Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Tren Urbanisasi Pasca Lebaran, Ini Langkah Disdukcapil

×

Tren Urbanisasi Pasca Lebaran, Ini Langkah Disdukcapil

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Para pendatang baru dari daerah ke Kota. (poto.dok)

Tren urbanisasi pasca lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2024 senantiasa terjadi tiap tahun, tak terkecuali di Kota Bekasi yang merupakan kota metropolitan dan penyangga Ibu Kota.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Taufiq Rachmat Hidayat mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah mempersiapkan sejumlah langkah dalam menghadapi tren urbanisasi sesuai arahan Pj Wali Kota Bekasi, R Gani Muhamad.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Jadi para prinsipnya, untuk Pelayanan Adminduk saat ini tidak ada sanksi terhadap kepemilikan dokumen adminduk. Saat ini, hanya dituntut kesadaran warga untuk melengkapi Adminduk dalam proses kehidupan keseharian,” ujar Taufiq di Bekasi, Selasa 16 April 2024.

Ia menjabarkan, bagi warga pendatang yang ingin atau akan menetap di Kota Bekasi lebih dari satu tahun, diharapkan membawa Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) dari daerah asal disertai dengan Surat Keterangan Kepemilikan Tempat Tinggal bagi yang memiliki Aset Pribadi atau Surat Keterangan Menggunakan Alamat Menumpang bagi yang menyewa Tempat Tinggal.

“Nah! Jika warga hanya menumpang tidak sampai satu tahun pastikan melakukan registrasi Penduduk Non Permanen melalui penduduknonpermanen.kemendagri.go.id/auth agar proses Kependudukan dapat terfasilitasi,” papar Taufiq.

Selanjutnya, Taufiq mengingatkan kepada warga yang mungkin pasca mudik mengalami kehilangan atau kerusakan dokumen adminduk untuk segera melapor dan melakukan aktivasi identitas kependudukan digital.

“Jadi nanti tidak ada lagi alasan KTPel atau KK hilang atau rusak, karena semuanya sudah diintegrasikan secara digital dalam Gawai Pintar atau handphone,” tegas Taufiq.

Terakhir, ia pun berharap agar warga pendatang yang hendak mengadu nasib di Kota Bekasi untuk aware dan tertib terkait adminduk.

“Sedangkan berdasarkan arahan Pj Wali Kota, diharapkan warga pendatang ini tidak menjadi beban dan memiliki skill atau keterampilan yang bisa dikembangkan di Kota Bekasi,” pungkas Taufiq.

Example 120x600
Metropolitan

“Sangat mengapresiasi. Tentunya tema yang diusung menjadi isu yang sedang menjadi persoalan di daerah perkotaan. Terlebih dengan semangat kolaborasi ini, dapat menghasilkan buah pemikiran yang lebih baik lagi. Sehingga dapat diwujudkan tata kelola kota yang bagus yang dapat mencakup seluruh aspek pendukung untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas di Tahun 2045,” kata ASDA II Inayatullah, saat menghadiri gala dinner Rakorkomwil III APEKSI di Margo Hotel, Kota Depok, Jawa Barat dikutip bekasiguide.com, Jumat 17 Mei 2024.

Metropolitan

“Alhamdulillah sudah lima ekor kita beli. Nanti H-1 dikirim karna dari sini sudah diurus semua dari pakannya, vaksinnya, ongkirnya juga gratis jadi irit banget. Yang kita cari pertama dari bobot dan besarnya sapi kemudian diselaraskan dengan buget yang sudah Jemaah titipkan kepada kami,” ucap Wirjat di Cikarang Barat, Rabu 15 Mei 2024.

Metropolitan

“Saya menegaskan kepada seluruh aparatur kelurahan se-Rawalumbu untuk memberikan pelayanan KIA secara gratis tanpa ada pungutan kepada warga. Dan, wajib berikan pelayanan terbaik dan kemudahan dengan cepat,” ujar Yudistira dikutip bekasiguide.com pada Selasa 14 Mei 2024.