Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Pendidikan

Ubah Pola Pikir, PKBM Rajawali Bangkitkan Pendidikan di Masyarakat

×

Ubah Pola Pikir, PKBM Rajawali Bangkitkan Pendidikan di Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Pengurus PKBM Rajawali Jambi dan anak didik berpose bersama. (poto:ton)

JAMBI- Berawal aktif puluhan tahun di organisasi kepemudaan masyarakat tepatnya dalam wadah Karang Taruna dan aktif sebagai seorang pengacara yang cenderung menangani masalah sosial di lingkungan setempat, Tuti Wiarni Handayani memilih fokus mengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rajawali yang beralamat di Jalan KH Hasyim Ashari RT.21 No.55 Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

Tuti Wiarni Handayani selaku Pengelola PKBM Rajawali yang telah berdiri sejak 1999,  bercerita tentang latar belakang dibentuknya pusat belajar masyarakat yang muridnya kini mencapai 180 anak didik dari berbagai tingkatan.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Ada sesuatu yang menggerakan hati saya untuk mengembangkan pusat kegiatan belajar masyarakat, dengan latar belakang saya sebagai lulusan hukum namun ada yang membuat saya kurang sreg, pada akhirnya saya memilih untuk mengelola PKBM karena hati,” ujar Tuti kepada bekasiguide.com pada Sabtu (04/05).

Peserta anak didik di PKBM Rajawali Jambi sedang mengikuti proses belajar mengajar.

Tuti menjelaskan bahwa, awal berdiri PKBM Rajawali membentuk program pendidikan kejar Paket C dan B dengan jumlah murid tergolong sangat sedikit yakni 7 orang namun seiring berjalannya waktu PKBM Rajawali bertransformasi membangun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak Kanak (TK).

“Pada 2005 memulai PAUD, bantuan dari pemerintah seperti BOP dan APBD Provinsi Jambi, sekarang Jumlah murid total 180 orang, di tahun 2008 keyakinan masyarakat muncul dan mempercayakan 120 anak didik (paket B dan C serta KF), kami menerima akreditasi C di tahun 2016 dan PAUD KB terkareditasi B tahun 2016, jumlah murid PAUD KB 22 siswa dan pendidikan kejar paket A, B  dan C sekitar 70 siswa,” jelasnya.

Tuti juga menjabarkan motivasi PKBM Rajawali untuk mengentaskan buta pendidikan di daerahnya. Dimana dirinya beserta para guru di PKBM Rajawali selalu bersemangat untuk menyadarkan pola pikir masyarakat terkait belajar yang masih kurang. Bahkan, kata dia, kerap menemukan pola piker masyarakat yang ingin meminta jalan pintas tanpa menempuh belajar.

“Dari dulu saya sudah aktif bergerak turun ke masyarakat, guru kami ada 10 orang dan selalu memberikan penyadaran pentingnya pendidikan. Upaya kami jelas membangkitkan semangat bagaimana murid harus berbuat dan memberikan motivasi, berusaha merubah perilaku murid-murid, kami ajarkan kepada murid untuk tertib dengan cara memberikan mereka ruang untuk membuat peraturan yang mereka buat sendiri agar mereka bisa disiplin dan tertib mengatur diri mereka masing-masing,” ujarnya.

Tuti mengungkapkan, PKBM rajawali memiliki visi yakni mewujudkan lembaga pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam  ilmu pengetahuan, keterampilan dan taraf hidup.

“Sementara misi PKB adalah meningkatkan peran serta masyaakat dalam pembelajaran sejak usia dini sampai sepanjang hayat. Merangkul warga untuk senantiasa mau berbuat, berkreatifitas, dan bersikap positif, mendidik warga berjiwa wirausaha, mengembangkan potensi masyarakat dalam pembelajaran sehingga berdaya guna dan berhasil guna, menjadikan yang tak berharga menjadi berkualitas dan mewujudkan PKBM yang bermutu,” ungkapnya.

Sementara, berbicara soal dukungan dan support pemerintah pusat kepada kegiatan PKBM Rajawali, Tuti mengapresiasi gaung Direktorat Jenderal Kemendikbud PAUD dan DIKMAS akan pentingnya kehadiran PKBM – PKBM di daerah, khususnya daerah pelosok dan pedalaman sebagai cara untuk mencerdaskan bangsa.

