Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Dinas LH Kerap OTT Warga yang Buang Sampah Sembarangan

×

Dinas LH Kerap OTT Warga yang Buang Sampah Sembarangan

Sebarkan artikel ini
Ngobrol Santai Rukun Jurnalis Bekasi dengan tema "Kota Layak Lingkungan" pada Jumat, (27/10) malam di Hutan Kota Alun-Alun Bekasi.

BEKASI- Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Lutfi mengungkapkan sulitnya menyadarkan masyarakat terhadap kebersihan dan keasrian, terutama permasalahan sampah rumah tangga yang kerap kali mengganggu kehidupan. Hal tersebut disampaikan saat menjadi pembicara di acara Ngobrol Santai Rukun Jurnalis Bekasi dengan tema “Kota Layak Lingkungan” pada Jumat, (27/10) malam di Hutan Kota Alun-Alun Bekasi.

“Pengendalian lingkungan terutama masalah air, udara serta sampah yang ada di Kota Bekasi, dan hingga sekarang banyak sekali masyarakat yang belum membudayakan peduli dengan sampah, terutama sampah rumah tangga,” ujarnya.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Jumhana juga menyatakan bahwa masih sering terlihat masyarakat yang kerap membuang sampah rumah tangga sembarangan diakibatkan oleh minimnya tempat pembuangan sementara yang sedianya ditempatkan di setiap Kelurahan atau Kecamatan.

“Sebenarnya ini masalah pola pandang terhadap sampah, mensosialisasikan hidup bersih pun jika memang perilakunya menolak untuk bersih, ya tidak akan bisa,”

“Saat kami mencoba untuk menempatkan TPS dekat dengan pemukiman sejak tahun 1998 silam, seringkali muncul perdebatan yang menolak karena dekat dengan pemukiman, maka dari itu sekarang ini pengangkatan sampah dilakukan jemput bola ke rumah-rumah dan hal tersebut cukup memakan waktu dan tenaga,” tambah Jumhana Lutfi.

Dinas Lingkungan Hidup, kata Lutfi juga sering melakukan Operasi Tangkap Tangan terhadap para warga bandel yang sering membuang sampah sembarangan dan tidak mengindahkan rambu larangan.

“OTT sampah kami lakukan agar masyarakat tertib dan membuat peduli terhadap sampah yang dibuangnya,”

“Kami juga tidak segan membuat jera pelaku dengan mengenakan pasal Tindak pidana ringan dengan ancaman hukuman kurungan,” tegasnya. (BK)

Example 120x600
Metropolitan

“Popda ini ajang pembibitan, karena salah satu basis prestasi olahraga kita itu yakni atlet pelajar di tingkat SD, SMP maupun SMA. Disitulah kita kita akan menemukan dan menentukan bibit bibit atlet masa depan,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan dikutip bekasiguide.com pada Rabu, 24 Juli 2024.

Metropolitan

“Kita saat ini sedang mengajukan izin untuk penerbitan Peraturan Bupati mengenai SOP terintegrasi. Draftnya sudah jadi tapi kan karna saya PJ setiap Peraturan Bupati harus ada izin mendagri dulu, nah ini sedang dievaluasi oleh mendagri,” kata Dani Ramdan di Cikarang Pusat, Rabu, 24 Juli 2024.

Metropolitan

“Ya, kita menggerakkan seluruh RT di seluruh Kabupaten Bekasi pada 26-27 Juli nanti untuk melakukan bersih-bersih kampung. Kalau semua RT bisa bergerak, diperkirakan jumlahnya bisa lebih dari satu juta orang, dan ini bisa memecahkan Rekor Muri,” kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan dikutip bekasiguide.com, Selasa, 23 Juli 2024.

Metropolitan

“Selamat datang di lembaga pendidikan dan pelatihan Polri, ini adalah tempat para peserta sekalian akan menimba ilmu dan akan dilatih selama 5 bulan kedepan untuk menjadi Insan Bhayangkara yang profesional bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik. Keberhasilan yang telah saudara dapatkan saat ini merupakan berkah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta hasil dari perjuangan panjang melalui ketekunan dan kesungguhan yang juga tentunya tidak lepas dari doa serta dukungan orang tua dan keluarga,”Ujar Wakapolda Metro Jaya.