Ada Promo Tambah Daya Listrik Selama Ramadhan, Ini Syaratnya…

Manager PLN UP3 Cikarang, Ahmad Syauki . (poto:dok)

CIKARANG- PT PLN (Persero) memberikan promo tambah daya listrik selama bulan Ramadhan melalui program layanan Ramadhan Berkah dan Ramadahn Peduli.

Manager PLN UP3 Cikarang, Ahmad Syauki mengatakan, layanan Ramadhan Peduli merupakan layanan berupa keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya (TD) melalui mekanisme penerbitan voucher elektronik atau e-Voucher bagi konsumen yang membeli produk layanan Renewable Energy Certificate (REC).

“Sedangkan program Ramadhan Berkah merupakan Iayanan berupa keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya bagi konsumen tegangan rendah satu phasa golongan tarif sosial,” kata Syauki melalui keterangan tertulis, Jumat (23/4/2021).

Kendati demikian, keringanan ini khusus diperuntukan bagi rumah ibadah yang ingin menambah daya. Kedua paket program layanan PLN selama bulan Ramadhan tersebut berlaku bagi konsumen yang mendaftar dan melakukan pembayaran sejak 5 April hingga 31 Mei 2021.

Dikatakan Syauki, kriteria konsumen yang dapat memanfaatkan layanan Ramadhan Peduli ini sama seperti paket Ramadhan Berkah antara lain sudah menjadi konsumen PLN sebelum 1 Maret 2021.

“Kriteria berikutnya yakni tanpa perubahan fasa dari satu fasa ke tiga fasa atau sebaliknya, tanpa migrasi layanan dari prabayar ke pascabayar, tanpa mengubah golongan tarif peruntukannya,” kata dia.

“Juga dapat diberlakukan untuk konsumen tarif layanan reguler yang menambah daya sekaligus beralih ke tarif layanan premium atau B2B, tetapi tidak berlaku sebaliknya,” imbuhnya.

Syauki menambahkan, kriteria terakhir yakni wajib melunasi seluruh kewajiban tagihan listrik, kecuali kewajiban terkait kebijakan capping tagihan listrik atau konsumen TNI/Polri (kode golongan 1).

“Tetap dapat mengikuti produk layanan ini walaupun masih memiliki tagihan listrik dengan mendaftar melalui Kantor Pelayanan PLN,” jelasnya.

Syauki menyebut, terdapat syarat dan ketentuan untuk paket layanan Ramadhan peduli yakni, keringanan biaya

penyambungan tambah daya ini diberikan bagi konsumen tegangan rendah satu phasa golongan tarif rumah tangga 2.200 volt ampere (VA) hingga 11.000 VA, dengan hanya membayar sebesar Rp 202.100.

Kemudian, lanjut dia, produk layanan REC merupakan tiga unit REC atau setara dengan 3 MWh yang dibeli khusus melalui portal layanan PLN dengan kategori pembelian Ramadhan Peduli sebesar Rp 115.500 per produk. Itu sudah termasuk pajak PPN 10 persen.

Berikutnya, biaya tambah daya yang dibayarkan pada produk Ramadhan Peduli hanya diberikan kepada Konsumen yang membayar secara tunai atau tanpa cicilan pembayaran.

Lalu, e-Voucher keringanan biaya penyambungan dapat di-redeem untuk satu ID pelanggan saja dan berlaku untuk satu kali pendaftaran atau permohonan produk layanan Ramadhan Peduli dan tidak berlaku kelipatan.

“Untuk e-Voucher yang gagal di-redeem, dapat digunakan kembali untuk pendaftaran atau permohonan dalam paket layanan Ramadhan Peduli pada ID pelanggan permohonan sebelumnya,” ujar Syauki.

Kemudian, tambahnya, masa aktif e-Voucher keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya berlaku sampai dengan berakhirnya program Ramadhan Peduli.

Pengiriman e-Voucher keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya, sambung Syauki, akan dikirim melalui email atau pesan teks konsumen yang terdaftar setelah berhasil melakukan pembelian REC.

Berikutnya, keringanan biaya penyambungan tambah daya ini dalam program Ramadhan Peduli tidak dapat digabungkan dengan produk layanan keringanan biaya lainnya.

Terakhir, kata dia, konsumen yang mengikuti paket layanan Ramadhan Peduli baru dapat mengajukan permohonan layanan turun daya, minimal satu tahun sejak realisasi tambah daya.

Syauki menjelaskan, adapun alur mekanisme pelaksanaan dan produk layanan paket Ramadhan Peduli yakni, konsumen mengajukan permohonan layanan Ramadhan Peduli dengan melakukan pembelian REC melalui portal layanan PLN atau aplikasi mobile PLN.

Kemudian, konsumen yang sudah melakukan pembelian REC, akan menerima nomor registrasi pembayaran melalui email atau pesan teks yang terdaftar.

Setelah pembayaran terkonfirmasi berhasil, lanjut dia, konsumen akan menerima e-Voucher keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya dan apresiasi direksi atas keikutsertaan dalam produk layanan Ramadhan Peduli.

“Pada saat permohonan, konsumen akan diminta untuk menginputkan kode unik yang diperoleh. Selanjutnya, dapat melanjutkan ke proses pembayaran melalui fasilitas perbankan atau Payment Point Online Bank (PPOB) yang tersedia,” jelas dia.

Terakhir, kata Syauki, setelah pembayaran terkonfirmasi berhasil, selanjutnya petugas PLN akan segera menindaklajuti.

Syauki juga menjelaskan, untuk syarat dan ketentuan layanan Ramadhan Berkah Sementara yakni, konsumen tegangan rendah 1 phasa golongan tarif sosial khusus rumah ibadah dengan daya mulai 2.200 VA-11.000 VA, dengan hanya membayar sebesar Rp 150.000.

Kemudian, kata dia, biaya tambah daya yang dibayarkan pada produk layanan Ramadhan Berkah hanya diberikan kepada konsumen yang membayar secara tunai atau tanpa cicilan pembayaran.

“Keringanan biaya tambah daya dalam program layanan Ramadhan Berkah tidak dapat digabungkan dengan produk layanan keringanan biaya tambah daya lainnya,” ujarnya.

Syauki menambahkan, konsumen hanya dapat menikmati layanan ini hanya satu kali selama periode masa berlaku. Sehingga, kode promo yang gagal ter-redeem dapat digunakan kembali saat mendaftarkan produk layanan Ramadhan Berkah pada ID pelanggan permohonan sebelumnya.

Adapun untuk mekanisme pelaksanaan layanan Ramadhan Berkah yakni, konsumen dapat mengajukan permohonan produk layanan Ramadan Berkah melalui PLN Mobile.

“Pada saat permohonan, konsumen akan diminta untuk menginputkan kode promo yaitu ‘PLN BERKAH’,” ucap Syauki.

Selanjutnya, kata dia, jika berhasil memasukkan kode promo keringanan biaya penyambungan untuk tambah daya pada produk layanan Ramadhan Berkah dapat melanjutkan ke proses pembayaran melalui fasilitas perbankan atau PPOB yang tersedia.

“Setelah pembayaran terkonfirmasi berhasil, selanjutnya petugas PLN akan segera menindaklanjuti,” tutup dia. (bams)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *