Minggu, Januari 29, 2023
BerandaMetropolitanMenhub Resmikan Stasiun Telaga Murni Bekasi

Menhub Resmikan Stasiun Telaga Murni Bekasi

-

BEKASI- Stasiun Telaga Murni yang terletak di Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, setelah melewati masa Uji Coba selama tiga bulan lebih akhirnya diresmikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Selasa (13/08) sore.

Budi mengatakan stasiunTelaga Murni merupakan yang pertama dibangun berkat kerja sama antara pemerintah dengan swasta dalam hal ini PT Fajarputera Dinasti pengembang kawasan Perumahan Metland Cibitung, dimana Pemerintah Kabupaten Bekasi sebagai penggagas pembangunan.

“Metland merupakan yang pertama kerja sama dalam pengembangan moda trasportasi kereta api,” katanya.

Sebelum diresmikan, Menhub dari Jakarta menggunakan KRL Commuterline dan sempat melihat fasilitas di Stasiun Telaga Murni Cibitung. Stasiun ini secara fasilitas hampir sama dengan stasiun KRL lain, bedanya adalah pembangunan stasiun dilakukan seluruhnya oleh swasta.

“Semoga ini bisa meningkatkan pelayanan transportasi untuk warga Bekasi, jika sebelumnya penumpang KRL naik dari atau ke stasiun Cibitung atau Cikarang Kota sekarang sudah dekat tidak perlu waktu lama menuju stasiun langsung ke Jakarta,” katanya.

Berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Telaga Murni tercatat dari Mei sebanyak 36.408, Juni 44.423, dan Juli sebanyak 55.555 orang setiap harinya.

“Trend peningkatannya naik drastis, jadi kami berharap masyarakat Cikarang beralih ke moda transportasi ini,” katanya lagi.

Stasiun Telaga Murni dibangun di atas lahan 2.051 meter persegi dan luas bangunan 2.630 meter persegi. Stasiun ini memiliki panjang peron mencapai 260 meter yang mampu menampung 12 rangkaian kereta. Pembangunannya sudah dikerjakan sejak 2015 dan rampung pada 2018.

Uji coba operasional telah dilakukan sejak 18 Mei 2019 untuk melayani penumpang KRL di sekitar stasiun. Proses peresmian juga ditandai dengan penandatangan serah terima hibah yang dilakukan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri dengan Wakil Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk, Anhar Sudradjat.

Dari hasil uji coba, Stasiun Telaga Murni dinyatakan laik operasi dan siap diresmikan. Sebagai informasi, pembangunan Stasiun Telaga Murni merupakan tindak lanjut Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dan PT Fajarputera Dinasti pada tahun 2014. (bams)

Related articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
3,684PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
spot_img

Latest posts