Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Kesehatan

Semarak Hari Listrik Nasional, PLN Cikarang Gelar Donor Darah

×

Semarak Hari Listrik Nasional, PLN Cikarang Gelar Donor Darah

Sebarkan artikel ini

PLN UP3 Cikarang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi menggelar donor darah di Kantor PLN UP3 Cikarang, Selasa (17/10). Donor darah ini dilaksanakan serentak di seluruh unit pelaksana pelayanan pelanggan di wilayah Unit Induk Distribusi Jawa Barat dalam rangka Hari Listrik Nasional ke-78.

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh pegawai PLN, mitra kerja, dan pegawai di instansi yang berada disekitar kantor PLN Cikarang. Selain kegiatan donor darah, dilakukan kegiatan pemeriksaan darah yang bekerja sama dengan Radjak Hospital

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Manager PLN Cikarang, Zamzami menyampaikan bahwa pihaknya hadir di tengah-tengah masyarakat tidak hanya menyediakan energi listrik untuk mendukung aktivitas masyarakat, tetapi juga melalui kegiatan lainnya seperti kegiatan kemanusiaan donor darah ini.

Zamzami menambahkan, kegiatan donor darah ini merupakan wujud upaya PLN untuk membantu atau menolong masyarakat yang sedang menjalani perawatan kesehatan dan membutuhkan darah.

“Semoga kegiatan hari ini memberi manfaat bagi pendonor dan masyarakat yang membutuhkan,” harap Zamzami.

Ardiyan, salah satu peserta donor, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan donor darah di PLN. “Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kita menolong sesama yang membutuhkan darah untuk perawatan kesehatannya. Semoga darah yang kita donorkan hari ini bermanfaat bagi yang membutuhkan dan kegiatan donor darah menjadi kebiasaan bagi kita semua berbagi kebaikan membantu sesama,” kata Ardiyan.

Terpisah, Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat menyampaikan mendonorkan darah itu memiliki berbagai macam manfaat bukan hanya bagi penerima namun juga bagi pendonornya.

Selain membantu membakar kalori, manfaat donor darah bagi pendonor adalah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker, serangan jantung, maupun stroke. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah.

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah, juga membuat jantung berdetak lebih stabil dan teratur. Apabila sirkulasi darah lancar, maka organ tubuh juga akan berfungsi dengan baik.

Ia juga berharap semoga melalui kegiatan donor darah ini, PLN yang berkolaborasi dengan PMI Kabupaten Bekasi dapat membantu menambah pasokan darah di wilayah Bekasi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan serta dalam pelaksanaan kedepannya selalu mendapatkan respon positif dari peserta yang sangat antusias untuk mendonorkan darahnya.

Example 120x600
Kesehatan

“PABC biasanya terjadi pada wanita reproduktif. Pengobatan bisa dengan kemoterapi atau kalau mau paling aman ya operasi. Tapi itu harus dikonsultasikan dengan dokter anestesi dulu, supaya obat bius yang diberikan bisa dipastikan aman untuk bayi yang ada di kandungannya. Bisa dilakukan setelah usia kandungan 3 bulan lebih,” kata Aida.