Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Syaikhu Teladani Rasulullah SAW dalam Membangun Peradaban Kota

×

Syaikhu Teladani Rasulullah SAW dalam Membangun Peradaban Kota

Sebarkan artikel ini

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H. Ahmad Syaikhu meneladani Rasulullah SAW dalam membangun sebuah peradaban kota. Keteladanan Rasulullah SAW ia sampaikan dalam khutbah shalat jumat di Masjid Agung Al-Barkah, Kota Bekasi, Jumat (4/8/2023).

Saat bertindak sebagai khatib dalam sholat jumat, Mantan Wakil Wali Kota Bekasi ini menjabarkan empat poin keteladanan Rasulullah SAW, dalam membangun Kota Yatsrib atau sekarang Madinah.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Sebarluaskan kedamaian dan keselamatan, sehingga tidak ada gejolak atau bahkan sampai chaos,” kata Ahmad Syaikhu, memaparkan keteladanan Rasulullah yang pertama.

Ia menjelaskan, penyebaran kedamaian dan keselamatan tidak saja diserukan kepada umat muslim. Tetapi seruan ini disampaikan kepada seluruh umat manusia.

Meski pada saat itu Rasulullah tengah membangun Kota Yatsrib, tetapi seruan kedamaian disuarakan secara global. Artinya, tidak saja kepada penduduk Kota Yatsrib seruan kedamaian disampaikan.

“Membangun tatanan negeri sulit dilakukan seorang diri, sehingga perlu kolaborasi dan kebersamaan,” tukasnya.

Keteladanan yang kedua adalah memberi makan orang-orang yang kelaparan. Rasulullah, lanjutnya, menyebutkan bahwa orang yang kenyang tetapi membiarkan orang di sekelilingnya kelaparan maka dia bukanlah orang mukmin.

“Kita sebagai mukmin harus memperhatikan sekeliling kita. Jangan sampai ada yang kelaparan,” kata Ustad Syaikhu, sapaan akrabnya.

Selanjutnya yang ketiga, dalam membangun sebuah kota juga harus diperkokoh dengan tali silaturahim. Melalui silaturahim, setiap elemen masyarakat bisa mempersatukan hati dan kompak menuju satu tujuan yang sama.

Lebih dari itu, silaturahim juga sangat disukai oleh Allah SWT. Maka orang yang senang bersilaturahim akan dibukakan pintu rezeki dan dipanjangkan umurnya.

“Tidak ada polarisasi berkepanjangan jika dilakukan silaturahim. Bukan dengan olok-olokan,” jelas Ahmad Syaikhu.

Tiga poin ini dinilai Ustad Syaikhu sebagai pondasi yang penting dalam membangun peradaban sebuah kota. Di sisi lain ia menambahkan satu poin yang harus diingat oleh manusia sebagai hamba.

Sebagai makhluk yang lemah, manusia tidak boleh terlepas dari doa, dan bermunajat kepada Allah SWT. Maka poin keempat yang ia sampaikan adalah mendirikan shalat malam atau qiyamul lail.

“Shalatlah ketika yang lain sedang tidur atau qiyamul lail. Kita hidupkan bermunajat kepada Allah, mengadukan persoalan hidup kita kepada Allah.”

“Tidak ada sulitnya bagi Allah untuk memberikan jalan keluar kepada masalah yang pelik. Kalau Allah menghendaki ‘kun fayakun’ maka terjadilah. Sesulit apapun jangan pernah berputus-asa dari Rahmat Allah,” pungkasnya.

Usai menjadi khatib shalat jumat, Ahmad Syaikhu juga berkesempatan ziarah ke makam Pejuang Kemerdekaan M. Hasibuan, dan meninjau rumah warga Yang mendapat Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Sebanyak 19 rumah yang tidak layak huni (rutilahu) di wilayah Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, akan mendapatkan bantuan BSPS dari Pemerintah Pusat.

Turut mendampingi, Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara dan Kader Muda PKS, Deni Ardini. (bams)

Example 120x600
Metropolitan

“Alhamdulillah, kerja keras kita bersama untuk pembangunan Jalan Ciledug-Cikarageman sudah terealisasi oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, terimakasih pak Dani Ramdan yang sudah memperhatikan usulan warga,” ujarnya dikutip bekasiguide.com pada Minggu 23 Juni 2024.

Metropolitan

“Ya tentu ini sebuah hal yang sangat bagus sekali. Para anggota di ICMI itu bukan untuk mencari nafkah. Tapi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi organisasi menunjukkan tujuan ya salah satunya bersinergi dengan pemerintah. Ini sebuah hal yang sangat bagus sekali,” kata Gani.

Metropolitan

“Hari ini kita melaksanakan gerak jalan bersama antara TNI Polri, Kejaksaan dan kemudian teman-teman dari OKP OKP kemahasiswaan. Tentunya sesuai dengan temanya bahwa kita bersama-sama bergerak untuk persatuan dan tentunya kita harapkan bahwa dengan bersama-sama dan bersatu kita bisa membangun dan menjaga Indonesia untuk bisa lebih baik,” kata Kapolri dikutip bekasiguide.com pada Sabtu 22 Juni 2024.

Metropolitan

“Tugas utama kita setelah dilantik dalam waktu dekat itu kita akan mengadakan program kerja 100 hari ICMI kita Bekasi. Tadi kan ada tiga yang menjadi catatan ini stunting, SDM, ketahanan pangan ,dan pendidikan. Ini menjadi tugas kita supaya ini menjadi bisa percepatan menjelang indonesia emas 2045,” kata Inay saat diwawancarai media, Sabtu 22 Juni 2024.

Metropolitan

“Tentunya saya mendukung penuh hadirnya SIMODALINDAG. Bukan hanya sekadar aplikasi, melainkan kehadiran SIMODALINDAG merupakan sebuah komitmen nyata untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk mempermudah proses pengendalian industri dan perdagangan di Kota Bekasi untuk semakin berkembang maju,” ujar Gani Muhamad dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Sabtu 22 Juni 2024.