Miliki Ciri Khas Sendiri, Jatirangga Siap Jadi Kelurahan Budaya

Lurah Jatirangga Ahmad Affandi

BEKASI- Identitas wilayah merupakan ruh bagi peradaban suatu daerah, dan salah satu identitas di wilayah Kota Bekasi adalah kebudayaan yang mengakar dan turun temurun dan bertahan dengan keasliannya. Identitas kebudayaan yang mengakar dan masih terawat salah satunya berada di Krangan tepatnya di kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi.

Dari beberapa warisan yang turun temurun di wilayah ini diantaranya sedekah bumi, babaritan dan masih terjaganya mata air yang dipakai untuk mandinya para sinden di setiap malam satu suro.

Untuk menjaga pelestarian budaya serta guna menjadikan identitas yang memiliki ciri khas tersebut, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi mencanangkan menjadi kelurahan budaya pada tahun 2020.

Lurah Jatirangga Ahmad Affandi mangaku sangat terkesan dengan budaya serta tradisi leluhur yang masih dijaga oleh masyarakat kampung Kranggan.

Bahkan Ia sudah menargetkan kampung Kranggan, Kelurahan Jatirangga sebagai Kampung Budaya. Ia ingin Kampung Kranggan bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Bekasi.

“Budaya dan tradisi di kampung Kranggan, kelurahan Jatirangga sangat kuat. kalau dijadikan kampung budaya, ini bisa menjadi destinasi wisata. Jadi orang-orang ke Kota Bekasi mau jalan-jalan kemana, kan bisa ke kampung Kranggan,” ucap Ahmad Affandi kepada tim Bekasi Guide.com

Namun, untuk menjadi kampung Budaya dirinya terus melakukan pembenahan. Berbagai potensi yang ada di masyarakat satu per satu dihidupkan dan dikembangkan.

“Tidak hanya pada aspek seni dan budayanya, kami juga terus menghidupkan aspek lainnya seperti cagar budaya, tempat keramat dan budaya masyarakatnya,” timpal pria berpenampilan kalem ini.

Bahkan, kata Affandi dirinya akan berupaya menggerakan aspek lain meliputi heritage dan UMKM. Menurut dia semua aspek tersebut harus saling berkesinambungan guna mendukung Jatirangga sebagai Kelurahan Budaya.

“Sebenarnya kampung Kranggan sudah memenuhi aspek tersebut, cuma belum tercatat secara utuh,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan kampung Budaya Kranggan, Affandi berharap program kampung budaya Kranggan bisa terealisasi pada tahun ini. Sedangkan untuk menjadikan Kampung Budaya Kranggan sebagai destinasi wisata bisa diwujudkan pada tahun 2020.

Oleh karena itu, mulai tahun ini pihak Kelurahan Jatirangga tambah dia sudah membuat profil budaya kampung kranggan dan pencanangan kampung kranggan sebagai kampun budaya.

“Tahun sekarang kita sudah bikin profil budaya, setelah itu melakukan pencanangan Kampung Budaya, dan bisa ditetapkan oleh Wali Kota Bekasi. Tahun 2020 kampung budaya Kranggan bisa jadi destinasi wisata,” pungkasnya. (TIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *