Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

Program Electrifying Agriculture, PLN Cikarang Dukung Produktivitas Sektor Pertanian

×

Program Electrifying Agriculture, PLN Cikarang Dukung Produktivitas Sektor Pertanian

Sebarkan artikel ini

Diawal tahun 2024, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikarang berhasil merealisasikan program electrifying agriculture (EA) yang berlokasi di wilayah Pabayuran, Kabupaten Bekasi.

Menurut Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat, Program Electrifying Agriculture ini merupakan salah satu wujud dukungan PLN dalam upayanya meningkatkan produktivitas sektor pertanian di Indonesia. Hal ini juga membawa dampak signifikan pada hasil panen dan pendapatan para petani.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

H Barudin adalah salah satu pelaku usaha penggilingan padi di wilayah Pabayuran menuturkan, dengan beralih dari mesin penggilingan padi berbahan bakar solar ke Listrik PLN berhasil menekan biaya operasional dan meningkatkan kapasitas produksi beras di pabriknya.

“Terima Kasih kepada PLN yang telah membantu percepatan penyambungan listrik untuk usaha saya, sehingga saya bisa lebih cepat memanfaatkan mesin listrik untuk penggilingan padi. Tentu saja ini lebih hemat, produksi jadi lebih banyak,”kata H. Barudin.

Sementara, Manager PLN UP3 Cikarang Zamzami menjelaskan, program electrifying agriculture merupakan program PLN untuk mendukung para petani dan pengusaha di bidang agrikultur menjadi lebih maju dan modern dengan peningkatan produktivitas dan efisiensi biaya operasional.

”Melalui program electrifying agriculture PLN berupaya mendorong modernisasi pertanian sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian dan efisiensi biaya operasional petani. Program ini juga mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional,” ucap Zamzami pada Selasa 30 Januari 2024.

Zamzami menyampaikan bahwa PLN UP3 Cikarang siap mendukung dan melayani kebutuhan listrik para petani di wilayah Kabupaten Bekasi melalui program electrifying agriculture sehingga dapat menggerakkan perekonomian dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Example 120x600
Ekbis

“Listrik saat ini merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat. Maka dari itu, bersama dengan Pemerintah, kami akan terus menggenjot pemerataan listrik sampai wilayah 3T sesuai dengan pengejawantahan sila ke-5 Pancasila, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” ujar Darmawan dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com pada Kamis, 11 Juli 2024.

Ekbis

”Kami sangat mengapresiasi langkah sinergi ini, proses lanjutan dari salah satu produk olahan sampah menjadi biomassa ini tentunya akan memiliki peran ganda yang tidak hanya menangani problematika sampah tapi juga mampu menurunkan emisi di dua sisi, yaitu dari tumpukan sampah dan dari pengurangan porsi batu bara di PLTU,” ujar Iwan Agung, dikutip bekasiguide.com pada Rabu, 10 Juli 2024.