Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Mentan bersama KSAD Panen Bawang Merah di Cibitung

×

Mentan bersama KSAD Panen Bawang Merah di Cibitung

Sebarkan artikel ini
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Maruli Simanjuntak panen bawang merah di lahan urban farming Korem 051 Wijayakarta di Desa Wanajaya, kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa 11 Juni 2024.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Maruli Simanjuntak panen bawang merah di lahan urban farming Korem 051 Wijayakarta di Desa Wanajaya, kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa 11 Juni 2024. Budidaya bawang merah ini merupakan upaya memperkuat ketahanan pangan guna mengendalikan inflasi ditengah ancaman perubahan iklim.

“Kami senang sekali. Bapak KSAD sangat ahli dibidang pengairan dan oangan terutama ekspansi komoditas bawang merah. Kita patut bangga dengan TNI,” ucap Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pada Selasa 11 Juni 2024.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Panen bawang merah dilahan seluas 13 hektare ini adalah bentuk sinergi antara Kementerian Pertanian dengan TNI Angkatan Darat (AD). Menurutnya sinergi ini sangat penting dilakukan sebagai langkah mitigasi menghadapi krisis pangan dan menyelamatkan pertanian di Indonesia. Budidaya bawang merah ini bermodal Rp2,5 miliar dan berpendapatan kotor Rp6 miliar. Sehingga keuntungan bersih yang dapat diperoleh mencapai Rp1 sampai Rp2 miliar.

“Kita harus antisipasi dampak perubahan iklim yang melanda sektor pertanian. Ini adalah langkah tepat untuk menjaga inflasi. Inflasi kita berada di 2,5 persen,” tambahnya.

Sementara, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengungkapkan program-program urban farming merupakan bentuk upaya TNI AD dalam mendukung program Pemerintah dalam mencetak lahan di perkotaan.

“Urban farming harus dilakukan secara efektif untuk penguatan ketersediaan pangan. Bisa dibawah jembatan, sepanjang jalan tol dan lahan-lahan tidur lainnya. Kalau lahan itu dikasih ke TNI dipastikan akan memberikan manfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Example 120x600
Metropolitan

“Alhamdulillah, kerja keras kita bersama untuk pembangunan Jalan Ciledug-Cikarageman sudah terealisasi oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, terimakasih pak Dani Ramdan yang sudah memperhatikan usulan warga,” ujarnya dikutip bekasiguide.com pada Minggu 23 Juni 2024.

Metropolitan

“Ya tentu ini sebuah hal yang sangat bagus sekali. Para anggota di ICMI itu bukan untuk mencari nafkah. Tapi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi organisasi menunjukkan tujuan ya salah satunya bersinergi dengan pemerintah. Ini sebuah hal yang sangat bagus sekali,” kata Gani.

Metropolitan

“Hari ini kita melaksanakan gerak jalan bersama antara TNI Polri, Kejaksaan dan kemudian teman-teman dari OKP OKP kemahasiswaan. Tentunya sesuai dengan temanya bahwa kita bersama-sama bergerak untuk persatuan dan tentunya kita harapkan bahwa dengan bersama-sama dan bersatu kita bisa membangun dan menjaga Indonesia untuk bisa lebih baik,” kata Kapolri dikutip bekasiguide.com pada Sabtu 22 Juni 2024.

Metropolitan

“Tugas utama kita setelah dilantik dalam waktu dekat itu kita akan mengadakan program kerja 100 hari ICMI kita Bekasi. Tadi kan ada tiga yang menjadi catatan ini stunting, SDM, ketahanan pangan ,dan pendidikan. Ini menjadi tugas kita supaya ini menjadi bisa percepatan menjelang indonesia emas 2045,” kata Inay saat diwawancarai media, Sabtu 22 Juni 2024.

Metropolitan

“Tentunya saya mendukung penuh hadirnya SIMODALINDAG. Bukan hanya sekadar aplikasi, melainkan kehadiran SIMODALINDAG merupakan sebuah komitmen nyata untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk mempermudah proses pengendalian industri dan perdagangan di Kota Bekasi untuk semakin berkembang maju,” ujar Gani Muhamad dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Sabtu 22 Juni 2024.