Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Dishub Identifikasi Persoalan Kondusivitas Jelang Arus Mudik di Terminal Induk Bekasi

×

Dishub Identifikasi Persoalan Kondusivitas Jelang Arus Mudik di Terminal Induk Bekasi

Sebarkan artikel ini
Terminal Induk Bekasi. (poto:istimewa)

BEKASI TIMUR- Sejumlah persoalan yang berpotensi menghambat kondusivitas mudik lebaran teridentifikasi di Terminal Induk Bekasi. Permasalahan krusial adalah terbatasnya kapasitas daerah lingkungan kerja untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

“Yang jadi persoalan lainnya adalah lahan parkir bagi kendaraan pengantar pemudik di terminal,” demikian dikatakan Kadishub Kota Bekasi Yayan Yuliana, Rabu (06/06).

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Yayan mengatakan, lahan terminal ideal yang dibutuhkan untuk mengatasi persoalan itu minimal seluas 5 hektare. Namun, saat ini lahan yang tersedia baru sekitar 1,3 hektare.

Menurutnya, situasi itu membuat area terminal hanya mampu menampung bus dan angkutan umum saja. Sehingga, kendaraan pribadi pengantar terlantar di sekitar Jalan Cut Meutia.

Selain itu, persoalan berikutnya adalah terbatasnya ruang tunggu penumpang di Terminal Induk Kota Bekasi, sehingga bila terjadi keterlambatan kedatangan bus berpotensi menyebabkan penumpukan penumpang.

“Fanatisme penumpang terhadap Perusahaan Otobus (PO) tertentu mengakibatkan penumpukan penumpang pada trayek-trayek tertentu. Situasi itu juga bisa memicu potensi pelanggaran terhadap tarif angkutan Lebaran,” katanya.

Lebih lanjut, Yayan mengatakan, penumpukan penumpang juga bisa memicu kemacetan di pintu masuk dan pintu keluar terminal induk.

“Untuk pintu keluar disebabkan hambatan samping oleh pedagang yang berjualan di ruas Jalan H Juanda di sekitar pintu keluar terminal,” tandas dia. (bk)

Example 120x600
Metropolitan

“Popda ini ajang pembibitan, karena salah satu basis prestasi olahraga kita itu yakni atlet pelajar di tingkat SD, SMP maupun SMA. Disitulah kita kita akan menemukan dan menentukan bibit bibit atlet masa depan,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan dikutip bekasiguide.com pada Rabu, 24 Juli 2024.

Metropolitan

“Kita saat ini sedang mengajukan izin untuk penerbitan Peraturan Bupati mengenai SOP terintegrasi. Draftnya sudah jadi tapi kan karna saya PJ setiap Peraturan Bupati harus ada izin mendagri dulu, nah ini sedang dievaluasi oleh mendagri,” kata Dani Ramdan di Cikarang Pusat, Rabu, 24 Juli 2024.

Metropolitan

“Ya, kita menggerakkan seluruh RT di seluruh Kabupaten Bekasi pada 26-27 Juli nanti untuk melakukan bersih-bersih kampung. Kalau semua RT bisa bergerak, diperkirakan jumlahnya bisa lebih dari satu juta orang, dan ini bisa memecahkan Rekor Muri,” kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan dikutip bekasiguide.com, Selasa, 23 Juli 2024.

Metropolitan

“Selamat datang di lembaga pendidikan dan pelatihan Polri, ini adalah tempat para peserta sekalian akan menimba ilmu dan akan dilatih selama 5 bulan kedepan untuk menjadi Insan Bhayangkara yang profesional bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik. Keberhasilan yang telah saudara dapatkan saat ini merupakan berkah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta hasil dari perjuangan panjang melalui ketekunan dan kesungguhan yang juga tentunya tidak lepas dari doa serta dukungan orang tua dan keluarga,”Ujar Wakapolda Metro Jaya.