Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Arus Mudik Lancar, DPRD Jabar Apresiasi Pemkot Bekasi

×

Arus Mudik Lancar, DPRD Jabar Apresiasi Pemkot Bekasi

Sebarkan artikel ini

Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat mengunjungi Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka pengawasan dan monitoring arus balik di wilayah perbatasan antar provinsi di ruangan Command Center.

Pimpinan rombongan selaku anggota komisi 1 DPR Provinsi Jabar, Asep Wahyuwijaya menjelaskan bahwa mudik tahun 2023 ini merupakan momentum yang luar biasa karena banyaknya pemudik yang pulang ke kampung halaman setelah beberapa tahun sebelumnya tidak diperbolehkan mudik oleh pemerintah.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

” Momentum arus balik tahun ini karena sebelumnya ada pandemi covid -19 membuat masyarakat dilarang karena sekarang diperbolehkan sangat ingin untuk merasakan kembali mudik. Sehingga ini menjadi perhatian dan kerja keras dari seluruh elemen khususnya pemerintah dalam menjaga kelancaran arus mudik ,” kata dia, Jumat (28/04/2023).

Dirinya lantas mengapresiasi kinerja dari seluruh aparatur pemerintah baik stakeholder terkait yang telah ikut membantu menjaga kelancaran arus mudik sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

” Kami pun menilai Kota Bekasi beserta jajarannya sudah sangat baik dalam hal pelaksanaan monitoring pemantauan mudik Tahun 2023 ini, semoga kinerjanya terus ditingkatkan mengingat mudik belum seluruhnya selesai dan harapannya pun agar seluruh pemudik dapat pulang dan selamat sampai tujuan ” pungkasnya.

Sementara Kasatpol. PP Kota Bekasi, Karto memberikan penjelasan bahwa ada 6 pos pantau yang tersebar di Kota Bekasi dalam rangka pemantauan arus mudik lebaran 2023.

“Di Kota Bekasi dari sebelum hari lebaran (H-6) sampai sesudah lebaran sudah disiapkan 7 pos pantau, dan ada 2 titik yang cukup padat yakni Pos di Jatibening dan Pos Sumber Artha di Bekasi Barat, ” jelasnya.

Menurutnya, 2 pos pantau tersebut merupakan lokasi strategis bagi pemudik dan untuk jam padat mulai bisa terlihat ketika malah hari seperti jam 8-9 malam hingga subuh karena kebanyakan pemudik menghindari siang hari karena cuaca cukup terik.

” Suasana di Kedua jalur tersebut kemarin luar biasa padat karena banyaknya pemudik yang mau keluar masuk ke Jawa barat. Terutama roda 2 sedangkan untuk jalan tol situasinya hampir tidak terkendali tetapi berkat antisipasi yang dilakukan oleh Polisi dibantu oleh stake holder terkait maka macet pun bisa terurai dan arus berangsur mulai lancar ”

Karto menambahkan bahwa pos pelayanan maupun pos pengamanan mudik di Kota Bekasi akan tetap beroperasi hingga akhir periode arus balik. Setiap Petugas sudah ditugaskan untuk membantu mengarahkan para pemudik melewati wilayah Kota Bekasi ke wilayah Ibu Kota.

Ditempat yang sama, Kasatpol Prov. Jabar , M. Ade Afriandi juga memberikan penjelasan terkait arus mudik antar provinsi lebaran 1444 H.

” Kami dari jajaran Satpol PP Provinsi dan Kota terus melakukan koordinasi dalam melakukan perbatasan provinsi dan ibu kota , sedangkan untuk pemantauan arus mudik juga dilaporkan di wilayah perbatasan lain berjalan cukup lancar dan terkendali sebelum dan sesudah hari raya idul Fitri,” kata dia.

” Untuk selanjutnya patroli dan pemantauan ini kita mendapatkan masukan dari masyarakat bahwa pada umumnya tidak merasakan kehadiran pemerintah terutama dalam hal penertiban umum, ” imbuhnya.

Mendapatkan masukan tersebut, pihaknya akan melakukan pembahasan lebih lanjut secara internal dalam rangka persiapan natal dan tahun baru 2023.

” Kami akan terus berupaya sebaik mungkin untuk mengantisipasi terulang kembali, oleh sebab itu kami juga berencana akan mempersiapkan titik tambahan seperti posko siaga trantibum yang nantinya dibantu beberapa stakeholder terkait seperti Dinkes, Dishub baik provinsi, kota maupun kabupaten dengan tujuan bahwa pemerintah siap hadir membantu ditengah masyarakat ,” tandasnya.

Example 120x600
Metropolitan

“Alhamdulillah, kerja keras kita bersama untuk pembangunan Jalan Ciledug-Cikarageman sudah terealisasi oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi, terimakasih pak Dani Ramdan yang sudah memperhatikan usulan warga,” ujarnya dikutip bekasiguide.com pada Minggu 23 Juni 2024.

Metropolitan

“Ya tentu ini sebuah hal yang sangat bagus sekali. Para anggota di ICMI itu bukan untuk mencari nafkah. Tapi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi organisasi menunjukkan tujuan ya salah satunya bersinergi dengan pemerintah. Ini sebuah hal yang sangat bagus sekali,” kata Gani.

Metropolitan

“Hari ini kita melaksanakan gerak jalan bersama antara TNI Polri, Kejaksaan dan kemudian teman-teman dari OKP OKP kemahasiswaan. Tentunya sesuai dengan temanya bahwa kita bersama-sama bergerak untuk persatuan dan tentunya kita harapkan bahwa dengan bersama-sama dan bersatu kita bisa membangun dan menjaga Indonesia untuk bisa lebih baik,” kata Kapolri dikutip bekasiguide.com pada Sabtu 22 Juni 2024.

Metropolitan

“Tugas utama kita setelah dilantik dalam waktu dekat itu kita akan mengadakan program kerja 100 hari ICMI kita Bekasi. Tadi kan ada tiga yang menjadi catatan ini stunting, SDM, ketahanan pangan ,dan pendidikan. Ini menjadi tugas kita supaya ini menjadi bisa percepatan menjelang indonesia emas 2045,” kata Inay saat diwawancarai media, Sabtu 22 Juni 2024.

Metropolitan

“Tentunya saya mendukung penuh hadirnya SIMODALINDAG. Bukan hanya sekadar aplikasi, melainkan kehadiran SIMODALINDAG merupakan sebuah komitmen nyata untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk mempermudah proses pengendalian industri dan perdagangan di Kota Bekasi untuk semakin berkembang maju,” ujar Gani Muhamad dalam keterangan resminya dikutip bekasiguide.com, Sabtu 22 Juni 2024.