PLN UP3 Bekasi Gerak Cepat Recovery Kelistrikan di Disdukcapil

Petugas PLN UP3 Bekasi melakukan recovery eklistrikan di depan kantor Disdukcapil Kota Bekasi, Kamis (25/02/2021).

BEKASI- Manajemen PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi mengkonfirmasi terkait padamnya listrik di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi pada Kamis (25/02/2021) siang. Dengan sigap dan dalam waktu singkat petugas PLN UP3 Bekasi melakukan recovery penormalan.

“Petugas kami langsung terjun ke lapangan dan segera melakukan penormalan. Kita mendapat laporan gangguan dari pelanggan pada pukul 12.30 WIB, tim kami berhasil melakukan penanganan sampai kembali normal pada pukul 13.36 WIB,” kata Manager PLN UP3 Bekasi, Ririn Rachmawardini, Kamis (25/2/2021).

Berdasarkan penelusuran petugas di lapangan, kata Ririn, padamnya listrik di perkantoran Disdukcapil lantaran ada kabel pengawatan pada trafo yang terjadi hubung singkat akibat ranting pohon yang jatuh mengenai kabel tersebut. Hal tersebut mengakibatkan terjadi arus pendek pada kabel beda phasa tersebut sehingga timbul suara seperti ledakan karena tegangan phasa yang beradu.

“Meledak karena adanya hubung singkat antara Phasa (tegangan) pada kabel pengawatan yang terletak di atas trafo,” tukas Ririn.

Kondisi saat ini, petugas telah melakukan perbaikan dengan mengganti kabel pengawatan baru pada trafo yang tersebut dan memastikan jarak aman ranting pohon dengan unit trafo PLN.

“Listrik sudah normal kembali kurang dari 1 jam. Masih dalam kategori normal. Karena TMP (tingkat mutu pelayanan) padam akibat gangguan dengan recovery time nya 3 jam maksimal,” ucapnya.

Disamping itu, Ririn mewakili PLN UP3 Bekasi meminta maaf atas ketidaknyamanan masyarakat akibat gangguan pada asset PLN tersebut. “Kami berjanji akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik ke masyarakat,” tandas dia.

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi, Taufik Hidayat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kesigapan PLN UP3 Bekasi dengan langsung mengirimkan petugas.

“Pelayanan memang sempat terhenti saat listrik padam. Saya apresiasi kepada PLN yang gerak cepat melakukan penanganan jaringan setelah Tim URC kami melaporkan gangguan,” jelasnya melalui telepon genggam, Kamis (25/02/2021) siang.

Menurutnya, sinergitas antara pemerintah dan PLN telah berjalan baik. Sehingga pelayanan masyarakat di Disdukcapil kembali normal dalam waktu singkat.

“Kurang dari satu jam listrik sudah nyala kembali. Saat ini pelayanan sudah kembali normal. Kami minta maaf kepada masyarakat atas kejadian yang sempat mengakibatkan terhentinya sementara layanan di Disdukcapil,” tandasnya. (bams)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *