Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Upgrade Tingkatkan Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil, Disdukcapil Kota Bekasi Helat FGD

×

Upgrade Tingkatkan Pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil, Disdukcapil Kota Bekasi Helat FGD

Sebarkan artikel ini
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi melakukan agenda Focus Group Discussion (FGD), Kamis (13/01/2022).

BEKASI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi melakukan agenda Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka meningkatkan standar pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi pada kamis (13/1/2022).

Agenda yang berlangsung di aula rapat Disdukcapil Kota Bekasi ini selain dihadiri seluruh jajaran Kepala Bidang di Disdukcapil Kota Bekasi, para administrasi database kependudukan ahli muda di 12 Kecamatan yang ada di Kota Bekasi, FGD pun turut mengundang stakeholder yang ada di Kota Bekasi.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatanan Sipil Kota Bekasi Taufiq Rahmat Hidayat mengatakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil merupakan pelayanan dasar yang sangat fundamental yang harus di dapat masyarakat dengan kepastian pelayanan berdasarkan peraturan yang berlaku.

“Tentunya kami sebagai Aparatur di Disdukcapil Kota Bekasi berkewajiban memberikan kepastian pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu perlu adanya upgrade dan masukan dari elemen masyarakat sesuai dengan peraturan yang ada,” ucap Kepala Dinas lulusan STPDN ini kepada awak media.

Masih menurut Taufiq, adanya perangkat e Open sebagai sebuah aplikasi, lanjut Taufiq menjadi sebuah solusi dan tantangan digitalisasi pelayanan dasar masyarakat untuk membuat administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Bekasi.

Setidaknya ada tujuh pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil kata Taufiq sudah bisa diakses melalui e Open. Diakui dirinya adanya permintaan pelayanan yang begitu padat di aplikasi e Open, sehingga adanya keterlambatan akses. Pun begitu, lanjut dia pihak Disdukcapil Kota Bekasi akan terus meningkatkan pelayanan dengan berbasis kepuasan masyarakat Kota Bekasi.

“Adanya FGD ini diharapkan output dan inputnya bisa ditransfer ke masyarakat baik melalui aparatur kami di Dinas sampai tingkat pelayanan di Kecamatan dan Mall Pelayanan Publik. Kami pun mengundang stakeholder di Kota Bekasi untum meminta masukan agar kami bisa terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” bebernya.

Salah satu peserta FGD yang hadir mengapreasi langkah Disdukcapil Kota Bekasi yang terus berupaya ingin meningkatkan pelayanan dasar berupa pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada masyarakat Kota Bekasi.

“Kami sangat merasakan Disdukcapil Kota Bekasi saat ini semakin baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami dari eksternal pun sangat apresiasi dengan keterbukaan Disdukcapil Kota Bekasi dalam menerima masukan dan kritikan dari elemen masyarakat,” tutup salah satu peserta FGD. (Man)

Example 120x600
Metropolitan

“Artinya daerah lain juga banyak melihat bahwa program Botram sangat efektif dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, bahkan ada daerah lain yang studi banding ke sini, mudah-mudahan Botram bisa menjadi role model untuk daerah lain,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan dikutip bekasiguide.com, Selasa, 16 Juli 2024.

Metropolitan

“Tentunya merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi Kami, Pemerintah Kota Bekasi, bersama rekan-rekan penggiat Posyantek di Kota Bekasi dan rasa syukur yang sebesar-besarnya atas predikat penghargaan yang telah disematkan,” ujar Gani Muhamad dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com pada Selasa, 16 Juli 2024.

Metropolitan

“Jadi ada niat yang sama dengan kami meningkatkan aturan, jadi itu apresiasi kenapa saya membuka MPLS di Jawa Barat ini di Kota Bekasi,” jelasnya kepada wartawan termasuk bekasiguide.com di Aula Nonon Sonthanie Gedung Plaza Pemkot Bekasi, Senin, 15 Juli 2024.