Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Ekbis

PLN Cibitung Respon Cepat Tindaklanjuti Aduan Masyarakat 

×

PLN Cibitung Respon Cepat Tindaklanjuti Aduan Masyarakat 

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi. (Ist)

CIKARANG- PLN ULP Cibitung menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya sambungan ilegal ke puluhan rumah di sebuah perumahan di Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Manajer PLN ULP Cibitung Slamet Widodo mengatakan, pihaknya menerima laporan pada Kamis pekan lalu. Laporan segera ditindaklanjuti dengan mendatangi ke lokasi yang diadukan. Hasilnya, kata dia, ada 56 rumah menggunakan listrik secara ilegal.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Dari 56 rumah, yang berpenghuni ada 32,” katanya dalam keterangan kepada bekasiguide.com pada Rabu (23/02/2022).

Hari itu juga, kata dia, sebanyak 14 sambungan ilegal ke rumah tak berpenghuni langsung diputus. Sementara untuk 32 rumah lainnya, pihaknya melakukan pendekatan secara persuasif.

“Kami sosialisasi dulu, musyawarah dulu sebelum mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan yang ada,” kata dia.

Hasil musyawarah pada Jumat, kata dia, disepakati bahwa jika sampai Senin, pihak pengembang tidak menyanggupi pemasangan baru, maka PLN akan memutus sambungan ilegal tersebut.

“Senin perwakilan pengembang datang, ada itikad baik untuk memasangkan sambungan kepada pembeli rumah, tapi terkendala dengan keuangan,” ucap dia.

Karena itu, PLN kembali ke lokasi, untuk melakukan penertiban. Kepada masyarakat difasilitasi untuk pasang baru dengan syarat membayar tagihan susulan atas pelanggarannya yaitu memakai listrik secara ilegal, kemudian membayar biaya pasang baru.

“Sebagian besar setuju,” ucap dia.

Sampai hari ini, kata dia, dari 32 rumah di sana sebanyak 24 telah memasang sambungan baru secara resmi. Sehingga rumahnya teraliri listrik secara legal. Adapun 8 pelanggan yang lainnya sudah dilakukan penertiban dengan pemutusan aliran listrik.

“Hari ini ada dua lagi menyatakan siap, untuk menyelesaikan terkait penyelesaian Pelanggaran,” kata dia.

Ia memastikan tidak ada petugas PLN yang memfasilitasi sambungan ilegal kepada masyarakat di sana.

Pihaknya juga menindaklanjuti permintaan pemindahan jalur distribusi dari gardu yang ada di perumahan sebelahnya.

“Distribusi dari gardu juga sudah kami pindahkan,” katanya. (ton)

Example 120x600
Ekbis

”Kami sangat mengapresiasi langkah sinergi ini, proses lanjutan dari salah satu produk olahan sampah menjadi biomassa ini tentunya akan memiliki peran ganda yang tidak hanya menangani problematika sampah tapi juga mampu menurunkan emisi di dua sisi, yaitu dari tumpukan sampah dan dari pengurangan porsi batu bara di PLTU,” ujar Iwan Agung, dikutip bekasiguide.com pada Rabu, 10 Juli 2024.

Ekbis

“Saat pemberian materi pembelajaran, tentu sudah kami sesuaikan mengikuti kemampuan dari anak-anak usia dini. Apalagi saat sesi pembelajaran, mereka sangat aktif dan antusias sekali meski kegiatannya kami lakukan secara indoor dan outdoor,” ucap Donna pada Rabu, 03 Juli 2024.