Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Tips Aman PLN Bekasi Menggunakan Listrik di Musim Hujan

×

Tips Aman PLN Bekasi Menggunakan Listrik di Musim Hujan

Sebarkan artikel ini
Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi, Redi Zusanto

BEKASI- Musim penghujan telah tiba. PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bekasi memberikan tips aman dalam menggunakan listrik saat musim hujan kepada Masyarakat pelanggan.

Manager PLN UP3 Bekasi, Redi Zusanto mengatakan, saat ini sudah memasuki musim penghujan. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan tak jarang disertai angin. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan, khususnya saat hujan disertai angin kencang yang berpotensi banjir.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“Kita mengajak masyarakat selalu memperhatikan instalasi listrik di sekitar rumah dan di lingkungan sekitarnya, juga seluruh peralatan elektronik, agar dalam keadaan baik atau tidak berpotensi bahaya listrik,” katanya dalam keterangan resminya pada Jumat 19 Januari 2024.

Redi menuturkan, agar masyarakat aman menggunakan listrik saat musim penghujan, langkah pertama yang harus dilakukan segera matikan listrik melalui Miniature Circuit Breaker (MCB) kWh Meter jika air mulai memasuki rumah atau ada kebocoran air yang mendekati aliran listrik. Sebab air merupakan salah satu penghantar listrik sehingga berbahaya jika dibiarkan bersentuhan dengan aliran listrik.

“Selanjutnya, jika air mulai memasuki rumah atau ada kebocoran air yang mendekati aliran listrik, cabut peralatan elektronik dari stop kontak, kemudian segera pidahkan ke tempat yang aman dan tidak terjangkau air. Namun sebelumnya pastikan kedua tangan atau tubuh dalam kondisi kering,” jelasnya.

Langkah berikutnya, kata Redi, bila kondisi hujan deras atau banjir dan masyarakat sedang beraktivitas di luar rumah, gunakan alat pengaman diri seperti sepatu boots anti air atau safety shoes.

“Langkah ini agar masyarakat terhindar dari kemungkinan tersetrum listrik akibat arus listrik yang bocor dari bagian bawah,” terang dia.

Redi juga mengimbau kepada pelanggan untuk melakukan antisipasi kerusakan dan kebocoran instalasi dengan melakukan peremajaan atau pembaharuan instalasi di bangunan atau rumah. Dengan begitu, kata dia, dapat mengurangi potensi bahaya listrik saat hujan dari sisi instalasi pelanggan.

“Saat kondisi banjir atau imbas cuaca ekstrim, PLN terpaksa melakukan penghentian aliran listrik sementara untuk menghindari kerusakan pada jaringan listrik lebih luas atau menghindari bangunan atau masyarakat tersengat aliran listrik,” katanya.

“Selain itu, masyarakat juga bisa lapor melalui berbagai sarana yang telah kami sediakan antara lain aplikasi PLN Mobile, Contact Center PLN 123 atau menghubungi kantor PLN terdekat,” imbuh Redi.

Lebih lanjut, Redi mengatakan, setelah banjir surut, PLN akan menyalakan kembali aliran listrik dengan persetujuan dari perwakilan pengurus warga. Sebelumnya, PLN akan memastikan seluruh jaringan listrik di rumah-rumah warga sudah kering dan siap untuk dialiri listrik.

“Sebagai langkah antisipatif, kami juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki pohon di dekat jaringan PLN agar mau merelakan untuk dipangkas atau dirabas sehingga meminimalisir potensi gangguan listrik saat cuaca ekstrem berlangsung,” pungkasnya.

Senada dengan itu, General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia juga mengimbau pada pelanggan dan masyarakat pada umumnya untuk tetap waspada dan menggunakan listrik dengan aman pada kondisi cuaca ekstrem seperti sekarang ini.

“Pertama, pastikan instalasi listrik di rumah dalam kondisi baik dan aman. Selanjutnya, jika menemukan potensi yang dapat mengganggu suplai listrik seperti angin kencang yang dapat menyebabkan pohon tumbang atau air banjir yang semakin meninggi dan bisa merendam gardu listrik, masyarakat bisa melaporkannya melalui PLN Mobile,” ujarnya.

Adapun aplikasi PLN Mobile tersebut dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store pada gadget milik pelanggan

Example 120x600
Metropolitan

“Popda ini ajang pembibitan, karena salah satu basis prestasi olahraga kita itu yakni atlet pelajar di tingkat SD, SMP maupun SMA. Disitulah kita kita akan menemukan dan menentukan bibit bibit atlet masa depan,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan dikutip bekasiguide.com pada Rabu, 24 Juli 2024.

Metropolitan

“Kita saat ini sedang mengajukan izin untuk penerbitan Peraturan Bupati mengenai SOP terintegrasi. Draftnya sudah jadi tapi kan karna saya PJ setiap Peraturan Bupati harus ada izin mendagri dulu, nah ini sedang dievaluasi oleh mendagri,” kata Dani Ramdan di Cikarang Pusat, Rabu, 24 Juli 2024.

Metropolitan

“Ya, kita menggerakkan seluruh RT di seluruh Kabupaten Bekasi pada 26-27 Juli nanti untuk melakukan bersih-bersih kampung. Kalau semua RT bisa bergerak, diperkirakan jumlahnya bisa lebih dari satu juta orang, dan ini bisa memecahkan Rekor Muri,” kata Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan dikutip bekasiguide.com, Selasa, 23 Juli 2024.

Metropolitan

“Selamat datang di lembaga pendidikan dan pelatihan Polri, ini adalah tempat para peserta sekalian akan menimba ilmu dan akan dilatih selama 5 bulan kedepan untuk menjadi Insan Bhayangkara yang profesional bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik. Keberhasilan yang telah saudara dapatkan saat ini merupakan berkah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa serta hasil dari perjuangan panjang melalui ketekunan dan kesungguhan yang juga tentunya tidak lepas dari doa serta dukungan orang tua dan keluarga,”Ujar Wakapolda Metro Jaya.