Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim 0507 Bekasi Bangun Urban Farming

×

Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodim 0507 Bekasi Bangun Urban Farming

Sebarkan artikel ini

Kodim 0507 Bekasi membentuk kawasan Urban Farming di Lantai 5 Rooftop Gedung Makodim 0507 Bekasi, Jalan Veteran, Marga Jaya Bekasi Selatan Kota Bekasi.

Dandim 0507 Bekasi, Kolonel (Arm) Rico Sirait mengatakan kawasan Farming ini dibangun berdasarkan insiatif dan arahan dari Pangdam Jaya Mayor Jenderal Muhammad Hasan dalam rangka untuk membantu ketahanan pangan di tingkat Nasional.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Kawasan ini merupakan inisiatif dari Pangdam Jayakarta Mayjen Muhammad Hasan untuk membantu ketahanan pangan di level Nasional karena lahan yang terbatas sehingga akhirnya memanfaatkan Rooftop yang ada di bangunan-bangunan yang ada di sekitar kita,” jelasnya, Kamis 14 Maret 2024.

Dalam konsep Urban Farming ini, prajurit melakukan kegiatan yaitu menanam tanaman seperti sawi hidroponik, cabai, dan tomat. Kemudian, membuat peternakan ayam petelur dan melakukan Budidaya Ikan.

“Ini rooftop nya digunakan untuk kawasan urban farming sehingga saya buat sedemikian rupa ada peternakan ayam petelur, kemudian ada hidroponik, tanaman pokcay, cabai tomat dan ada perikanan ikan nila,” jelasnya.

Nantinya, hasil panen yang dihasilkan dari kegiatan Urban Farming ini bisa digunakan dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka sehari-hari.

“Kalo untuk hasil panen seperti telur dan ikan itu kita jual ke koperasi dengan harga yang lebih murah dari pasar, nanti dibeli oleh anggota sendiri. Sedangkan kalo sayuran itu untuk ibu-ibu persit jadi mereka bisa mendapatkan manfaat juga dari urban farming ini,” jelasnya.

Dandim berharap, kawasan Urban Farming ini bisa menjadi sarana pembelajaran bagi para prajurit yang ingin bidang pertanian. Selain itu, pengetahuan tentang pertanian dan budidaya ikan bisa mereka salurkan ke masyarakat.

“Harapannya ini bisa menjadi pembelajaran dan laboratorium bagi para babinsa dan saya. Jadi sebelum mereka melakukan pendampingan ke masyarakat di wilayahnya masing-masing mereka bisa belajar bertani disini dulu,” tutupnya.

Example 120x600
Metropolitan

“Kepada pemudik jangan khawatir karena ketersediaan SPKLU sudah banyak dan dipastikan agar pemudik dapat mengakses SPKLU dengan mudah dan nyaman di SPKLU Rest Area ataupun SPKLU di Unit Layanan Pelanggan”, ungkap Zamzami selaku Manager PLN Cikarang pada Senin 15 April 2024.

Metropolitan

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat sebesar 51,77% jika dibandingkan lalin normal (dari 684.610 kendaraan). Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalin ini lebih tinggi sebesar 6,70% (dari 973.804 kendaraan).