Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Peristiwa

Sejoli Pembuat Sekaligus Penjual Upal Ditangkap Polisi

×

Sejoli Pembuat Sekaligus Penjual Upal Ditangkap Polisi

Sebarkan artikel ini
Pasangan sejoli berinisial GP dan SP pembuat uang palsu di wilayah Kabupaten Bekasi ditangkap polisi.

Polres Metro Bekasi menangkap pasangan sejoli berinisial GP dan SP pembuat uang palsu (Upal) di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Penangkapan terhadap pasangan sejoli pembuat upal dilakukan di area SPBU Kaliungu, Desa Karang Raharja, kecamatan Cikarang Utara pada 01 Maret 2024 lalu sekira pukul 01:00 WIB.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya mengtakan kedua pelaku ini sengaja membuat uang palsu untuk dijual dan diedarkan melalui sosial media Facebook.

“Mereka membuat uang palsu untuk diedarkan atau dijual, untuk cara menjual atau marketing/pemasarannya mereka menggunakan media sosial facebook,” kata Kapolres Twedi saat konferensi pers di Mapolres Metro Bekasi, Selasa 19 Maret 2024.

Twedi menyatakan, berdasarkan pengakuan dari salah satu pelaku, ia belajar membuat uang palsu lewat video Youtube.

“Setelah didalami dari keterangan yang bersangkutan itu belajar otodidak tidak terkait adanya kelompok kelompok,” ungkapnya.

Diketahui, pelaku telah menjual sebanyak Rp100 juta uang palsu lewat media sosial Facebook ke masyarakat.

“Sampai saat dilakukannya penangkapan, mereka sudah sempat menjual sebanyak Rp100 juta nominalnya untuk uang palsu itu. Dihasilkannya 1 banding 5, betul jadi keuntungan mereka Rp20 juta,” tutupnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenakan pasal Pemalsuan mata uang dan kertas / pasal 36 jo pasal 26 ayat 1 dan ayat 3 uu ri no 7 tahun 2011 tentang mata uang sub pasal 244 dan 245 KUHP dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun.

Example 120x600
Peristiwa

“Awal mulanya kendaraaan sepeda motor Yamaha Mio B-4293-KXU yang dibawa oleh pengemudi yang berinisial RDS ini datang dari arah Utara (Sumarecon) menuju Selatan (Pekayon), setibanya di TKP sepeda motor Honda Vario B-3235-URC dikendarai Inisial NNF membawa penumpang inisial WT ditabrak dari belakang sehingga terjadilah kecelakaan,” kata Suwandi pada Sabtu 20 April 2024.

Peristiwa

“Saya barusan tanya ke Unit Laka Lantas yang menangani kejadian tadi pagi murni kecelakaan biasa bukan disebabkan karena balap liar, karena dilihat dari kedua sepeda motor yang terlibat kecelakaan masih standar, untuk lebih jelasnya silahkan untuk konfirmasi ke unit laka lantas agar jelas,” ungkap Kasat Samapta Kompol Imam Syafi’i kepada media pada Sabtu 20 April 2024.