Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Pendidikan

Terapkan KUKIS, SMP GPM Bekasi Bentuk Karakter Belajar Mandiri Siswa

×

Terapkan KUKIS, SMP GPM Bekasi Bentuk Karakter Belajar Mandiri Siswa

Sebarkan artikel ini

Sebagai bentuk penerapan katakter serta pengimplementasian dari kurikulum sekolah, SMP GPM School Kota Bekasi terapkan Kelas Kunjung Inspiratif (KUKIS) bagi siswanya.

Salah seorang tenaga pendidik SMP GPM School Kota Bekasi, Oke Setiawan menuturkan, KUKIS ini merupakan proses pembelajaran terhadap siswa yang menuntut siswa untuk menjadikan proses pembelajaran di luar kelas sebagai salah satu inspirasi belajar mereka.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Kami mengambil nara sumber dari luar sekolah yang bisa dijadikan sebagai sarana inspirasi belajar siswa,” terangnya, Kamis (24/8/2023).

Dijelaskannya pula, seperti proses pembelajaran media sosial (Medsos). Disini siswa SMP GPM School Kota Bekasi diajak untuk bijak bermedsos dan dipergunakan sebagai salah sarana edukasi bagi mereka.

“Seperti KUKIS media sosial yang diberikan kepada siswa kelas 7-9 di SMP GPM School Kota Bekasi. Mereka diedukasi untuk bijak bermedsos serta sebagai salah satu proses pembelajaran. Jadi, intinya bermedos yang positif dan beretika untuk belajar, bukan sebaliknya,” ujarnya.

Pada kegiatan Kelas Kunjung Inspiratif tersebut, para siswa juga mendapatkan pembelajaran tentang sex education, kepemimpinan, pembentukan karakter siswa serta pembelajaran lainnya yang disesuaikan dengan usia serta tingkatan sekolah mereka.

Dengan menghadrikan nara sumber dari luar lingkungan sekolah, ia berharap KUKIS ini bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi siswa SMP GPM School Kota Bekasi.

“Ada banyak tema pembelajaran inspiratif yang bisa didapatkan oleh siswa, karena nara sumbernya juga memberikan proses pembelajaran yang inspiratif dan disesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah,” katanya.

Semetara itu, Fabby Novita Enji, salah seorang siswi SMP GPM School Kota Bekasi mengatakan, ada banyak pembelajaran inspiratif yang didapatkan melalui program KUKIS ini.

Selain proses belajarnya yang menarik, nara sumber yang dihadirkannya pun juga mempermudah ia dan teman-temannya memahami pembelajaran yang didapatkannya.

“Sangat-sangat menarik dan proses belajarnya juga sangat menyenangkan. Jadi, memberikan inspirasi belajar bagi saya dan teman-teman,” jelasnya tersenyum.

Pada kesempatan tersebut, Fabby berharap agar kedepannya KUKIS tersebut bisa dikemas dengan beberapa permainan didalamnya, sehingga lebih menarik dan lebih menyenangkan lagi. (Sasongko)

Example 120x600