Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Program Bank Sampah Cuma Angin Lalu

×

Program Bank Sampah Cuma Angin Lalu

Sebarkan artikel ini
Bank Sampah. (image:istimewa)

BEKASI SELATAN– Program Bank Sampah yang dicanangkan Pemerintah Kota Bekasi masih dianggap perlu sosialisasi oleh sebagian besar masyarakat.

Kendati program tersebut memiliki potensi menjaga lingkungan dan pembangunan ekonomi, namun banyak warga yang masih kurang mengetahui peran Bank Sampah dalam menjaga keasrian lingkungan dan kemandirian ekonomi.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Ketua RW 008, Kelurahan Kayuringin Jaya, Dedy Iskandar, mengatakan, kehadiran bank sampah merupakan alternatif solusi penyelesaian masalah lingkungan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat.

“Keberadaan Bank Sampah sangat penting untuk di galakkan dan di sosialisasikan kepada masyarakat. Sekarang kita bisa lihat bahwa membludaknya sampah rumah tangga di lingkungan perumahan menjadi permasalahan tersendiri bagi kehidupan masyarakat,” ujar Dedy, di sela acara Pelantikan pengurus RW 008 Kayuringin Jaya, periode tahun 2017-2020, Minggu (01/05).

Dedy juga menambahkan bahwa, Bank Sampah yang telah diprogramkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Bekasi bisa menjadi sumber potensi ekonomi untuk masyarakat menengah ke bawah.

“Di RW 008 sendiri, kami mempunyai Bank Sampah Berlian 008, selain untuk memelihara lingkungan, Bank Sampah bisa menjadi sarana untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Sampah rumah tangga yang masih bisa di daur ulang, dapat di jadikan kreasi barang yang berguna untuk kebutuhan atau perlengkapan sehari-hari,” ujarnya.

Dedy, melanjutkan, pemerintah Kota Bekasi yang mencanangkan program Bank Sampah sejak 2016 silam masih terbilang minim perhatian kepada operator bank sampah yang ada di masyarakat.

“Kami telah mengerjakan apa yang diminta oleh pemerintah, seharusnya program yang bagus seperti ini jangan malah terkesan “anget-anget tai ayam”, seakan-akan apa yang mereka perintahkan jadi angin lalu. Padahal kami selalu siap untuk membackup program pemerintah, jika pemerintahnya sendiri rutin melakukan pengawasan dan pelatihan kepada kami,” tandasnya. (BK)

Example 120x600
Metropolitan

“Sangat mengapresiasi. Tentunya tema yang diusung menjadi isu yang sedang menjadi persoalan di daerah perkotaan. Terlebih dengan semangat kolaborasi ini, dapat menghasilkan buah pemikiran yang lebih baik lagi. Sehingga dapat diwujudkan tata kelola kota yang bagus yang dapat mencakup seluruh aspek pendukung untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas di Tahun 2045,” kata ASDA II Inayatullah, saat menghadiri gala dinner Rakorkomwil III APEKSI di Margo Hotel, Kota Depok, Jawa Barat dikutip bekasiguide.com, Jumat 17 Mei 2024.

Metropolitan

“Alhamdulillah sudah lima ekor kita beli. Nanti H-1 dikirim karna dari sini sudah diurus semua dari pakannya, vaksinnya, ongkirnya juga gratis jadi irit banget. Yang kita cari pertama dari bobot dan besarnya sapi kemudian diselaraskan dengan buget yang sudah Jemaah titipkan kepada kami,” ucap Wirjat di Cikarang Barat, Rabu 15 Mei 2024.

Metropolitan

“Saya menegaskan kepada seluruh aparatur kelurahan se-Rawalumbu untuk memberikan pelayanan KIA secara gratis tanpa ada pungutan kepada warga. Dan, wajib berikan pelayanan terbaik dan kemudahan dengan cepat,” ujar Yudistira dikutip bekasiguide.com pada Selasa 14 Mei 2024.