Kesejahteraan Masyarakat Jadi Prioritas di HUT ke 24 Kota Bekasi

Foto bersama Pimpinan DPRD Kota Bekasi dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono dalam perayaan HUT Kota Bekasi ke-24, Rabu (10/3/2021). Foto: (Ist)

BEKASI- Perayaan Hari Ulang Tahun ke-24 Kota Bekasi ditandai dengan rapat paipurna istimewa dengan tema ‘Kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan sejalan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi kreatif’.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kapasitas pelaku ekonomi dan tahapan pembangunan tahun 2022 yaitu peningkatan nilai tambah dan daya saing perekonomian melalui pembangunan industri kreatif relevan dengan komitmen Forkopimda salam pengendalian pandemi Covid 19, interaksi, sosial dan ekonomi.

Dalam rangkaian HUT ke-24 Kota Bekasi, Wali Kota Rahmat Effendi menjabarkan bahwa telah ada sejumlah rangkaian persiapan.

Diantaranya meresmikan Ground Breaking Pembangunan Sky Bridge LRT yang menghubungkan stasiun LRT di Bekasi Barat ke salah satu pusat perbelanjaan (REVO Town) yang merupakan program Corporate Social Responbility (CSR), Peresmian Layanan Penanganan Jantung, Vascular, dan Otak Terpadu di RSUD dr. Chasbullah Abdul Majid Kota Bekasi yang merupakan layanan dari kesehatan warga Kota Bekasi agar tidak jauh keluar kota dalam penanganan permasalahan kesehatannya.

Dipaparkan juga tiga keputusan penting dalam menghadapi Covid-19 oleh gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 di Kota Bekasi.

Tiga poin itu ialah manajemen teritorial cegah Covid-19 yang disebut mentor Covid-19. Dimaksud adalah pengendalian penyebaran Covid-19 berbasis tim wilayah secara partisipatif tiga pilar, relawan, dan tokoh masyarakat yang selalu melaporkan kegiatan rutinnya.

Selanjutnya menempatan blok Covid-19 di TPU Pedurenan Mustika Jaya. Rahmat menyebut segala kebutuhan pemakaman telah disiapkan dan peristiwa penolakan jenazah dapat terhindarkan dengan biaya gratis.

Kemudian soal penyediaan tempat rawat khusus di Stadion Patriot Candrabhaga sebagai penanganan pasien positif, dengan kapasitas dan sarana tersedia, dan tambahan fasilitas ruang rawat di RSUD CAM dan Rumah Sakit Type D disebut shleter C-19 Candrabhaga.

Dalam masa PPKM skala mikro pada saat ini, diatur kembali dalam tim wilayah 1, 2 dan 3 dalam melakukan penetrasi pengendalian pandemi Covid-19 hingga ke RT dan RW di Kelurahan. Proses Vaksinasi juga sudah berjalan di Kota Bekasi terutama pada tenaga kesehatan yang bekerja dalam penanganan Covid 19.

Kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Rahmat menyampaikan bahwa perkembangan di Kota Bekasi dari angka kesembuhan pasien mencapai 94,39 persen, angka kematian menurun menjadi 1,30 persen, dan angka kasus aktif berada di posisi 4,31 persen.

Disisi lain, Rahmat juga mengabarkab jika Pemerintah Kota Bekasi memiliki penghargaan pada tahun 2020, yakni Akuntabilitasi kinerja tahun 2019 kategori B dari Menpan RB RI. Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dengan skor 3,3686 dan status kinerja sangat tinggi berdasarkan LPPD dari Menteri Dalam Negeri RI.

Lainnya, juara pertama inovasi daerah dalam tatanan normal baru produktif dan aman Covid sektor pelayanan terpadu satu pintu dari Mendagri. Juara favorit inovasi daerah dan tatanan normal baru produktif aman Covid-19 dari Mendagri.

Opini wajar tanpa pengecualian untuk kelima kalinya yang dipertahankan Kota Bekasi. Kota peduli hak asasi manusia tahun 2019 dari Kemenkumham RI dan Penghargaan kota terinovatif, tahun 2020 dari Mendagri.

Kekinian, dalam HUT Kota Bekasi ke-24, terdapat 10 fasilitas, insfratruktur dan prasarana gedung yang diresmikan antara lain, Fasilitas layanan kesehatan RSUD dr. Chasbullah Abdul Majid yaitu Cathlab jantung anak, Neuro Intervensi, dan Poli Thalasemia.

Ground breaking pembangunan sky bridge LRT, Mal pelayanan Publik Grha H. Dudung T. Ruskandi, Gedung Lapas Bulak Kapal, Gedung Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Gedung Kementerian Agama Kota Bekasi, Gedung Polres Metro Bekasi, RSUD Type D Teluk Pucung Kecamatan Bekasi Utara, Sekolah Dasar Negeri Kalibaru dan Puskemas Jatikramat.

Dari penjabaran demikian, Rahmat menegaskan kepada seluruh aparatur untuk tetap menjalankan tugas pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan dengan memiliki tekad yang kuat dalam merealisasikan pembangunan yang sudah direncanakan dan juga komitmen terhadap perwujudan visi Kota Bekasi.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya mengucapakan rasa syukur pada ulang tahun Kota Bekasi ke 24 pada hari ini, usia yang bisa dibilang muda bisa dibilang sudah memasuki level dewasa.

Ia berharap Pemerintah Kota Bekasi agar selalu bersinergi dengan semua elemen di Kota Bekasi dan selalu mengedepankan demi terwujudnya Visi Misi Kota Bekasi hingga sampai pada akhir periode.

Uu mengingatkan dalam masa pandemi ini, koordinasi antar jajaran Forkopomida sangat penting yang harus terjalin, karena saling keterkaitan tersebut akan menjalankan roda Pemerintahan yang sangat berkualitas untuk sebuah pelayanan dan menanggapi keluhan warga, dibantu soslialisasi penegakkan Protokol Kesehatan yang diterapkan.

Selanjutnya, pemotongan tumpeng sebagai tanda ucapan syukur dalam HUT Kota Bekasi ke-24. Semua mendoakan yang terbaik untuk Kota Bekasi, agar selalu menjadi Kota yang harmonis dan terwujudnya visi misi.(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *