Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Pendidikan

Bentuk Karakter Siswa, SMP GPM School Luncurkan Program Jumat Karakter

×

Bentuk Karakter Siswa, SMP GPM School Luncurkan Program Jumat Karakter

Sebarkan artikel ini

Sebagai bentuk komitmennya terhadap pembentukan karakter siswa, SMP Global Persada Mandiri (GPM) School Kota Bekasi luncurkan program Jumat Karakter.

Kepala SMP GPM School Kota Bekasi, Maria Atik Kuncorowati menuturkan, program sekolah berupa Jumat Karakter ini, disesuaikan dengan penerapan kurikulum yang diterapkan di sekolah, yakni Kurikulum Merdeka Belajar.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Atik juga mengungkapkan, untuk Jumat Karakter sendiri, ada beberapa mata pelajaran khusus yang didapatkan oleh siswa SMP GPM School Kota Bekasi, seperti Pramuka, Religion Activity, Karakter Pancasila, Robotik, Coding dan Ekskul.

“Ada beberapa mata pelajaran yang kami ajarkan di Jumat Karakter dan hal ini sebagai nilai tambah bagi siswa dalam membentuk karakternya agar sesuai dengan profil pelajar Pancasila,” ulasnya, Jumat (28/7/2023).

Program yang sudah berjalan tahun ketiga ini, diikuti oleh seluruh siswa kelas 7-9 mulai pukul 07.00 WIB-14.30.WIB.

“Kegiatannya pembelajarannya dimulai sejak pagi hari hingga siang hari,” tambahnya singkat.

Sementara itu, Siska, salah seorang pengajar kerohanian Jumat Karakter mengatakan, selain mendapatkan materi pembelajaran pembentukan karakter siswa di sekolah, siswa juga diminta untuk mengimplementasikan apa yang mereka dapatkan didalam lingkungannya tempat tinggalnya sehari-hari.

“Siswa juga kami minta agar mereka bisa mengimplementasikannya juga didalam lingkungan tempat tinggal mereka,” ungkapnya.

Selain itu, Jumat Karakter tersebut juga masuk ke dalam penilaian para guru, sehingga hal-hal apa saja yang perlu dipertahankan dan hal-hal apa saja yang perlu dievaluasi.

“Ada aspek yang perlu dipertahankan serta aspek yang perlu dievaluasi dari Jumat Karakter ini, sehingga penerapannya tepat sasaran,” tegasnya.

Salah seorang siswa SMP GPM School Kota Bekasi, Fabby Novita Angie mengaku bersyukur dengan adanya pembelajaran Jumat Karakter tersebut.

Menurutnya, selain menambah wawasan para siswa, banyak hal positif yang bisa digali oleh siswa itu sendiri.

“Banyak hal positif dan bisa digali siswa, khususnya dalam hal menambah wawasan,” tutupnya. (sasongko)

Example 120x600
Pendidikan

Ricky juga aktif mengikuti berbagai lomba tingkat Kabupaten hingga Nasional. Dia pernah mengikuti Pelatihan Graphic Design dari MySkill, mengikuti lomba di tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Polda Metro jaya yaitu Graphic Design, diakhir mau menyelesaikan Sekolah nya di GPM, Tim Ricky berhasil menjadi MVP terbaik Pria dalam CGN Media Academi, dan Ricky juga aktif di sekolah sebagai MPK, juga dalam  pelayanan di gereja terutama bidang musik.