Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

FKUB Kota Bekasi Tegaskan Dana Hibah Di Audit Lembaga Independen

×

FKUB Kota Bekasi Tegaskan Dana Hibah Di Audit Lembaga Independen

Sebarkan artikel ini
Ketua FKUB Kota Bekasi, Abdul Manan. (poto: Istimewa)

Kinerja Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi tengah disorot soal penggunaan danah hibah.

Menanggapi hal itu, Ketua FKUB Kota Bekasi, Abdul Manan akhirnya angkat bicara terkait transparansi penggunaan dana hibah yang yang saat ini ramai diberitakan disejumlah media.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Abdul Manan menyatakan bahwa dana hibah yang masuk ke lembaganya digunakan untuk program-program FKUB.

“Dana itu kita pergunakan dengan baik, seperti sosialisasi ke sekolah, Kecamatan, tokoh-tokoh lintas agama dan membentuk Perwala (Persatuan Wanita Lintas Agama) serta banyak lainnya,” kata Abdul Manan, Senin, 18 September 2023.

Terpisah, Sekretaris FKUB Kota Bekasi, Khasnul Kholid Pasaribu mengatakan, dana hibah yang diterima FKUB setiap tahun selalu ada laporan pertanggungjawaban dan diaudit oleh lembaga independen.

“Jadi, laporan dan audit tersebut dinyatakan baik dan kita laporkan ke Pemerintah Daerah,” terangnya.

“Pemda pun selalu menerima dari hasil audit independen itu. Ini bukan audit Pemda ataupun audit kami (FKUB), tapi audit independen setiap tahun. Tahun kemarin juga terlaksana dengan baik,” tambah Khasnul Kholid Pasaribu.

Ia pun menegaskan, semuanya keuangan-keuangan hibah dari Pemda, FKUB selalu melaksanakan dengan program-program yang riil dan nyata.

“Di Indonesia kita rangking 3. Dan raihan itu bukan main-main dan itu sebuah prestasi. Apalagi tahun ini kita sedang memperlancar program, di FKUB kita punya 14 butir program,” terang Khasnul.

Lebih jauh, Khasnul menjelaskan, FKUB Kota Bekasi punya program-program yang nyata. Ada sebanyak 14 butir program dilaksanakan oleh lembaganya dan kegiatan yang menggunakan dana hibah itu telah dilakukan audit.

“Saya nanti mempersilakan siapa pun untuk datang ke kantor FKUB, nanti akan saya presentasikan program-program kami dengan anggaran seperti itu telah diaudit dan terlaksana. Kami siap mempertanggungjawabkan itu, karena kita diaudit,” terang dia.

“Bahkan anggaran tersebut tidak semena-mena Pemda berikan. Kita melalui tiga tahap untuk mempresentasikan kepada Kesbangpol, BPKAD dan Inspektorat. Per triwulan kita selalu diperiksa, disamping itu kita juga ada audit independen,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia berharap kepada semua pihak untuk membantu program-program FKUB di Kota Bekasi. FKUB selalu mensosialisasikan ke masyarakat bagaimana mengerti kehidupan beragama.

“Kami berharap kepada masyarakat membantu kami agar Kota Bekasi menjadi nomor 1 (kerukunan) di Indonesia. Prestasi nomor 3 sudah luar biasa, dulu orang gak kenal dengan FKUB. Makanya kita punya tema Modernisasi Beragama, ini ada di RPMN tentang isu bagaimana cara masyarakat agar mengerti Modernisasi Beragama dan itu menjadi tugas FKUB,” tutupnya. (sasongko)

Example 120x600
Metropolitan

“Popda ini ajang pembibitan, karena salah satu basis prestasi olahraga kita itu yakni atlet pelajar di tingkat SD, SMP maupun SMA. Disitulah kita kita akan menemukan dan menentukan bibit bibit atlet masa depan,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan dikutip bekasiguide.com pada Rabu, 24 Juli 2024.

Metropolitan

“Kita saat ini sedang mengajukan izin untuk penerbitan Peraturan Bupati mengenai SOP terintegrasi. Draftnya sudah jadi tapi kan karna saya PJ setiap Peraturan Bupati harus ada izin mendagri dulu, nah ini sedang dievaluasi oleh mendagri,” kata Dani Ramdan di Cikarang Pusat, Rabu, 24 Juli 2024.

Metropolitan

“Ya, kita menggerakkan seluruh RT di seluruh Kabupaten Bekasi pada 26-27 Juli nanti untuk melakukan bersih-bersih kampung. Kalau semua RT bisa bergerak, diperkirakan jumlahnya bisa lebih dari satu juta orang, dan ini bisa memecahkan Rekor Muri,” kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan dikutip bekasiguide.com, Selasa, 23 Juli 2024.

Metropolitan

“Selamat datang di lembaga pendidikan dan pelatihan Polri, ini adalah tempat para peserta sekalian akan menimba ilmu dan akan dilatih selama 5 bulan kedepan untuk menjadi Insan Bhayangkara yang profesional bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik. Keberhasilan yang telah saudara dapatkan saat ini merupakan berkah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta hasil dari perjuangan panjang melalui ketekunan dan kesungguhan yang juga tentunya tidak lepas dari doa serta dukungan orang tua dan keluarga,”Ujar Wakapolda Metro Jaya.