Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

PLN UP3 Cikarang Bertahap Recovery Pernormalan Listrik di Pebayuran

×

PLN UP3 Cikarang Bertahap Recovery Pernormalan Listrik di Pebayuran

Sebarkan artikel ini
Manajer PLN UP3 Cikarang, Ahmad Syauki

CIKARANG- PLN UP3 Cikarang secara bertahap mulai melakukan penormalan kelistrikan di Kabupaten Bekasi akibat banjir. Sampai saat ini, tersisa 70 gardu listrik yang belum normal lantaran perumahan dan permukiman warga masih terendam air.

“40 persen gardu listrik di wilayah PLN UP3 Cikarang terendam. Totalnya 662 gardu terendam dari total gardu sebanyak 4.400. Saat ini tersisa 70 gardu,” kata Manager PLN UP3 Cikarang, Ahmad Syauki, saat menyalakan satu gardu listrik di Kampung Tegal Pancing, Desa Sumber Reja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Senin (22/2/2021).

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Syauki mengatakan, banjir kali ini daerah paling terdampak yaitu Kecamatan Pebayuran dan Kedung Waringin. Terutama yaitu yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Cibeet dan Kali Citarum.

“Kedung Waringin terdapat lima desa yang terdampak, dan Pebayuran sebanyak empat desa. Total Pelanggan terdampak yaitu 162.047, yang sudah nyala 137.295 dan yang masih padam 24.752 pelanggan,” tukas dia.

Kekinian, warga di Kampung Tegal Pancing sudah dapat merasakan aliran normal listrik setelah sebelumnya terendam banjir akibat jebolnya Tanggul Kali Citarum di Kampung Babakan Banten, Desa Suka Urip, Kabupaten Bekasi, pada Sabtu (20/2/2021) malam.

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini selalu berkoordinasi dengan unsur Basarnas dari TNI/Polri dan BPBD Kabupaten Bekasi serta tokoh masyarakat setempat dalam penormalan listrik.

Sejauh ini, kendala yang dihadapi oleh PLN sendiri ialah dalam memastikan keandalan suplai listrik. Atas hal tersebut, PLN berkoordinasi dengan tokoh masyrakat untuk memastikan instalasi listrik di rumah-rumah warga.

“Namun kami pastikan saat ini petugas stand by 24 jam untuk menerima laporan masyrakat dan pengecekan atau monitor gardu, seperti sisa 70 gardu itu masih kami terus pantau dan segera melakukan penormalan secara bertahap,” imbuh dia.

PLN UP3 Cikarang juga telah membuka 22 titik posko banjir untuk warga yang terdampak. Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi dapat menghubungi PLN 123 dan aplikasi New PLN Mobile.

Disamping itu, kata Syauki, selain memonitoring kehandalan listrik akibat banjir. Pihaknya juga memberikan sejumalh bantuan sembako termasuk makanan siap santap sebanyak 500 box bagi para korban banjir di Pebayuran.

“Semata-mata ini kita lakukan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah,” pungkasnya.

Example 120x600
Metropolitan

“Kegiatan tersebut berlangsung Minggu depan, diharapkan masyarakat Sukatani untuk menghadiri kegiatan MTQ, termasuk gelaran pawai ta’aruf,” ungkapnya usai kegiatan Halal Bihalal di Aula Kantor Kecamatan Sukatani pada Kamis 18 April 2024.

Metropolitan

“Setelah merayakan lebaran bersama keluarga, dan memanfaatkan libur lebaran cukup panjang, ayo kembali semangat bekerja melayani masyarakat. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, selesaikan segala pekerjaan dengan baik dan tetap sesuai dengan ketentuan,” harap Gani Muhamad dikutip bekasiguide.com pada Kamis 18 April 2024.

Metropolitan

“Kebetulan orang terlantar tanpa identitas itu ‘kan awalnya sakit, kemudian kita bawa ke RSUD, dan ternyata meninggal dunia. Sampai meninggal pun identitasnya tidak diketahui, jadi kami urus makamnya sampai selesai karena itu merupakan tugas kami,” ujar Alex dikutip bekasiguide.com pada Rabu 17 April 2024.

Metropolitan

“Kita menginformasikan kepada seluruh tokoh bahwa dalam waktu dekat mulai 27 April-5 Mei 2024 ya, kita akan menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat, tentu ini perlu dukungan semua pihak, agar berjalan sukses dan lancar,” ungkapnya dikutip bekasiguide.com pada Rabu 17 April 2024.