Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Sektor Pajak Reklame Jalan Tol Berpotensi Rugikan Pendapatan Asli Daerah

×

Sektor Pajak Reklame Jalan Tol Berpotensi Rugikan Pendapatan Asli Daerah

Sebarkan artikel ini
Papan Reklame di Jalan Tol. (Ilustrasi)

BEKASI- Iklan perumahan dan perusahan jasa yang terpampang di Jalan Tol Cikampek – Bekasi Timur, Kota Bekasi ternyata banyak yang sudah habis masa izin berlakunya. Akibatnya, pendapatan daerah menjadi berkurang dan cenderung mengalami potensi kerugian.

“Iya, memang ini menjadi kelemahan kami. Tapi sekarang sudah masuk tahap pembenahan sistem. Soalnya masa izin penyelenggaraan iklan itu berlaku selama 1 tahun,” kata Kasi Reklame, Dinas PUPR Kota Bekasi, Mustono kepada awak media, Senin (28/08).

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Menurut dia, sedikitnya ada 6.168 titik dari 8.600 izin reklame yang keluar pada 2016 dengan total pendapatan mencapai Rp36 milyar. Namun memasuki 2017, pendapatan daerah hanya 19 persen atau Rp16.5 milyar dengan total 3007 reklame yang mendapat izin.

“Tapi kan semua ini harus dihitung juga dengan pengerjaan tol di sepanjang Cikampek yang sedang berlangsung. Kebanyakan pengusaha merasa rugi karena iklannya tertutup begitu saja. Dampaknya pendapatan daerah jadi rugi,” katanya.

Mustono mengatakan, pihaknya belum bisa menjelaskan rinci soal jumlah total untung rugi akibat adanya proyek pengerjaan jalan. Namun, ia memastikan, data itu segera dikumpulkan dalam waktu dekat.

“Kita masih terus memeriksa berkas. Jadi Apabila ada yang belum diperpanjang akan kita kirim surat pemberitahuan,” katanya.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Kota Bekasi, Komarudin menambahkan, pihaknya bakal mengkaji penyebab kerugian yang dialami Pemkot Bekasi pada sektor reklame. Termasuk dari dampak pembangunan yang tengah berlangsung di Tol Jakarta – Cikampek.

“Akan kami pelajari dulu penyebab kerugiannya, kami akan membantu sekaligus memberikan masukan-masukan bersama teman-teman Komisi III DPRD,” tandasnya. (BK)

Example 120x600
Metropolitan

“Salah Satu upaya kita untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dalam hal ini pekerja perempuan adalah melakukan program tes IVA. Jika perempuan bekerja maka dia tetap memiliki hak untuk melakukan reproduksi seperti ketika dia menyusui maka perusahaan harus menyiapkan tempat laktasi,” ucap Ida Fauziyah saat mengunjungi memantau tes IVA di PT Indofood, Cikarang Barat, Rabu 19 Juni 2024.

Metropolitan

“Saya sedang membuat prodak sistem pelaporan pencegahan atau prodak gratifikasi pungli. Jadi prodak ini kita akan scan barcode, jadi kalau ada laporannya disitu akan masuk. Kejadiannya kapan, dimana dan jam berapa. Jadi para supir bisa melaporkan ke situ,” kata Johan, Rabu 19 Juni 2024.