Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Metropolitan

Kabupaten Bekasi HUT ke-72, Ini Pesan Gubernur Jabar

×

Kabupaten Bekasi HUT ke-72, Ini Pesan Gubernur Jabar

Sebarkan artikel ini

CIKARANG- Pembangunan Kabupaten Bekasi tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan anggaran daerah. Tapi, eksekutif dan legislatif harus mampu berkomunikasi dengan provinsi dan pusat untuk mendapatkan dukungan.

Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-72 di DPRD Kabupaten Bekasi, Senin (15/8).

Scroll Ke Bawah Untuk Melanjutkan
Advertisement

Lelaki yang karib disapa Kang Emil itu yakin jika APBD Kabupaten Bekasi yang saat ini sekitar Rp6 triliun tidak akan sanggup untuk membangun daerah.

“Jangan beranggapan membangun Kabupaten Bekasi hanya fokus pada APBD yang Rp6 triliun itu, seumur-umur tidak akan pernah cukup,” katanya.

Menurut dia, APBD hanya sanggup untuk mengurus sektor ekonomi sebesar 20 persen. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan pembangunan daerah, diperlukan dukungan dari provinsi dan pusat.

“Teori ekonominya sederhana, yang namanya APBD hanya sanggup mengurus ekonomi 17 sampai 20 persen. Maka pintu kedua harus dikejar, mengejar APBD provinsi, caranya harus rajin-rajin berkomunikasi. Insya Allah kalau Pak Dani di sini maka dukungan APBD provinsi harusnya bisa lebih lancar,” katanya.

Untuk mendapat dukungan itu, maka Pemerintah Kabupaten Bekasi harus memiliki tim khusus yang bertugas untuk melobi pemerintah pusat maupun provinsi.

“Di republik ini rezeki harus dijemput tidak bisa ditunggu, manfaatkan badan pengumuman Jawa Barat di Jakarta,” katanya.

Selain melobi provinsi dan pusat, lanjut Kang Emil, pembangunan daerah juga bisa dilakukan menggunakan dana corporate social responsibility atau CSR perusahaan.

“Ada 7.600 industri, kalau kompak itu CSR dua sampai tiga persen dari pendapatannya, membangun Kabupaten Bekasi tidak harus dari APBD. Tapi CSR itu rumusnya satu, kalau tidak dimina tidak dikasih, maka bikinlah forum CSR Kabupaten Bekasi. Yang bagus kasih penghargaan yang kurang bagus tolong ditegur dan sebagainya. Itu akan mengisi kekurangan-kekurangan Kabupaten Bekasi,” ungkapnya. (bams)

Example 120x600
Metropolitan

“Salah Satu upaya kita untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan dalam hal ini pekerja perempuan adalah melakukan program tes IVA. Jika perempuan bekerja maka dia tetap memiliki hak untuk melakukan reproduksi seperti ketika dia menyusui maka perusahaan harus menyiapkan tempat laktasi,” ucap Ida Fauziyah saat mengunjungi memantau tes IVA di PT Indofood, Cikarang Barat, Rabu 19 Juni 2024.

Metropolitan

“Saya sedang membuat prodak sistem pelaporan pencegahan atau prodak gratifikasi pungli. Jadi prodak ini kita akan scan barcode, jadi kalau ada laporannya disitu akan masuk. Kejadiannya kapan, dimana dan jam berapa. Jadi para supir bisa melaporkan ke situ,” kata Johan, Rabu 19 Juni 2024.