Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Diprediksi 26 Ribu Hewan Kurban Masuk Kabupaten Bekasi

×

Diprediksi 26 Ribu Hewan Kurban Masuk Kabupaten Bekasi

Sebarkan artikel ini
Para pembeli tengah memilih sapi untuk persiapan Idul Adha atau Kurban di kandang sapi Ompu Ondo di Perumahan Telaga Harapan, Desa Telagamurni, Kecamatan Cikarang Barat.

CIKARANG- Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi memprediksi sebanyak 26 ribu lebih hewan kurban akan masuk ke wilayah Kabupaten Bekasi pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah mendatang.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwian Wahyudiharto mengatakan, jumlah itu merupakan kalkulasi dari jumlah yang masuk pada 2023 lalu. Pada 2023 lalu, ada 26 ribu lebih hewan kurban yang masuk wilayah Kabupaten Bekasi. Jumlah itu terdiri dari sapi sebanyak 12 ribu ekor serta kambing dan domba masing-masing 7 ribu ekor.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Prediksi kita tahun ini akan mengalami kenaikan hewan kurban yang masuk ke Kabupaten Bekasi mencapai 5 persen,” kata Dwian Wahyudiharto dikutip bekasiguide.com pada Kamis 23 Mei 2024.

Dwian menyebut hewan kurban itu mayoritas berasal dari para peternak yang ada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT serta Lampung. “Sementara untuk sapi, kambing dan domba lokal perkiraan hanya 10-15 persen,” kata dia.

Menyikapi tingginya hewan kurban yang masuk ke wilayahnya, Dinas Pertanian akan melakukan pengawasan untuk memastikan hewan tersebut terhindar dari penyakit seperti PMK, LSD dan lainnya atau dalam kondisi aman, sehat, utuh dan halal.

“Monitoring sudah kita lakukan sejak 2 minggu lalu dan nanti akan ada pelepasan tim pengawas kesehatan hewan kurban pada awal Juni mendatang,” kata dia.

Example 120x600
Metropolitan

“Alhamdulillah, kerja keras kita bersama untuk pembangunan Jalan Ciledug-Cikarageman sudah terealisasi oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, terimakasih pak Dani Ramdan yang sudah memperhatikan usulan warga,” ujarnya dikutip bekasiguide.com pada Minggu 23 Juni 2024.

Metropolitan

“Ya tentu ini sebuah hal yang sangat bagus sekali. Para anggota di ICMI itu bukan untuk mencari nafkah. Tapi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi organisasi menunjukkan tujuan ya salah satunya bersinergi dengan pemerintah. Ini sebuah hal yang sangat bagus sekali,” kata Gani.

Metropolitan

“Hari ini kita melaksanakan gerak jalan bersama antara TNI Polri, Kejaksaan dan kemudian teman-teman dari OKP OKP kemahasiswaan. Tentunya sesuai dengan temanya bahwa kita bersama-sama bergerak untuk persatuan dan tentunya kita harapkan bahwa dengan bersama-sama dan bersatu kita bisa membangun dan menjaga Indonesia untuk bisa lebih baik,” kata Kapolri dikutip bekasiguide.com pada Sabtu 22 Juni 2024.

Metropolitan

“Tugas utama kita setelah dilantik dalam waktu dekat itu kita akan mengadakan program kerja 100 hari ICMI kita Bekasi. Tadi kan ada tiga yang menjadi catatan ini stunting, SDM, ketahanan pangan ,dan pendidikan. Ini menjadi tugas kita supaya ini menjadi bisa percepatan menjelang indonesia emas 2045,” kata Inay saat diwawancarai media, Sabtu 22 Juni 2024.

Metropolitan

“Tentunya saya mendukung penuh hadirnya SIMODALINDAG. Bukan hanya sekadar aplikasi, melainkan kehadiran SIMODALINDAG merupakan sebuah komitmen nyata untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk mempermudah proses pengendalian industri dan perdagangan di Kota Bekasi untuk semakin berkembang maju,” ujar Gani Muhamad dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Sabtu 22 Juni 2024.