Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

PLN Cikarang Pasok Kebutuhan Listrik Data Center di Kabupaten Bekasi

×

PLN Cikarang Pasok Kebutuhan Listrik Data Center di Kabupaten Bekasi

Sebarkan artikel ini

CIKARANG- Pertumbuhan bisnis data center di Indonesia dan adanya pembangunan Government Cloud atau Pusat Data Nasional (PDN) untuk mendukung tata kelola data yang lebih mumpuni di sektor publik maupun dalam pelayanan pemerintahan berdampak pada meningkatnya pelanggan data center di wilayah kerja PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cikarang.

PT PLN (Persero) UP3 Cikarang saat ini telah melayani pelanggan data center atau pusat data dengan total daya sebesar 97.510 kVA. Pelanggan data center di wilayah PLN UP3 Cikarang diantaranya sembilan pelanggan terdaftar dengan total daya 55.940 kVA yang berada di wilayah Greenland International Industrial Center (GIIC) dan sisanya dua pelanggan terdaftar dengan daya 41.570 kVA berada di luar wilayah GIIC.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Manager PT PLN (Persero) UP3 Cikarang, Zamzami mengatakan, keandalan pasokan listrik sangat penting untuk mendukung kegiatan operasional pelanggan data center ini dan PLN siap memberikan dukungan kelistrikan bagi pelanggan data center ini.

“Wilayah Kabupaten Bekasi yang merupakan wilayah kerja PLN UP3 Cikarang adalah salah satu lokasi pembangunan Pusat Data Nasional (PDN), tentunya kami akan terus meningkatkan pelayanan kami, sebagai salah satu bentuk dukungan kami kepada program Pemerintah dalam pembangunan Pusat Data Nasional,” ujar Zamzami pada Rabu (21/06/2023).

Selain pasokan listrik yang andal, Zamzami mengatakan, PLN juga menghadirkan solusi berupa layanan REC PLN (Renewable Energy Certificate) bagi industri data center yang juga membutuhkan pasokan listrik berbasis energi bersih.

REC PLN merupakan produk kerja sama PLN dan Clean Energy Investment Accelerator (CEIA), yang merupakan bukti kepemilikan sertifikat berstandar internasional untuk produksi tenaga listrik yang dihasilkan dari pembangkit energi terbarukan.

“Melalui REC PLN, produk hasil pelaku usaha tersertifikasi memenuhi aspek keberlanjutan sesuai dengan implementasi environmental, social, and governance (ESG),” terang dia.

Sementara itu, pada kesempatan terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Susiana Mutia menyampaikan PLN terus berupaya menyediakan pasokan listrik dan andal kepada pelanggan.

“Berbagai upaya preventif dan korektif dilakukan PLN untuk menjaga kualitas pelayanan. Pihaknya juga siap bekerja sama dengan semua pihak untuk mendukung perkembangan usaha sehingga perekonomian masyarakat semakin berkembang,” tandasnya. (Bams)

Example 120x600
Ekbis

”PLN berkomitmen penuh mendukung kesuksesan pelaksanaan KTT WWF ke-10 tahun 2024. Dengan kerja sama yang solid dan kolaborasi semua lini, kami pastikan suplai kelistrikan berlangsung aman dan tanpa kedip, kami juga telah menerjunkan ratusan personil siaga yang dilengkapi peralatan lengkap guna menyukseskan penyelenggaraan ini demi kebanggaan dan nama baik Indonesia,” ujar Darmawan dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com pada Sabtu 25 Mei 2024.

Ekbis

“Pada awalnya, kita ketahui bahwa produksi dilakukan secara terpisah dan bertahap, yaitu mulai dari pembuatan Sol dasar sepatu yang diproduksi setiap harinya mencapai 4000 buah kemudian disimpan di gudang stock untuk diproses lebih lanjut sampai dengan jadi sepatu,” ujar Manager UP3 Bekasi, Donna Sinatra di Bekasi, Kamis 23 Mei 2024.

Ekbis

“Pelanggan bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih banner ‘PLN Mobile Proliga’ di halaman terdepan. Berikutnya simak informasi dan jadwal pertandingan, lalu klik ‘Beli Tiket Proliga’; kemudian pilih tanggal pertandingan, lalu pilih kategori tiket yang anda inginkan,” papar Donna dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Kamis 23 mei 2024.

Ekbis

”Kami ingin benar-benar memastikan pasokan listrik yang andal dan tanpa kedip untuk menyukseskan gelaran ini. Ajang ini menjadi kesempatan kami untuk turut menjaga nama baik Indonesia di mata dunia. Tentunya seluruh kesiapan layanan dari sisi infrastruktur kelistrikan dan kesiapan personel menjadi fokus kami,” kata Darmawan dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Rabu 22 Mei 2024.

Ekbis

“Kami berharap dengan pelaksanaan upacara ini dapat memperkuat rasa cinta kepada tanah air dan dapat memberikan tambahan motivasi untuk terus berkontribusi lebih baik dalam pembangunan bangsa, dalam hal ini sebagai pegawai PLN tentu dengan memberikan layanan kelistrikan terbaik kepada seluruh masyarakat,” kata Didi dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com pada Rabu 22 Mei 2024.