Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Politik

Mengenal Sosok Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi Tahapan Bambang Sutopo

×

Mengenal Sosok Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi Tahapan Bambang Sutopo

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi Tahapan Bambang Sutopo. (Pot: Istimewa)

BEKASI– Siapa yang menyangka karir politik seorang Tahapan Bambang Sutopo begitu moncer dalam kancah perpolitikan di Kota Bekasi. Saat ini Tahapan Bambang merupakan salah satu pimpinan DPRD Kota Bekasi periode 2019 – 2024.

Politisi dari Partai Gerindra ini merupakan sosok politisi kalem dan cerdas serta memiliki loyalitas yang tinggi terhadap partai dan juga masyarakat dalam hal ini konstituennya di daerah pemilihan Bekasi Utara secara khusus dan warga Kota Bekasi secara umum.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Saat berbincang, Tahapan sempat berbagi pengalaman sebelum dirinya menjadi abdi masyarakat di DPRD Kota Bekasi.

“Pendidikan saya mulai dari sekolah dasar sampai dengan lulus SMA itu di Boyolali Jawa Tengah,” ucap Tahapan Bambang saat berbagi cerita dengan awak media, Rabu (05/04/2023).

Jiwa kepemimpinan Tahapan Bambang sudah terbentuk sejak usia sekolah. Kedua sosok orang tuanya, merupakan orang yang menerapkan hidup disiplin serta membudayakan rasa tanggungjawab yang tinggi terhadap semua hal yang dikerjakan.

“Saya ingat pesan orang tua saya dulu, bahwa kita ini harus memiliki sifat mandiri dan memiliki rasa tanggungjawab terhadap apa yang kita kerjakan,” tukasnya.

Budaya disiplin dan mandiri ini dirasakan betul manfaatnya saat dirinya memulai karirnya baik dalam bekerja maupun berorganisasi.

Pria lulusan Kenotariatan Universitas Indonesia Tahun 2002-2003 ini menuturkan bahwa dirinya memiliki banyak pengalaman sebagai seorang advokat (konstultan hukum). Pekerjaan sebagai advokat dijalani Tahapan dalam kurun waktu tahun 1996 sampai dengan tahun 2014.

“Saya pun pernah menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, Akademi Kebidanan Sismadi dan juga Akademi Keperawatan Hukum. Semuanya saya emban sebelum saya menjadi Anggota dewan pertama kali di tahun 2014,” jelasnya.

Bukan hanya sebagai advokat dan dosen saja, pria berkumis tipis ini pun beberapa kali menjabat posisi strategis sebagai seorang direktur di Company Sismadi Group.

Dan menariknya, Tahapan kembali berbagi pengalaman bahwa dirinya pun pernah menjadi seorang jurnalis. Aktivitas kuli tinta yang dikerjakan Tahapan itu dilakukan Tahapan di sebuah tabloid.

“Dulu saya juga seorang wartawan mas, saya pernah menjadi jurnalis di tabloid berita aspirasi tepatnya di kurun waktu 2002 sampai dengan tahun 2008,” cerita Tahapan.

Melihat adanya panggilan hati untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat khususnya warga di Bekasi Utara, Tahapan akhirnya memutuskan maju menjadi Calon Legislatif di tahun 2014.

Dan di tahun pertamanya mengikuti kontestasi pemilihan di tahun 2014, Tahapan yang dikenal dekat dengan masyarakat ini akhirnya terpilih menjadi anggota DPRD Kota Bekasi dari Partai Gerindra.

“Saya ingin berbuat untuk masyarakat dan ingin berkontribusi dalam membangun Kota Bekasi melalui jalur legislatif. Dan Alhamdulillah atas ijin Allah, saya mendapatkan amanah masyarakat Bekasi Utara untuk duduk di DPRD Kota Bekasi,”tuturnya.

Di periode pertamanya menjadi anggota DPRD Kota Bekasi dari fraksi Gerindra, Tahapan Bambang langsung dipercaya partai besutan Prabowo Subianto ini menjadi Ketua Fraksi Gerindra periode 2014 – 2019.

Berhasil memenuhi ekspektasi dan harapan warga Bekasi Utara dengan merealisasikan aspirasi mereka, Tahapan yang kembali dipercaya partainya untuk menjadi Caleg DPRD Kota Bekasi untuk periode tahun 2019 – 2024 terpilih kembali dengan perolehan suara yang signifikan.

“Masyarakat kita sudah sangat cerdas dalam memilih sosok wakilnya di DPRD. Dan sebagai caleg incumbent saya hanya bisa merealisasikan apa yang menjadi keinginan masyarakat, dilalahnya dan atas ijin Allah lagi saya kembali diamanahkan menjadi anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019 – 2024,” papar Tahapan. (ADV SEKWAN)

Example 120x600