Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Pendidikan

Kisah Sukses Diaspora Indonesia di Negeri Kanguru

×

Kisah Sukses Diaspora Indonesia di Negeri Kanguru

Sebarkan artikel ini

Diantara gemerlap kota Melbourne, Australia, terdapat sosok yang telah mengukir kisah suksesnya sebagai diaspora Indonesia. Namanya Raihan Adillah, atau akrab dipanggil Rai.

Lulus dari program studi diploma 3 di Universitas Bina Insani (BIU) pada tahun 2023, Rai kini meniti karier gemilang sebagai Asisten Manajer di salah satu perusahaan kosmetik di Melbourne.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Namun, kesuksesannya tidak membuat Rai berpuas diri. Ia memiliki mimpi yang lebih besar, yakni melanjutkan pendidikan ke jenjang strata 1 dan strata 2 di Swinburne University Melbourne.

Yang menarik, Rai tidak hanya mengandalkan beasiswa, namun juga membiayai pendidikannya sendiri. Keinginannya untuk terus belajar dan berkembang membawa Rai menuju pintu keberhasilan yang lebih tinggi.

Perjalanan Rai sejak mendarat di Australia tidaklah mudah. Namun, semangat dan motivasi untuk belajar bahasa Inggris serta kegigihannya dalam mengejar mimpi membuatnya berhasil melewati setiap rintangan.

Saat ini, Rai bahkan bermimpi untuk memperoleh status permanent resident di Australia, membuka pintu bagi lebih banyak mahasiswa dan lulusan BIU untuk meraih impian mereka di negeri ini.

Ia pun mengatakan, kesuksesan dirinya juga merupakan cerminan dari efektivitas Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia.

“Program ini memberikan kesempatan bagi anak bangsa yang memiliki potensi akademik tinggi, namun terkendala secara ekonomi untuk meraih mimpi mereka. Rai adalah bukti hidup bahwa dengan kesungguhan dan semangat pantang menyerah, setiap tantangan dapat diatasi,” ujar Rai, Jumat 1 Maret 2024.

Rai mengakui, dirinya juga memiliki harapan besar untuk saudaranya yang juga mahasiswa BIU melalui jalur KIP. Ia mengajak mereka untuk mengikuti jejaknya menuju kesuksesan sebagai diaspora di Australia.

“Dengan demikian, tidak hanya saya yang akan meraih impian besar, namun juga banyak lagi anak bangsa yang dapat mengukir prestasi gemilang di kancah internasional,” tegasnya.

Ia berharap kisah dirinya bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dan ia sudah membuktikan bahwa dengan tekad dan kerja keras, tak ada mimpi yang terlalu besar untuk dikejar.

“Semoga kisah saya ini bisa menjadi motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk selalu berani bermimpi dan berjuang untuk mewujudkannya,” harapnya.

Raihan Adillah, salah satu dari sekian banyak harapan masa depan bangsa untuk menjadi Lebih Besar, Lebih Baik, dan Lebih Tinggi. Bigger, Better Higher.

Example 120x600