Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Buruh Masih Libur Lebaran, May Day di Bekasi Diundur

×

Buruh Masih Libur Lebaran, May Day di Bekasi Diundur

Sebarkan artikel ini
may day. (Image : Istimewa)

Tanggal 1 Mei kerap diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau May Day. Namun tahun ini, May Day di Kota Bekasi akan digelar minggu depan pada Sabtu (6/05/2023).

Diundurnya pelaksanaan May Day di Kota Bekasi berdasarkan hasil kesepakatan serikat pekerja, karena beberapa buruh masih ada yang menikmati cuti lebaran 1444 H.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Kami telah menyepakati bahwa tanggal 06 Mei 2023 akan berkumpul di Alun Alun Kota Bekasi ,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Ika Indah Yarti, Sabtu (29/04/2023.

Menurut Ika, demi menjaga kondusivitas saat May Day berlangsung, pihaknya akan selalu melibatkan berbagai pihak utamanya pihak keamanan.

“Peringatan besar ini Pemerintah Kota Bekasi akan melibatkan sinergitas bersama Polres Metro Bekasi Kota dan Kodim 0507 Bekasi untuk menjaga suasana aman dan damai saat melakukan aksi hari buruh bagi pekerja,” ucapnya..

Dikatakan Ika, pada setiap May Day yang selalu dibahas oleh para pekerja tak jau dari soal kesejahteraan bagi buruh.

“Untuk usulan kenaikan UMK tahun 2024, akan mengikuti regulasi yang berlaku tapi tentunya pemerintah Kota Bekasi akan tetap menyampaikan aspirasi buruh kepada Gubernur Jawa Barat dan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia,” kata dia.

Diketahui Kota Bekasi berada di posisi kedua dengan besaran UMK sebesar Rp. 5.158.248,20 dibawah dari Kabupaten Karawang dengan nilai besaran Rp. 5.176.179,07. (Mae)

Example 120x600
Metropolitan

“Salah Satu upaya kita untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dalam hal ini pekerja perempuan adalah melakukan program tes IVA. Jika perempuan bekerja maka dia tetap memiliki hak untuk melakukan reproduksi seperti ketika dia menyusui maka perusahaan harus menyiapkan tempat laktasi,” ucap Ida Fauziyah saat mengunjungi memantau tes IVA di PT Indofood, Cikarang Barat, Rabu 19 Juni 2024.

Metropolitan

“Saya sedang membuat prodak sistem pelaporan pencegahan atau prodak gratifikasi pungli. Jadi prodak ini kita akan scan barcode, jadi kalau ada laporannya disitu akan masuk. Kejadiannya kapan, dimana dan jam berapa. Jadi para supir bisa melaporkan ke situ,” kata Johan, Rabu 19 Juni 2024.