Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Featured

Kisah Ketua DKM di Rumah Rakyat Kota Bekasi

×

Kisah Ketua DKM di Rumah Rakyat Kota Bekasi

Sebarkan artikel ini
Caption : Rofiudin, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami Al Khairat DPRD Kota Bekasi.

Bisa menumbuhkan nilai-nilai Islam melalui berbagai kegiatan di lingkungan masjid merupakan kebahagiaan tersendiri. Itulah yang dirasakan Rofiudin seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi yang menjadi staf di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sekaligus menjadi ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di lingkungan rumah rakyat tersebut.

Amanat menjadi ketua DKM Jami Al Khairat yang ada di DPRD Kota Bekasi, Rofiudin ikhlas menjalaninya. Tahun 2022 ini, Rofiudin menjadi Ketua DKM untuk kali ke tiga. Artinya sudah tiga periode pergantian Anggota DPRD Kota Bekasi masih diberikan kepercayaan menjadi ketua DKM.

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Rofiudin mengaku, mengurus masjid merupakan suatu amanat, bukan hanya amanat atas tuntutan pimpinan. Lebih dari itu, mengurus masjid adalah tanggung jawab kepada Allah SWT.

Meski berada di lingkungan DPRD, masjid Jami Al Khairat sendiri tidak hanya diperuntukkan untuk warga DPRD, melainkan 24 jam terbuka untuk umum.

Diceritakan Rofiudin, kegiatan di masjid DPRD juga sama seperti masjid pada umumnya. Pelaksanaan Shalat Jumat, perayaan hari-hari besar Islam seperti Ramadhan, Idul Fitri, dan Idhul Adha, Maulid Nabi Muhammad hingga pengajian mingguan rutin dilakukan (DPRD Mengaji).

Bisa melaksanakan kegiatan di masjid seperti santunan anak yatim, Jumat berkah, adalah kegiatan yang sangat berkesan baginya. Melalui kegiatan tersebut, Rofiudin mengaku sangat bahagia ketika bisa mengajak orang lain untuk cinta dengan masjid (memakmurkan masjid).

Rofiudin pun menyampaikan, utamanya sebagai ketua DKM, dukungan sangat diperlukan untuk terus menghidupkan Masjid Jami Al Khairat, terutama dalam berbagai kegiatan DKM.

Selanjutnya, Rofiudin berharap, semoga kedepan ukhuwah Islamiah bisa lebih ditingkatkan untuk memakmurkan masjid Jami Al Khairat yang ada di lingkungan DPRD Kota Bekasi.

Rutinitas lain

Selain kesibukannya menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi dan di dapuk menjadi ketua DKM di DPRD Kota Bekasi Rofiudin masih memiliki kegiatan diluar kedinasan.

Di lingkungan perumahannya di bilangan Bekasi Utara, Rofiudin dikenal biasa mengisi majlis taklim di Masjid Al Khait dan kaum ibu ibu. Ia juga jadi panutan warga sehingga dipercaya menjadi Sekretariat Rukun Warga (RW).

Bergerak di sosial keagamaan sudah menjadi pilihan hidup Rofiudin. Kekinian dirinya juga menjadi salah satu pelaksana travel haji dan umrah di Kota Bekasi. Hal itu dikuatkan dengan aktif menjadi pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Bekasi untuk periode 2022-2027. Di IPHI Kota Bekasi, Rofiudin membidangi sosial kemasyarakatan.

Selain aktif dalam kegiatan kemasyarakatan dan pemerintahan, Rofiudin juga sangat mencintai dunia olahraga khususnya sepak bola. Dirinya pun dipercaya menjadi ketua sepak bola yang ada di Bekasi Utara.

Rofiudin menjalankan serentetan tanggung jawab di atas dalam usia yang sudah tidak muda lagi. 52 tahun kini usinya, namun semangat serta keikhlasannya patut dijadikan tauladan.

#Semoga Rofiudin senantiasa diberikan kesehatan dalam menjalankan semua aktifitasnya…. Amin Ya Rabbal Allamin.

Penulis (mae/bams)

Example 120x600