Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

Perumda Tirta Bhagasasi Terima Kunker Dewas Perumdam Kota Makassar

×

Perumda Tirta Bhagasasi Terima Kunker Dewas Perumdam Kota Makassar

Sebarkan artikel ini
Kantor pusat Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi. (poto: Istimewa)

Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi  menerima kunjungan kerja studi banding Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan kerja dipimpin langsung Ketua Dewan Pengawas Perumdam Kota Makassar M Ansar, bersama anggota Aminuddin Ilmar dan Arifuddin Hamarung beserta rombongan.

Kunjungan Dewan Pengawas Perumdam Kota Makassar berlangsung santai penuh keakraban diisi sesi diskusi serta tanya jawab seputar tata kelola perusahaan dalam mencegah kebocoran air yang berdampak bagi keuntungan secara bisnis. Diskusi Dewan Pengawas Perumdam Kota Makassar, Sulawesi Selatan bersama Perumda Tirta Bhagasasi di Lantai 2 Kantor Pusat Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Kepala Bagian Pengembangan dan Kerja Sama pada Perumda Tirta Bhagasasi, Djoni Purwanto menyambut baik kedatangan rombongan yang hendak berbagi pengalaman mengelola lini bisnis melalui optimalisasi pencegahan kebocoran air.

“Terima kasih atas kehadiran Dewan Pengawas Perumdam Kota Makassar ke kantor kami. Pelayanan air bersih di Perumda Tirta Bhagasasi sejak 2020 sudah bekerja sama dengan swasta,” katanya dikutip bekasiguide.com pada Rabu 05 Juni 2024.

Djoni menjelaskan skema kerja sama dengan pihak ketiga ini berbasis kinerja hingga berhasil menekan angka kehilangan air. Seperti di Cabang Babelan dari semula 41 persen mampu ditekan sampai 28% dari hasil pekerjaan pengusaha swasta.

“Penurunan tingkat kebocoran air ini sekaligus membawa dampak positif bagi perusahaan secara bisnis karena mampu menambah pendapatan serta jumlah pelanggan,” katanya.

Ia menyebut skema kerja sama ini berjalan efektif karena perusahaan tidak mengeluarkan sepeser pun investasi untuk mencegah kebocoran air namun tetap mendapatkan porsi keuntungan dari hasilnya.

Seluruh material seperti pipa, alat ukur, serta peralatan pendukung lain disediakan pihak ketiga, termasuk proses pengerjaan maupun perbaikan kebocoran. Bahkan setelah masa perjanjian kontrak berakhir, seluruh aset tersebut menjadi milik perusahaan.

“Semula pendapatan Cabang Babelan berkisar Rp3-4 miliar sebulan, sekarang sudah di Rp5-6 miliar setelah berhasil mengurangi kehilangan air,” ucapnya.

Perumda Tirta Bhagasasi memiliki 308.000 sambungan langsung pelanggan di wilayah Kabupaten Bekasi dari total 3,5 juta jiwa penduduk wilayah itu. Pelayanan air bersih dilakukan 13 kantor cabang dan 12 cabang pembantu hingga mampu melayani 40 persen dari jumlah penduduk, belum termasuk 60.000 pelanggan di wilayah Kota Bekasi (KR-PRA).

“Tujuan kami datang ke Kabupaten Bekasi ini untuk menggali lebih dalam terkait pengalaman Perumda Tirta Bhagasasi menjalin kerja sama dengan pihak ketiga,” kata Ketua Dewan Pengawas Perumdam Kota Makassar M Ansar.

Dia mengatakan hasil diskusi bersama dalam kesempatan kunjungan kerja tersebut akan menjadi acuan untuk mengelola perusahaan daerah yang sudah memiliki pelanggan sebanyak 174.000 sambungan langganan itu.

“Saat ini NRW (Non Revenue Water) atau angka kehilangan air di kami sudah mencapai 52 persen sementara kami dengar di sini mampu mengendalikan NRW secara optimal melalui skema kerja sama pihak ketiga,” jelas M Ansar.

Example 120x600
Ekbis

“Pada kuartal pertama 2024, Perseroan mencatat pra-penjualan sebesar Rp325 miliar, mencapai 23 persen dari target tahunan sebesar Rp1,435 triliun,” ungkap Didik Junaedi Rachbini dalam keterangan resminya yang diterima Sabtu 22 Juni 2024.

Ekbis

Komitmen OPPO yang selalu mendengarkan kebutuhan konsumennya, memastikan bahwa perangkat ini akan dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan seperti pengisian daya super cepat SUPERVOOC, baterai berkapasitas besar, teknologi kecerdasan buatan (AI) terdepan OPPO, performa mumpuni, hingga ketahanan tingkat tinggi untuk penggunaan dalam waktu yang lama.

Ekbis

“Ini merupakan tanggung jawab sosial bagi kami, karena satu kantong darah dapat menyelamatkan satu nyawa yang membutuhkan. Selain itu, kami juga ikut memfasilitasi rekan-rekan pengemudi kami khususnya di kota Bekasi untuk ikut mendonorkan darah mereka.” ujar Susanto dalam keterangan tertulisnya dikutip bekasiguide.com, Kamis 20 Juni 2024.

Ekbis

“Selama enam tahun perjalanan Maxim di Indonesia ini, kami mencoba untuk memberikan dampak positif untuk semua kalangan masyarakat salah satunya adalah sahabat-sahabat tunanetra di Pertuni, dan kedepannya saya harap layanan Maxim bisa turut membantu kalangan masyarakat lainnya termasuk para kaum disabilitas dan kebutuhan khusus” ujar Dirhamsyah dalam keterangan resminya pada Jumat 14 Juni 2024.