Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Esai

Nak, Kamu Hebat!

×

Nak, Kamu Hebat!

Sebarkan artikel ini
Muhammad Affan (kiri)

SENIN jam masih menunjukkan pukul 21.00WIB, belum begitu malam, ketika telepon dari pesantren anak saya berdering. “Telepon ke rumah aja, ayah lagi rapat qurban,” kata saya ke anak.

Tapi. Ternyata pesan kali ini tak seperti biasanya. Lain. “Affan ngasi tahu, dia sudah selesai setoran terakhir langsung ke guru. Sekarang harus takrir, persiapan dia simakan 30 juz nya,” bunyi WA dari rumah.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Deg. Tak butuh lama air mata kemudian menggenang. Tak ada kata yang bisa kami ucapkan. Ya Allah, alhamdulillah.

Tepat lima tahun lalu kamu si bontotku ini masuk pesantren tahfidz di Babelan. Awal Juni 2019, selepas lulus SD langsung ke pesantreni. Saat ini akhir Mei, kamu mengabarkan pencapaian.

Perjuangan lima tahunmu mencapai puncak. Saat awal masuk, Juz 30 pun kamu tak hafal. Sekarang kok malah sudah hafal 30 juz. Hafal Alqran. Anak seusiamu, biasanya hobi main hape.

Sebelum Ramadhan kemarin, dapat informasi kamu baru selesai setoran juz 27. Setelah Ramadhan dan baru masuk sebulan, eh kamu menyampaikan khabar sudah selesai. Ini berarti kamu ngebut sebulan dapat dua juz, ya nak?

Kami lalu melangitkan doa, agar semua berjalan lancar. Dan pasti, berdoa, agar guru mendapat balasan yang berlipat ganda.

Saat sambangan kemarin, kami memelukmu lebih erat. Menumpahkan airmata. Doa kami, agar diberi kelancaran dan Allah selalu memberi bimbingan dan pertolonganNya.

“Kamu hebat nak. Selamat ya.”

Oleh : Chotim Wibowo (Pimred Bekasiguide.com)

Example 120x600
Esai

Sebuah penelitian berjudul “The Role of Internet User Characteristics and Motives in Explaining Three Dimensions of Internet Addiction” yang dilakukan oleh Junghyun Kim danPaul M. Haridakis dari Kent State University menyatakan bahwa seseorang dapat disebut sebagai pengguna berat internat adalah mereka yang menghabiskan waktunya lebih dari 194 menit (kurang lebih 3 jam) dalam sehari untuk mengakses internet.

Esai

“Bu, saya sudah sampai di tanah suci, nih. Seperti do’a mu dulu. Saya juga masih membawa recehan real yang kamu titipkan ke saya untuk dibelanjakan di sini,” rintih saya ke almarhumah ibu. (alfatehah).

Esai

Banyak yang menganggap kondisi ini dapat memicu Perang Dunia 3. Dampak memanasnya kondisi geopolitik dunia juga berpotensi memberikan imbas buruk ke 14 negara di dunia.

Esai

Hari Jumat memiliki sejarah termat panjang dalam peradaban manusia. Bahkan, pada zaman jahiliah di negeri Arab, mereka juga mengkhususkan hari Jumat. Tapi mereka merayakannya sebagai hari Al-Arubah, hari menebar kasih sayang.