Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Antisipasi Bencana, Personil BPBD Siaga Tiap Kecamatan

×

Antisipasi Bencana, Personil BPBD Siaga Tiap Kecamatan

Sebarkan artikel ini

Menyusul prediksi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terkait dengan hujan ekstrem dan potensi badai dahsyat pada wilayah Jakarta, Bogor, Depok,Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada rabu 28 Desember 2022. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menyiagakan personel di seluruh kecamatan se-Kota Bekasi.

Kasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi Idham Khalid, mengatakan seluruh personel sudah diinformasikan untuk turun langsung pada setiap kecamatan bersiaga potensi bencana.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Tim wilayah per-Kecamatan sudah disiagakan,” kata Idham, saat dikonfirmasi, Rabu (28/12/2022).

Idham menyebut, pada setiap kecamatan terdapat lima orang personel BPBD yang bersiaga.

Meski demikian, dirinya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada terkait adanya kabar yang disampaikan oleh BRIN perihal badai dahsyat yang akan melanda wilayah Jabodetabek.

“Agar warga tetap tenang dan waspada menghadapi informasi tersebut,” kata Idham.

Idham juga menyarankan apabila terjadi hujan dan angin kencang, agar masyarakat tidak berteduh di bawah pohon maupun baliho besar.

“Jangan berteduh di bawah pohon, baliho serta underpas yang akan menyebabkan kemacetan apabila hujan dan disertai angin kencang,” tandasnya.

Sebelumnya, Ahli klimatologi di Pusat Iklim dan Atmosfer, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin, mengungkapkan bahwa pada Rabu (28/12/2022) wilayah Jabodetabek diprediksi akan terjadi cuaca ekstrem, dengan potensi banjir besar.

“Siapapun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022,” kata Erna dikutip Bekasiguide.com melalui akun Twitter @EYulihastin.

Erna menyebut, badai dahsyat terjadi dari laut yang berpindah ke darat melalui dua jalur, yakni dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari luar (westerly brust) dan dari utara melalui angin permukaan yang kuat (northerly, CENS).

Wilayah Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral hujan dan badai dahsyat tersebut. Dia menjelaskan, badai akan terjadi sejak siang hingga malam.

Example 120x600
Metropolitan

“Sangat mengapresiasi. Tentunya tema yang diusung menjadi isu yang sedang menjadi persoalan di daerah perkotaan. Terlebih dengan semangat kolaborasi ini, dapat menghasilkan buah pemikiran yang lebih baik lagi. Sehingga dapat diwujudkan tata kelola kota yang bagus yang dapat mencakup seluruh aspek pendukung untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas di Tahun 2045,” kata ASDA II Inayatullah, saat menghadiri gala dinner Rakorkomwil III APEKSI di Margo Hotel, Kota Depok, Jawa Barat dikutip bekasiguide.com, Jumat 17 Mei 2024.

Metropolitan

“Alhamdulillah sudah lima ekor kita beli. Nanti H-1 dikirim karna dari sini sudah diurus semua dari pakannya, vaksinnya, ongkirnya juga gratis jadi irit banget. Yang kita cari pertama dari bobot dan besarnya sapi kemudian diselaraskan dengan buget yang sudah Jemaah titipkan kepada kami,” ucap Wirjat di Cikarang Barat, Rabu 15 Mei 2024.

Metropolitan

“Saya menegaskan kepada seluruh aparatur kelurahan se-Rawalumbu untuk memberikan pelayanan KIA secara gratis tanpa ada pungutan kepada warga. Dan, wajib berikan pelayanan terbaik dan kemudahan dengan cepat,” ujar Yudistira dikutip bekasiguide.com pada Selasa 14 Mei 2024.