Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

SPKLU PLN Sukses Layani Pemudik Pakai Kendaraan Listrik

×

SPKLU PLN Sukses Layani Pemudik Pakai Kendaraan Listrik

Sebarkan artikel ini

JAKARTA- PT PLN (Persero) memastikan seluruh sistem kelistrikan di Indonesia aman melewati hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. PLN terus melakukan siaga kelistrikan demi menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakat di hari yang Fitri.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, bahwa seluruh sistem kelistrikan dalam kondisi andal saat melewati hari pertama Idul Fitri 1445H.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Kami bersyukur malam takbiran hingga saat hari raya Idul Fitri secara nasional seluruh sistem kelistrikan dalam kondisi aman, sehingga hari raya bisa dilalui dengan penuh kehangatan bersama keluarga,” ucap Darmawan dalam keterangan resminya yang diterima redaksi pada Sabtu 20 April 2024.

PLN mencatat daya mampu secara nasional sebesar 51 ribu megawatt (MW) dengan beban puncak pada hari raya Idul Fitri sebesar 31 ribu MW, masih terdapat cadangan daya sebesar 20 ribu MW.

Dalam menjaga keandalan pasokan listrik, mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, hingga layanan pelanggan pada masa siaga ini secara khusus PLN menerjunkan lebih dari 81 ribu personel yang betugas di 2.766 posko di seluruh titik vital kelistrikan dan pusat kegiatan publik.

Para personel tersebut dilengkapi dengan 1.731 unit genset, 735 unit Uninteruptible Power Supply (UPS), 1.206 Unit Gardu Bergerak (UGB), 188 Unit Kabel Bergerak (UKB)/Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB), 19 unit Trafo Mobile, 33 unit Emergency Restoration System (ERS), 395 unit crane, 3.756 unit mobil operasional dan 3.318 sepeda motor operasional.

Selama masa arus mudik, PLN juga memastikan seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU) yang telah tersedia di seluruh rest area mampu melayani kebutuhan pengguna kendaraan listrik. Menghadapi mudik tahun ini, PLN menyiapkan 1.299 SPKLU tersebar di 879 lokasi, siap melayani pengguna kendaraan listrik di seluruh Indonesia.

Penggunaan SPKLU pada periode mudik kali ini meningkat sangat signifikan dibandingkan periode mudik tahun lalu. Dari sisi jumlah transaksi dan konsumsi daya pada periode arus mudik tahun 2024 ini meningkat 5 kali lipat dibandingkan periode arus mudik tahun 2023.

“Artinya apa? Kendaraan listrik kini diminati untuk melakukan perjalanan mudik. Masyarakat sudah yakin bahwa mudik menggunakan kendaraan listrik aman dan nyaman,” kata Darmawan.

Dari sisi layanan pelanggan, PLN memastikan pelayanan pelanggan tetap berjalan normal selama 24 Jam. Segala fitur kebutuhan dan keluhan pelanggan terkait kelistrikan bisa masyarakat akses melalui PLN Mobile.

“Kami mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat berkumpul bersama keluarga tercinta. Dan kembali juga nantinya tetap berhati-hati dalam perjalanan. Seluruh Insan PLN akan terus bersiaga hingga berakhirnya hari libur Idul Fitri 1445 Hijriah,” tutup Darmawan.

Example 120x600
Metropolitan

“Sangat mengapresiasi. Tentunya tema yang diusung menjadi isu yang sedang menjadi persoalan di daerah perkotaan. Terlebih dengan semangat kolaborasi ini, dapat menghasilkan buah pemikiran yang lebih baik lagi. Sehingga dapat diwujudkan tata kelola kota yang bagus yang dapat mencakup seluruh aspek pendukung untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas di Tahun 2045,” kata ASDA II Inayatullah, saat menghadiri gala dinner Rakorkomwil III APEKSI di Margo Hotel, Kota Depok, Jawa Barat dikutip bekasiguide.com, Jumat 17 Mei 2024.

Metropolitan

“Alhamdulillah sudah lima ekor kita beli. Nanti H-1 dikirim karna dari sini sudah diurus semua dari pakannya, vaksinnya, ongkirnya juga gratis jadi irit banget. Yang kita cari pertama dari bobot dan besarnya sapi kemudian diselaraskan dengan buget yang sudah Jemaah titipkan kepada kami,” ucap Wirjat di Cikarang Barat, Rabu 15 Mei 2024.

Metropolitan

“Saya menegaskan kepada seluruh aparatur kelurahan se-Rawalumbu untuk memberikan pelayanan KIA secara gratis tanpa ada pungutan kepada warga. Dan, wajib berikan pelayanan terbaik dan kemudahan dengan cepat,” ujar Yudistira dikutip bekasiguide.com pada Selasa 14 Mei 2024.