Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Disdik Kota Bekasi Tanggapi Video Viral Anak Melapor Ke Presiden

×

Disdik Kota Bekasi Tanggapi Video Viral Anak Melapor Ke Presiden

Sebarkan artikel ini
Kantor Dinas Pendidikan Kota Bekasi. (poto:Istimewa)

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pendidikan Kota Bekasi merespon video yang tengah viral memperlihatkan seorang anak yang melaporkan teman-teman seusianya tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMP di Bantargebang kepada Presiden Joko Widodo.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Uu Saeful Mikdar mengatakan video tersebut merupakan kepedulian siswa, warga Kota Bekasi terhadap teman-temannya dan ia sangat mengapresiasi.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Pemkot Bekasi juga berharap seluruh lulusan SD di 12 Kecamatan juga dapat melanjutkan sekolahnya di SMP Negeri maupun SMP Swasta.

Khusus untuk lulusan Siswa SD se-Kecamatan Bantargebang berjumlah 1638 anak dengan persentase kelulusan 100 persen dari total 26 SD terdiri dari 17 SD Negeri dan 9 SD Swasta. Sementara daya tampung sekolah SD Negeri berjumlah 1083 siswa kelas 7 yang telah masuk di SMP 27, 31, 49 dan USB 59 serta yang bersekolah di 7 SMP Swasta yang berada di Kecamatan Bantargebang.

“Jadi kalau melihat data diatas rasanya kurang tepat apabila ada ribuan siswa tamatan SD di Bantar gebang yang tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMP,” ucap Kadisdik Kota Bekasi, Uu Saeful Mikdar dalam keterangan resminya dikutip dari Humas Pemkot Bekasi pada Senin (24/7/2023).

Selain itu ia menjelaskan, karena daya tampung SMP negeri yang terbatas, bagi siswa yang lainnya bisa bersekolah di SMP Swasta dengan bantuan dari Pemerintah.

Pemkot Bekasi memiliki tiga program yang dapat disalurkan untuk pembiayaan pendidikan di sekolah swasta yakni dari Bantuan Operasional Sekolah Pusat (BOSP) dari dana APBN, BOSDA dana APBD Pemkot Bekasi dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari APBD Pemkot Bekasi.

Selain itu terdapat bantuan Beasiswa Banduan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada siswa SMPS Bantargebang Rp. 2.400.000/siswa/tahun.

“Ini merupakan tambahan khusus untuk siswa kurang mampu di Bantargebang melalui bantuan DKI,” ucapnya.

Adapun rinciannya Hak siswa di SMP Swasta di Kota Bekasi:
1. BOSP [APBN] : 1.190.000 / tahun
2. BOSDA [APBD]: 25.000 /Siswa /bulan
3. BSM [APBD] : 150.000/siswa/Bulan

Seperti yang telah dirilis Humas Kota Bekasi, berjudul Cegah Putus Sekolah, Pemkot Bekasi Hadirkan Pendidikan Gratis Pada Sekolah Swasta pada Sabtu, 15 Juli 2023, juga menjelaskan rincian bantuan Pemkot Bekasi tersebut.

“Artinya jika di gabung, biaya sekolah di swasta per bulan sudah dapat subsidi sekitar 275.000 per bulan. Dinas Pendidikan saat ini sudah kerjasama dengan 109 sekolah swasta untuk dapat menampung siswa yang tidak lolos di sekolah negeri,” tambah Kadisdik Kota Bekasi Uu Saeful Mikdar.

Info lebih lanjut pendaftaran bisa di akses di link berikut:
bit.ly/SiapSekolahDiKotaBekasi

Example 120x600
Metropolitan

“Adanya Kantor Kas di area lingkungan kantor Wali Kota ini diharap terus berupaya meningkatkan nasabah dan memberikan pelayanan lebih dekat dan cepat serta memberikan kenyamanan bagi para nasabah,” kata Gani.

Metropolitan

“Dengan adanya gerai pelayanan publik ini mudah-mudahan dapat membantu masyarakat Kabupaten Bekasi untuk mendapatkan pelayanan administrasi yang dibutuhkan dengan lebih efektif dan efisien serta memenuhi kepuasan masyarakat sekaligus sambil belanja dengan suasana yang nyaman di Aeon Mall,” kata Suhup usai meresmikan Gerai Pelayanan Publik di Aeon Mall Deltamas, Cikarang Pusat, Selasa 21 Mei 2024.

Metropolitan

“Kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru kemajuan teknologi yang menjadi penanda zaman baru kemudian teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini dimana inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia dalam berbagai aspek kehidupan,” ungkap Gani Muhamad dikutip bekasiguide.com pada Selasa 21 Mei 2024.