Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Disperindag Kabupaten Bekasi Sosialisasikan Indonesia National Single Window

×

Disperindag Kabupaten Bekasi Sosialisasikan Indonesia National Single Window

Sebarkan artikel ini

BEKASI- Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi terus melakukan upaya penyampaian informasi kepada pelaku eksportir mengenai Indonesia National Single Window (INSW) di Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Perdagangan dan Metrologi Legal, Mulyadi mengatakan INSW merupakan sistem nasional Indonesia yang memungkinkan dilakukannya suatu penyampaian data dan informasi secara tunggal, pemrosesan data dan informasi secara tunggal dan sinkron, pembuatan keputusan secara tunggal untuk pemberian izin kepabean dan pengeluaran barang.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Sistem ini kan memudahkan ya, cara kerjanya sistem INSW menampung semua data base perijinan berdasarkan peraturan dari instansi teknis (GA-govemment Agency) meliputi larangan dan batasan,” katanya kepada Bekasiguide.com, (Selasa 25/11/2019).

Menurut Mulyadi, Kabupaten Bekasi merupakan salah satu kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, sehingga sebagai dinas terkait terus melakukan upaya penyampaian informasi ataupun regulasi kepada pelaku usaha eksportir.

“Pemberian materi dilakukan kepada sekitar 120 orang, ini secara continue (berkelanjutan),” ucapnya.

Dikatakan Mulyadi, penerapan sistem NSW melalui penyediaan portal INSW, akan membawa Indonesia khususnya di Kabupaten Bekasi menuju otomasi sistem pelayanan publik yang terintegrasi, guna mewujudkan ‘reformasi layanan publik di bidang Ekspor-impor’.

“INSW banyak membantu proses trading (perdagangan) di Indonesia sehingga semua proses trading (perdagangan) dapat diawasi dan dimonitor oleh pihak-pihak yang berkepentingan,” ujarnya.

Ia barapan bagi eksportir yang mengikuti kegiatan tersebut agar lebih meningkatkan pengetahuan atau pemahaman Eksportir tentang INSW.

Penerapan sistem NSW lebih lanjut dikatakan Mulyadi, dapat meningkatkan kecepatan penyelesaian proses ekspor-impor melalui peningkatan efektifitas dan kinerja sistem layanan yang terintegrasi, meminimalisasi waktu dan biaya yang diperlukan dalam penanganan lalulintas barang ekspor – impor.

Selain itu juga dapat meningkatkan validitas dan akurasi data dan informasi serta meningkatkan daya saing perekonomian nasional dan mendorong masuknya investasi. (Lis)

Example 120x600
Metropolitan

“Kegiatan tersebut berlangsung Minggu depan, diharapkan masyarakat Sukatani untuk menghadiri kegiatan MTQ, termasuk gelaran pawai ta’aruf,” ungkapnya usai kegiatan Halal Bihalal di Aula Kantor Kecamatan Sukatani pada Kamis 18 April 2024.

Metropolitan

“Setelah merayakan lebaran bersama keluarga, dan memanfaatkan libur lebaran cukup panjang, ayo kembali semangat bekerja melayani masyarakat. Laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, selesaikan segala pekerjaan dengan baik dan tetap sesuai dengan ketentuan,” harap Gani Muhamad dikutip bekasiguide.com pada Kamis 18 April 2024.

Metropolitan

“Kebetulan orang terlantar tanpa identitas itu ‘kan awalnya sakit, kemudian kita bawa ke RSUD, dan ternyata meninggal dunia. Sampai meninggal pun identitasnya tidak diketahui, jadi kami urus makamnya sampai selesai karena itu merupakan tugas kami,” ujar Alex dikutip bekasiguide.com pada Rabu 17 April 2024.

Metropolitan

“Kita menginformasikan kepada seluruh tokoh bahwa dalam waktu dekat mulai 27 April-5 Mei 2024 ya, kita akan menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat, tentu ini perlu dukungan semua pihak, agar berjalan sukses dan lancar,” ungkapnya dikutip bekasiguide.com pada Rabu 17 April 2024.