Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Politik

PDI Perjuangan Kab. Bekasi Gelar TOT Pelatih Saksi

×

PDI Perjuangan Kab. Bekasi Gelar TOT Pelatih Saksi

Sebarkan artikel ini
Kepala BSPN Cabang Kabupaten Bekasi Nyumarno memberikan materi dalam agenda training of trainer (TOT) di ballroom hotel Batiqa Jababeka, Sabtu (07/04).
Kepala BSPN Cabang Kabupaten Bekasi Nyumarno memberikan materi dalam agenda training of trainer (TOT) di ballroom hotel Batiqa Jababeka, Sabtu (07/04).

JABABEKA- DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi dan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) menggelar Training Of Trainer (TOT) Pelatih Saksi se-Kabupaten Bekasi, Sabtu (07/04) di Ballroom Hotel Batiqa Jababeka. TOT Pelatih Saksi diikuti sekitar 130 Orang terdiri 69 orang Ketua, Sekretaris dan Bendahara PAC Partai, 46 orang pengurus BSPN Cabang Kabupaten Bekasi, dan 15 personil kamar hitung BSPN Cabang.

Nyumarno selaku Kepala BSPN Cabang Kabupaten Bekasi mengatakan, tujuan diadakannya TOT untuk menyiapkan pelatih – pelatih saksi yang nantinya akan melakukan road show ke kecamatan-kecamatan melatih saksi TPS. Materi yang diberikan, lanjut dia, Regu Penggerak Pemilih (Gurakhlih), materi simulasi TPS, Advokasi C1, Deteksi Dini, Pemetaan Politik dan Survey Sederhana, serta materi Penghubung Partai, POD dan RTL.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Disamping itu dalam TOT juga diberikan pengetahuan soal regulasi regulasi dan aturan Pilkada dari UU sampai dengan peraturan KPU,” jelas Nyumarno kepada bekasiguide.com, Sabtu (07/04).

Nyumarno menjelaskan, nantinya kerja awal Pelatih Saksi secara sederhana ini yakni mengadvokasi warga yang belum masuk Daftar Pemilih, agar saat penetapan daftar pemilih tetap (DPT), masyarakat sudah bisa masuk dalam daftar pemilih di Pilkada sehingga bisa menggunakan hak pilihnya. “Kemudian, setelah itu rekan PAC membentuk Gurakhlih bersama BP Pemilu dan BSPN cabang, selanjutnya mempersiapkan gerakan door to door untuk memenangkan Hasanah dalam Pilgub Jabar 2018,” kata Nyumarno yang juga Bendahara DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi.

“Tugas lainnya, mengorganisir saksi, mengawal dan mengamankan suara yang merupakan tugas berat saksi. Maka agenda TOT menjadi hal penting dan menjadi fokus dirinya selaku Kepala BSPN Cabang,” pungkas Nyumarno.

Senada dengan itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi Soleman, menambahkan, selaku Ketua DPC Partai dirinya memberikan apresiasi kepada KSB PAC dan BSPN atas terselenggaranya agenda TOT, dan ini menjadi kebanggaan segenap pengurus KSB PAC yang sudah hadir.

Rangkaian kegiatan TOT Pelatih Saksi, menjadi tugas partai, jadi wajib hukumnya, kata dia, dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Apalagi, Saksi adalah ujung tombak pemenangan, jika menang di TPS. “Tanpa ada pengawalan dan pengamanan suara, maka kita bisa dicurangi,” tegas dia.

Ia mengungkapkan, dalam waktu dekat, beragam kegiatan juga akan dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi. Dari konsolidasi internal ditingkat DPC, PAC, Ranting sampai dengan anak ranting partai. “Semua anggota Fraksi dan Pengurus DPC Partai harus All Out memenangkan Hasanah di wilayahnya, tanpa kecuali. TOT Pelatih Saksi ini merupakan bagian dari agenda Pemenangan Partai,” tandas dia.

Sekadar diinformasikan, selain BSPN Daerah sebagai pemateri TOT Pelatih Saksi, hadir juga Anggota DPR RI dari Dapil Jabar VII Daniel Lumbuan Tobing, Ketua BP PEMILU DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi Yaya Ropandi, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Aep Saepulrohman, dan Usup Supriatna pengurus DPC PDI Peejuangan Kabupaten Bekasi. (BK)

Example 120x600
Politik

“Sebanyak 117.622 suara yang disertai dengan fotocopi KTP warga Kota Bekasi yang harus diserahkan ke kami sebagai bentuk dukungan maju dari jalur perorangan,” jelas Ali saat ditemui di kantornya, Selasa 23 April 2024.

Politik

“Urbanisasi itu ‘kan aktivitas rutin tiap tahun. Dan itu merupakan salah satu hak warga negara Indonesia untuk bisa tinggal dimana pun, salah satunya Kota Bekasi. Kita tidak bisa dan tidak boleh mencegah itu,” ujar Syaifuddaulah kepada awak media, Jumat 19 April 2024.