Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

Yantek Optimization Mudahkan Pelanggan PLN Dapat Layanan Perbaikan

×

Yantek Optimization Mudahkan Pelanggan PLN Dapat Layanan Perbaikan

Sebarkan artikel ini
Manager PLN UP3 Bekasi, Rahmi Handayani usai memimpin apel siaga peralatan dan perlengkapan beberapa waktu lalu. (Poto:dok)

BEKASI – PT PLN (Persero) bertransformasi dalam meningkatkan pelayanan ke pelanggan. Pada akhir 2021, secara nasional badan usaha milik negara (BUMN) itu meluncurkan Yantek Optimization (Optimasi Pelayanan Teknik) yang terintegrasi dengan New PLN Mobile. Fasilitas tersebut akan memudahkan pelanggan mendapat layanan perbaikan ketika mengalami gangguan listrik.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi Rahmi Handayani, Yantek Optimization merupakan suatu bagian dari transformasi dasar yang dilakukan PLN untuk meningkatkan pelayanan ke pelanggan.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Transformasi tersebut bukan hanya sekedar aplikasi tetapi juga mengubah perilaku petugas pelayanan teknik yang bertugas di lapangan,” jelas Rahmi, melalui keterangan resminya, Jumat (14/1/2022).

Dengan adanya fasilitas Yantek Optimization, pelanggan dapat mengetahui proses pengaduannya ditanggapi hingga diselesaikan layaknya layanan aplikasi transportasi online.

“Dengan adanya hal tersebut, pelanggan lebih mudah memonitor proses pengaduan. Jadi seperti kita pesan transportasi online, melalui PLN Mobile, lokasi petugas sampai mana itu bisa kita lihat,” jelasnya.

Dengan begitu, Yantek Optimization akan menuntut petugas pelayanan teknik untuk merespon cepat pengaduan gangguan kelistrikan dan mengerjakannya sesuai dengan prosedur.

“Petugas harus disiplin dan tepat waktu, ini bertujuan demi pelanggan menerima pelayanan terbaik dari PLN dan meningkatkan customer experience,” imbuhnya.

Peluncuran Yantek Optimization ini dimulai pada PLN regional Jawa, Bali dan Madura. Rahmi mengungkapkan, saat ini pelayanan teknik merupakan layanan dasar PLN yang dibutuhkan pelanggan dalam waktu 24 jam.

“Kondisi dulu dimana ketika PLN sering gangguan atau padam PLN susah dihubungi, petugas PLN lama datangnya, tidak ada info mengenai pemadaman, dan ketika melapor terjadi pemadaman banyak yang ditanyakan oleh pihak PLN,” tuturnya.

Menurut Rahmi, saat ini pelanggan dengan mudah bisa menyampaikan keluhan lewat PLN Mobile yang secara sistem akan diteruskan ke Yantek Mobile dan dimonitor Virtual Comand Center. Manajemen unit bisa memastikan keluhan pelanggan diselesaikan dengan adanya komunikasi dua arah (bipartit) dengan pelanggan yang embedded pada sistem, bahkan tripartit karena ditambah dengan pengawasan dari manajemen unit.

“Melalui Yantek Optimization pelayanan pelanggan yang cepat, andal, akurat, dan efektif efisien sehingga pelanggan hanya perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile dan akan mendapatkan informasi mengenai pemadaman bagi pelanggan yang terdampak,” tuturnya.

Rahmi juga menambahkan, sepanjang tahun 2021 PLN UP3 Bekasi meraup pendapatan sebesar Rp3,2 trilun lebih dari penjualan listrik 2.673.360.597 kwh. Yang artinya penjualan listrik PLN UP3 Bekasi tahun 2021 mengalami kenaikan sebesar 5,26 persen dari 2020.

Example 120x600
Ekbis

“Penambahan SPKLU ini diharapkan dapat mendorong ekosistem kendaraan listrik, meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik karena Stasuin Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sudah semakin banyak” kata zamzami dikutip bekasiguide.com pada Jumat 29 Maret 2024.

Ekbis

“Jadi hari ini ajang bersilahturahmi buat saling kenal satu sama lain, jadi kita juga bisa lebih mudah getting in touch dan juga mengenal juga produk masing-masing. Kita pengennya para tenant tenant industri di Jababeka itu bisa bersinergi satu sama lain sehingga kita itu bisa punya konsen bersama,” kata Chyntia usai acara pada Kamis 28 Maret 2024 malam. 

Ekbis

“Kami mengucapkan selamat atas beroperasinya SPKLU milik PT Utomo Charge Plus Indonesia di Aeon Mall Deltamas. Dengan adanya SPKLU ini semoga dapat mengakselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Wilayah Kabupaten Bekasi.” ucap Zamzami dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com pada Kamis 28 Maret 2024.

Ekbis

“Oleh karena itu, kami mengundang semua masyarakat Indonesia untuk merasakan keindahan ramadhan bersama Indosat. Kampanye ini sejalan dengan tujuan besar kami dalam memberdayakan masyarakat Indonesia,’ terangnya dikutip bekasiguide.com pada Senin 25 Maret 2024.