Pelaksanaan PAS PKBM Anugrah Bangsa Kota Semarang Berbasis Computer Based Test (CBT)


SEMARANG- Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil dengan ujian modul di PKBM Anugrah Bangsa sudah menggunakan sistem dalam jaringan (daring). PAS dimulai sejak Senin, tanggal 25–29 November 2019 mengikuti kalender Pendidikan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Warga belajar dapat menggunakan gawai (gadget) berupa smart phone dan tablet maupun laptop untuk belajar denagn model pembelajaran e-learning sedangkan pengerjaan soalnya PAS Berbasis Computer Based Test (CBT).

Di tengah-tengah monitoringnya, Daryata selaku Kepala Bidang Pembinaan PAUD-PNF memantau kelancaran pelaksanaan ujian semester ganjil satuan pendidikan yang menjadi binaannya.

Menurutnya, pembelajaran memalui e-learning dan soal berbasis Computer Based Test (CBT) merupakan awal perubahan dan contoh bagi PKBM lainnya untuk mewujudkan pendidikan kesetaraan program paket B dan paket C di Kota Semarang, dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan untuk Semarang Hebat khususnya dan Indonesia Maju secara umum dalam mensupport revolusi industri 4.0.

 Di sela sela kunjungannya disampaikan kepada pengelola dan tutor, bahwa mengupgrade diri merupakan bagian penting yang harus dilakukan agar tetap bisa bersaing dan bertahan hidup “Long life learningmenjadi tuntutan bagi setiap orang, agar pengetahuan dan keterampilannya terus terjaga meski perubahan zaman terjadi begitu cepat dan dinamis.

“Tutor juga siap wajib berubah dan upgrade ilmu  mengikuti zamannya tidak hanya peserta didiknya,” kata dia.

Ia menambahkan, paperless merupakan kanal yang paling efektif dan efisien bagi pendidik dan pembelajar, tentunya mendorong setiap warga belajar untuk melek IT dengan diberikannya user dan pasword masing-masing untuk masuk ke aplikasi e-learning, selain itu digunakan juga sistem kode token sebagai sistem pengaman tambahan.

“Ini kali pertamanya kesetaraan program paket B dan C di Kota Semarang dalam pengambilan penilaian menggunakan sistem daring berbasis Computer Based Test (CBT). Diharapkan warga belajar dapat lebih dekat dengan tata cara pengerjaan CBT yang juga sudah dilaksanakan pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” tandasnya. (Rif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *