Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Politik

Komarudin Dorong Bantargebang Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pengelolaan Sampah

×

Komarudin Dorong Bantargebang Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pengelolaan Sampah

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi I DPRD Kota Bekasi, Komarudin (kanan)

Anggota Komisi I DPRD Kota Bekasi, Komarudin, mengatakan terkait pengelolaan sampah nasional, khususnya setelah insiden kebakaran yang melanda Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang pada akhir Oktober lalu.

Menurutnya, pemerintah pusat seharusnya mempertimbangkan untuk menjadikan Bantargebang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pengelolaan sampah nasional. TPST Bantargebang milik Pemprov DKI Jakarta yang letaknya di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

“KEK ini memungkinkan pengelolaan sampah menjadi lebih terencana, menggunakan teknologi paling efektif, dan penataan tata ruang yang tertata dengan baik,” kata Komarudin, Kamis, 16 November 2023.

Menurutnya, langkah ini akan membantu mengantisipasi dan menanggulangi dampak negatif, serta memberikan dampak positif terhadap pengelolaan sampah dan masyarakat.

Komarudin berpendapat bahwa KEK dapat memberikan kerangka kerja yang jelas dan terstruktur untuk mengelola sampah dengan lebih efisien. Penggunaan teknologi canggih dan perencanaan tata ruang yang baik akan membantu mengurangi dampak negatif, termasuk risiko kebakaran seperti yang terjadi di Bantargebang.

“Apabila kejadian ini tidak dijadikan momentum cepat pemerintah untuk pengelolaan sampah secara baik, maka tidak bisa dipungkiri nantinya akan ada class action masyarakat kepada Pemerintah DKI Jakarta,” tegas Komarudin.

Selain itu, Komarudin juga mengungkapkan bahwa bisa mengambil langkah politik memaksa DKI Jakarta untuk bertanggung jawab penuh terhadap kejadian serupa di Bantargebang. Langkah ini diharapkan dapat mendorong pemerintah untuk segera mengambil tindakan konkret dalam upaya perbaikan dan pengelolaan sampah yang lebih baik. (ADV Humas Sekwan)

Example 120x600
Politik

“Surat tugas dari partai demokrat kepada pak Tri Adhianto yang sebetulnya sudah dikeluarkan sejak 5 Juni 2024, seperti yang kita tahu, DPP PDIP mengeluarkan surat tugas satu nama yaitu pak Tri Adhianto. Jadi partai Demokrat mengikuti,” kata Abdul Rozak kepada awak media termasuk bekasiguide.com pada Rabu, 24 Juli 2024.

Politik

“Amanah yang diamanatkan kepada kami dalam rangka mempersiapkan pemenangan pilkada tahun 2024 ini semakin kokoh, semakin kuat dan semakin memberikan motivasi yang luar biasa,” kata Heri Koswara kepada wartawan termasuk bekasiguide.com pada Rabu, 24 Juli 2024.

Politik

“Mungkin bisa dikatakan strategi politik. Tapi yang jelas surat ini yang kita serahkan resmi di kantor sekretariat dan bukan di warung dan oleh saya sendiri selaku Ketua DPD PAN Kota Bekasi,” tegas Fathur kepada wartawan termasuk bekasiguide.com pada Rabu, 24 Juli 2024.