“Hubungan pusat dan daerah sangat baik, banyak prestasi yang telah kami dapatkan di tingkat nasional juga, jadi kami seringkali berkomunikasi untuk membangun pendidikan yang lebih baik di Kota Jambi. Sosialisasi dan gaung PKBM tidak merata, dinas harus membackup kegiatan PKBM dan bersinergi untuk membentuk citra Provinsi Jambi yang serius dalam mengentaskan masalah pendidikan di lapangan,” tegas Tuti. (tnc)

Prestasi PKBM Rajawali:

  1. Juara III PKBM berprestasi Tingkat Provinsi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi 200
  2. 2. Juara I Pengelola PKBM SKB Kota Jambi 2009
  3. 3. juara I Pengelola PKBM Dinas Pendidikan Kt Jambi 2009
  4. 4. Juara Favorit Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan Berprestasi dari Direktorat Pendidikan Kesetaraan Ditjen PNFI Depdiknas di Malang 2009
  5. 5. Juara II Tutor Keaksaraan tingkat Provinsi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi HAI Tingkat Provinsi 2009
  6. 6. Juara I BKB Kemasyarakatan PKK Kota Jambi HKG PKK 2009
  7. Juara II Cerdas Cermat Paket B dari Kemendiknas pada Gebyar Prestasi Peserta Didik di Bandung 2010
  8. 8. Juara I Pengelola PKBM tingkat Kota Jambi dari Dinas Pendidikan Kota Jambi pada Gebyar PTK PAUDNI 2014
  9. 9. Juara II Pengelola LKP tingkat Kota dari Dinas Pendidikan Kota Jambi pada Gebyar PTK PAUDNI 2014
  10. 10. Juara I Pengelola PKBM tingkat Provinsi Jambi dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi 2014
  11. 11. Peserta Pengelola PKBM tingkat Nasional oleh Kemendikbud pada gebyar PTK PAUDNI dI Bandung 2014
  12. 12. Juara III Kelompok BKB tingkat Kota Jambi dari BKKBN Kota Jambi 2015
  13. 13. Juara I Kader BKB tingkat Kota dari BKKBN Kota Jambi 2015
  14. 1 Juara III Kader BKB tingkat Provinsi Jambi dari BKKBN Provinsi Jambi 2015
  15. 15. Juara I Pengelola PKBM Tingkat Kota Jambi dari Dinas Pendidikan Kota Jambi pada Apresiasi GTK PAUD & DIKMAS 2016
  16. 1 Nominasi Pengelola PKBM Nasional dari Kemendikbud pada Apresiasi GTK PAUD & DIKMAS dI Palu 2016
  17. 1 Juara I Kelompok BKB tingkat Kota Jambi dari BKKBN Kota Jambi 2016
  18. 1 Juara I Kader BKB tingkat Kota Jambi dari BKKBN Kota Jambi 2016
  19. Juara III Kelompok BKB tingkatProvinsi Jambi dari BKKBN Provinsi Jambi 2016
  20. 2 Juara V Kader BKB tingkat Nasional dari BKKBN Nasional 2016
  21. 23. Juara I Tutor paket C tingkat Kota Jambi dari Dinas Pendidian Kota Jambi pada Apresiasi GTK PAUD & DIKMAS 2017

Profile PKBM  Rajawali :

Nama  : PKBM  RAJAWALI

Tahun Berdiri : 01 Mei 1999

Nomor dan Tanggal Izin Operasional : SK. Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayan Perizinan Terpadu Nomor : 420/57/BPMPPT/2016

Nomor dan Tanggal Akta Notaris : No. 02, Tanggal 01 Mei 2007

Nama dan Nomor Rekening Bank PKBM : BRI  Cabang Jambi No. Rekening 0020-01-032083-50-5

NPWP  PKBM : 02.652.812.5 – 331.000

Alamat PKBM : Jl. KH. Hasyim Asyari RT. 21 No.55, Desa/Kel.  Rajawali, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Provinsi Jambi, kode pos. 36143.

Telepon :  085224047348

E-mail.tutiwh66@gmail.com

Example 120x600