Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Politik

Enam Poin Desakan Legislator Soal SE Larangan Pelajar SMP Bersepeda Motor

×

Enam Poin Desakan Legislator Soal SE Larangan Pelajar SMP Bersepeda Motor

Sebarkan artikel ini
Pelajar SMP ke sekolah naik sepeda motor. (Image: Ilustrasi)

Anggota DPRD Kota Bekasi, Komarudin terus mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, dalam hal ini Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto untuk segera menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait pelarangan pelajar sekolah menengah pertama (SMP) membawa motor ke sekolah.

Hal itu sebagaimana ditegaskan Komarudin juga saat Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Bekasi, Rabu (17/5/2023) kemarin.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Dalam kesempatan itu, Komar juga memaparkan dampak negatif daripada pelajar SMP yang marak membawa sepeda motor. Seperti balapan liar, tawuran, dan peningkatan pelanggaran dan kecelakaan lalulintas.

“Banyaknya terjadi kecelakaan yang melibatkan siswa yang mengakibatkan cedera, bahkan kematian siswa itu sendiri atau pengguna jalan lainnya, atau fenomena genk motor, baik secara langsung maupun tidak langsung, akses penggunaan kendaraan bermotor tersebut yang tidak sesuai Undang-undang lalulintas maupun norma lainnya,” tegas Komarudin, Jumat (19/05/2023).

Adapun kemudian, Komar menyampaikan 6 poin terkait dorongan penerbitan SE tersebut, yakni:

1. Mendukung dan mendorong Plt Wali Kota Bekasi untuk mengeluarkan Surat Edaran (SE) pelarangan penggunaan kendaraan bermotor bagi siswa SMP dan atau SMA di kota Bekasi. Serta, memerintahkan Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk memberikan arahan teknis dan mengawal program tersebut sampai sukses dilaksanakan oleh sekolah atau lembaga pendidikan se-Kota Bekasi baik swasta maupun negeri.

2. Meminta lembaga DPRD yang terkait dengan pendidikan untuk mengawal dan mengawasi agar segera dikeluarkannya surat edaran tersebut juga mengawasi pelaksanaannya sesuai peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku. Sehingga, pelaksanaannya dapat sukses sehingga para siswa yang merupakan aset bangsa dapat belajar dengan tenang dan fokus untuk menggapai masa depan yang cerah.

3. Mendorong Pemerintah Kota Bekasi beserta DPRD, TNI, Polri untuk mendukung secara bersama-sama pihak sekolah, baik kepala sekolah, guru-guru dan tenaga pendidik lainnya untuk menerapkan disiplin ini dengan tenang dan sukses tanpa ada ekses negatif terhadap siswa atau dampak jangka pendek maupun panjang terhadap orangtua siswa.

4. Mendukung Polri, dalam hal ini Polres Metro Bekasi Kota untuk menerapkan tilang manual agar mempersempit ruang gerak pelanggaran lalulintas pada siswa.

5. Adapun akibat kebijakan ini dikeluarkan dan menuntut penganggaran, maka kami mendorong agar Pemerintah Kota Bekasi segera melakukan langkah-langkah strategis dengan DPRD untuk menganggarkan dalam anggaran perubahan parsial.

6. Untuk memperkecil ekses jangka pendek ketidak siapan orangtua siswa atau sarana infrastruktur transportasi, Plt Wali Kota dapat mengkoordinasikan atau memerintahkan kepada perseroda Mitra Patriot untuk melayani pengadaan dan trayek bus sekolah di sekolah-sekolah yang belum terlayani transportasi umum di Kota Bekasi. (Bams)

Example 120x600
Politik

“Pada pileg kemarin, Heri Koswara sendiri saja yang masih menjadi caleg memperoleh 168 ribu suara dan menjadi peraih suara terbanyak pada caleg. Ditambah perolehan suara PKS yang sekitar 300 ribu lebih. Kita anggap saja pemilih Heri Koswara dan pemilih PKS orang yang sama, berarti Heri Koswara sudah memiliki modal suara sekitar 25 persen dari jumlah DPT di Kota Bekasi,” ujranya dikutip bekasiguide.com pada Jumat, 19 Juli 2024.

Politik

“Ya dari DPP PDI-P pusat melalui DPD PDI P Jabar saya akan langsung menyerahkan Surat Tugas Bacalon Wali Kota Bekasi ke pak Tri Adhianto. Bagi pak M2 akan membantu memenangkan pak Tri di Pilkada,” ucap Ono sapaan akrabnya yang juga mencalonkan Gubernur Jabar, Selasa 16 Juli 2024.