Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

EV Makin Diminati, PLN Bekasi Hadirkan Promo Layanan Home Charging

×

EV Makin Diminati, PLN Bekasi Hadirkan Promo Layanan Home Charging

Sebarkan artikel ini

BEKASI- PT PLN (Persero) terus memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Salah satunya melalui layanan pengisian daya kendaraan listrik di rumah atau home charging.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi, Redi Zusanto mengatakan sebagian besar penggunaan mobil listrik untuk mobilitas sehari-hari tidak lebih 100 kilometer. Sementara, kapasitas baterai mobil listrik yang tersedia saat ini rata-rata mampu digunakan lebih dari 200 kilometer.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Sehingga pengisian daya kendaraan listrik mayoritas dilakukan di rumah pelanggan dibandingkan dengan di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Ini membuat layanan home charging menjadi sangat penting untuk mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik.

“Mobil listrik saat ini layaknya handphone. Pengisian daya dilakukan pada malam hari di rumah masing-masing. SPKLU hanya digunakan ketika perjalanan jarak jauh,” ujar Redi, Kamis, 26 Oktober 2023.

PLN memberikan beragam promo bagi para pengguna EV yang ingin memasang home charging atau pengisian daya dari rumah. Untuk itu, PLN menghadirkan insentif berupa diskon tarif sebesar 30 persen bagi pengguna kendaraan listrik yang melakukan pengisian daya dari rumah atau home charging pada pukul 22.00 sampai 05.00.WIB.

“Ada harga spesial biaya penyambungan baru dan tambah daya bagi pengguna kendaraan listrik untuk pemasangan home charging di rumah. Promo ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2023,” ujar Redi.

Redi mengatakan promo Super EVeryday dengan harga spesial penyambungan baru untuk pemasangan home charging tersebut sebesar Rp850 ribu dari harga normal sekitar Rp7,49 juta dengan daya hingga 7.700 VA (1 fasa).

Sementara, bagi pelanggan 3 Fasa dengan pilihan daya akhir 13.200 VA hanya membayar Rp3,5 juta dari harga normal berkisar senilai Rp14,6 juta. Selain itu, terdapat juga promo Electrical Vehicle Home Charging Service (EVHCS) seharga Rp150 ribu untuk biaya tambah daya hingga 11.000 VA (1 fasa) dan Rp450 ribu untuk tambah daya hingga 16.500 VA (3 fasa) sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

“Adapun saat ini sudah ada 81 pengguna mobil listrik di Bekasi yang sudah menikmati promo harga spesial untuk pemasangan home charging di rumah. Dan angka ini masih terus bertumbuh,” ungkapnya.

PLN juga telah membangun infrastuktur pendukung seperti SPKLU yang tersebar di wilayah Bekasi dan sekitarnya. “Lokasi SPKLU-nya mudah dijangkau masyarakat yaitu di PLN UP3 Bekasi, PLN Mustikajaya, PLN Bantar Gebang, PLN Bekasi Kota, PLN Medan Satria, Mall Metropolitan, Grand Metropolitan, Summarecon Mall Bekasi, Hyundai Narogong, Wuling Arista Bekasi dan Rest Area KM 6 Bekasi Timur,” tambahnya.

Terpisah, Susiana Mutia General Manager PLN UID Jawa Barat berkomitmen terus mendukung pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

“Dimanapun SPKLU-nya listriknya pakai PLN dan kami siap baik secara jumlah pasokan maupun bisnisnya,” tandasnya.

Example 120x600
Ekbis

”Kami sangat mengapresiasi langkah sinergi ini, proses lanjutan dari salah satu produk olahan sampah menjadi biomassa ini tentunya akan memiliki peran ganda yang tidak hanya menangani problematika sampah tapi juga mampu menurunkan emisi di dua sisi, yaitu dari tumpukan sampah dan dari pengurangan porsi batu bara di PLTU,” ujar Iwan Agung, dikutip bekasiguide.com pada Rabu, 10 Juli 2024.

Ekbis

“Saat pemberian materi pembelajaran, tentu sudah kami sesuaikan mengikuti kemampuan dari anak-anak usia dini. Apalagi saat sesi pembelajaran, mereka sangat aktif dan antusias sekali meski kegiatannya kami lakukan secara indoor dan outdoor,” ucap Donna pada Rabu, 03 Juli 2024.