itu ‘kan awalnya sakit, kemudian kita bawa ke RSUD, dan ternyata meninggal dunia. Sampai meninggal pun identitasnya tidak diketahui, jadi kami urus makamnya sampai selesai karena itu merupakan tugas kami,” ujar Alex dikutip bekasiguide.com pada Rabu 17 April 2024.